Showing posts with label Tentang Kucing. Show all posts
Showing posts with label Tentang Kucing. Show all posts

Steril Kucing Jantan dan Betina Bagus Fungsinya

Keunggulan dan fungsi tentang Steril kucing jantan atau betina - Kalau kamu memiliki kucing, kamu pasti sering mendengar pernyataan tentang kebiri / steril atau pertanyaan "Kucingnya udah dikebiri belum?"  Mungkin maksudnya adalah sterilisasi pada kucing. 

Kebiri merupakan hal yang wajib diketahui dan sebaiknya dilakukan khususnya oleh para pemilik kucing. Tapi, kebiri itu sendiri apa sih, sebenarnya? 
Kebiri adalah tindakan untuk menghilangkan fungsi dari organ reproduksi. yang pada kali ini khususnya pada kucing. Hasilnya, kucing menjadi mandul, atau bahasa ilmiahnya menjadi steril sehingga kucing tidak bisa lagi menghasilkan keturunan.

Steril Kucing Jantan dan Betina


 Secara umum, kebiri dibagi menjadi dua yaitu Neuter dan Spay. Neuter merupakan proses kebiri atau steril kucing jantan dengan cara menghilangkan testis si kucing. Spesifiknya, proses ini disebut dengan Castrate. Kalau Spay merupakan proses pada kucing betina dengan menghilangkan ovarinya. 

Proses Spay itu juga lebih kompleks daripada Neuter. Pada orang awam yang mungkin baru pemula dalam pemeliharaan kucing, sering berpendapat " kasian kucing kalo disterilisasi, kan efeknya menjadi gak bisa punya keturunan lagi!?" 

Tapi tenang, ada alasan yang sangat kuat untuk melakukan kebiri. Justru, alasan ini berkaitan banget dengan kesehatan dan kehidupan si kucing. Malah, kebiri bisa membuat kucing kamu hidupnya lebih baik lagi.

Alasan dan Manfaat Steril Kucing Jantan / Betina


 Berikut adalah 5 alasan untuk melakukan kebiri/steril Kebiri bisa membuat kucing lebih aman dari serangan kanker dan tumor, terlebih jika dilakukan sejak kecil. Pada kucing jantan, kebiri akan mengurangi risiko kanker testis. 

Sementara, pada kucing betina bisa mencegah kanker uteri, penyakit pyometra, dan tumor kelenjar mamari. Kucing betina yang tidak dikebiri memiliki risiko 7 kali lebih besar untuk terkena kanker dan tumor daripada kucing yang sudah dikebiri atau di-spay.

Alasan Sterilisasi Kucing Jantan dan Betina


 Dengan kebiri, risiko risiko penyakit tersebut bisa berkurang secara signifikan. Kebiri memang paling optimal dilakukan ketika umurnya dibawah 2 tahun, Meski begitu, kucing yang lebih tua tetap bisa dikebiri dan juga tetap bermanfaat, kok. Tapi sebaiknya konsultasi dulu ya, sama dokter hewan. 
Hal ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya, dimana kucing yang dikebiri akan memiliki risiko penyakit yang lebih sedikit daripada yang tidak dikebiri. Hasilnya, harapan hidup si kucing akan meningkat. Baca juga : Bahaya memelihara kucing untuk wanita

 Penelitian menunjukkan, Bahwa rata-rata kucing yang dikebiri berumur lebih panjang daripada kucing yang tidak dikebiri. Kalau dibandingkan, kucing betina bisa hidup 1.6x lebih panjang dan kucing jantan bisa hidup 2x lebih panjang daripada kucing yang tidak dikebiri. Baca juga : Manfaat VCO untuk si kucing

Kelemahan Kalau Kucing Jantan Tidak Steril 


Kalau kamu punya kucing, kamu pasti pernah mengalami hal ini. Kucing yang sedang dalam musim kawin biasanya agak mengganggu dan menyusahkan. Baik untuk kamu, atau bagi si kucing itu sendiri. Kucing bisa kehilangan selera makan, bulunya rontok, dan bertingkah yang merepotkan seperti melolong seharian dan menggesek-gesek tubuhnya ke kamu. 

Kalau dia dikebiri, hormon yang bergejolak itu bisa diredam. Hasilnya, si kucing akan lebih nyaman dan tidak perlu lagi menderita ketika musim kawin. Bagus, kan? Kucing yang nggak dikebiri akan memiliki sifat-sifat yang buruk terutama bagi si pemilik kucing. 

Misalnya aja, sifat mereka yang suka pipis kecil atau spraying sembarangan untuk menandai teritori mereka Kucing yang dikebiri biasanya nggak akan spraying sembarangan seperti itu lagi Meskipun 5-10% masih tetap melakukan hal itu. Tapi paling tidak udah mengurangi secara signifikan. 

Kucing jantan yang sedang dalam musim kawin akan cenderung melakukan segala cara untuk mendapatkan pasangan. Salah satunya adalah berusaha kabur keluar rumah untuk mencari kucing betina lainnya. 

Hal ini bisa menyebabkan hilangnya si kucing atau kabur ke jalan raya yang sangat berbahaya bagi kucing. Nah, kalau kamu sudah pernah merasakan, kamu setuju dong, kalau tindakan  Steril kucing jantan sangat bagus? Kucing betina bisa melahirkan banyak kitten/anak kucing ketika lahiran. Namun, nggak semuanya akan bertahan atau tumbuh sehat.

 Sementara itu, si kucing betina udah hamil lagi. Hadeh Kalau kamu punya kucing indoor, tentu kamu harus mempertimbangkannya juga. Rumah kamu akan semakin padat dan ramai dengan tambahan beberapa kucing Belum lagi kamu harus mikirin biaya yang harus dikeluarkan dan usaha dalam merawatnya. Baca juga : Cara memotong kuku kucing yang aman 

Melahirkan satu generasi tentu bukan larangan. Tapi dengan manfaat yang sudah disebutkan, alangkah baiknya kamu sangat mempertimbangkan untuk melakukan kebiri pada kucing kalian. 

Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar Tidak Berontak

Tips dan saran cara untuk memotong kuku kucing yang benar - Ketika kucing anda memiliki kuku yang panjang ternyata penting sekali untuk mendapatkan perlakuan perawatan, cara perawatan ini termasuk dengan memotongnya agar bersih dan tidak membahayakan ketika berinteraksi dengan kita. Kuku yang panjang pada kucing dikhawatirkan terdapat berbagai macam bakteri kotoran yang bisa menimbulkan berbagai penyakit pada kucing. Secara alami kucing memang sering melakukan kegiatan menjilati bagian kaki-kakinnya dan ini tentu termasuk menjilati kukunya. 

Nah jelas sekali dari kegiatan kucing tersebut bisa saja berbagai kuman masuk  ke dalam tubuh kucing berawal dari mulutnya, untuk mengurangi potensi resiko kucing terserang berbagai penyakit, kita sebagai owner harus tanggap dan telaten untuk melakukan pemotongan kuku kucing. Pemotongan kuku kucing ini bukan kegiatan yang dianggap mudah dan jangan diremehkan, apabila kurang berpengalaman maka bisa jadi kucing akan berontak dan melakukan penyerangan terhadap kita.

Tips Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar


Sebagai tips dalam melakukan perawatan ataupun  pemotongan kuku kucing, kita harus mengaetahui trik dan cara agar proses pemotongannya berjalan dengan aman dan lancar. Caranya adalah :

1. Perhatikan waktu yang tepat

Kalau anda sering melakukan pengamatan tetang tingkah kucing, pastinya anda mengetahui kapan saja kucing mengalami masa dan jam yang aktif-aktif nya dalam keseharian. Misalnya saat senang bermain, bercanda, berlarian, masa sensitif dan lain-lain itu sebaiknya waktu yang jangan kita lakukan untuk proses pemotongan kuku. Karena apabila kita paksakan saat masa tersebut biasanya kucing akan tidak mute dan bete atau seperti merasa sebal saat waktu tersebut kita sita untuk memotong kukunya. Alangkah baiknya kita gunakan waktu kucing yang digunakan untuk mager atau jam ngantuk-ngantuknya si kucing seperti siang hari. Baca juga : Cara memandikan kucing yang benar

2. Penggunaan alat yang tepat untuk memotong kuku

Alat pemotong kuku yang tepat ini merupakan suatu hal penting yang harus kita perhatikan. Gunakan gunting kuku yang khusus untuk kucing, namun untuk anak kucing bisa saja kita gunakan alat pemotong kuku milik manusia yang berukuran besar. Pada kucing yang berumur dewasa atau berukuran besar kita harus pastikan gunakan alat pemotong yang benar jangan pakai pemotong kuku manusia yang bisa berakibat kuku kucing akan pecah. 

Alat untuk Memotong Kuku Kucing


3. Step atau urutan proses pemotongan kuku

Langkah awal kita harus menyelimutinya dengan handuk atau seperti menggulungnya namun dikeluarkan salah satu kaki kucing yang akan kita lakukan pemotongan. Penggulungan dengan handuk ini berfungsi untuk mencegah kucing meronta dan mencakar kita saat dipotong kukunya. Cara menggulung handuk ini juga jangan terlalukencang sehingga si kucing merasa tidak nyaman. Baca juga: Cara mengobati kucing yang mencret berdarah

Langkah berikutnya kita pegang telapak kaki kucing yang tidak ada bulunya, biasanya berwarna kulit agak pink keputihan. Saat proses ini kita lakukan penekanan pada telapak kaki tersebut sehingga kuku kucing akan muncul dari dalam telapak kaki. 

Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar


Pada saat kuku kucing ini keluar anda bisa melihat, kuku yang berwarna putih dan ada bagian kuku yang ada berwarna pink. Tugas kita yaitu melakukan pemotongan kuku yang berwarna putih saja sepanjang sekitar 3 mm saja. Jangan sampai bagian kuku yang ada warna pinknya kita potong, karena berakibat akan mengeluarkan darah dan kucing akan luka. 

Cara pemotongan pada Kuku Kucing


Sebenarnya pemotongan kuku kucing tidak boleh dilakukan terlalu panjang, kita hanya perlu melakukan penumpulan pada bagian kuku yang sudah tajam.


4. Lakukan Memotong Kuku Secara Bertahap

Biasanya sejinak apapun kucing anda ketika dilakukan pemotongan kuku, maka seringkali meronta dan melakukan perlawanan. Kalaupun kita selimuti dengan handuk seperti cara di atas, itu hanya mengurangi resiko perlawanan saja, yang ditakutkan kucing akan menjadi stress dan hilang mute nya.  Lebih baik kita lakukan secara bertahap, bisa sehari satu kaki dahulu dilanjutkan ke esokan harinya atau selang beberapa jam saat kucing suasana hatinya sedang mute kembali. Baca juga : Cara mudah membuat kucing gemuk dengan bulu yang halus

Apabila terjadi pemotongan kuku yang kita lakukan terlalu panjang dan sehingga kucing terluka dan berdarah, maka sebaiknya anda berhenti dahulu dan istirahat menunggu beberapa jam hingga kucing tersebut sudah lupa akan luka berdarah tadi. Untuk menghindari kucing terluka lagi saat kita kesulitan memotongnya sendiri mungkin dikarenakan ukuran kucing yang besar, bisa saja kita minta bantuan teman atau saudara untuk memeganginya dahulu sambil mengelus-elusnya agar kucing rileks dan tidak merasa kukunya sedang kita potongin. 

5. Pertimbangkan untuk melakukan pemotongan kuku atau tidak

Apabila kucing anda lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah seperti memanjat pohon, mancari makan atau berinteraksi dengan kucing dan hewan liar, sebaiknya jangan lakukan pemotongan kukunya. Kenapa demikian ? 

Kuku kucing merupakan salah satu senjata alami yang dimiliki oleh kucing untuk hidup seperti mencari mangsa, dan melakukan pertahanan perlawanan saat bertarung dengan kucing lain ataupun hewan yang bisa dianggap ancaman buat mereka. Jadi kasihan kalau kucing tersebut tidak memiliki kuku yang panjang dan tajam, bisa-bisa akan membahayakan mereka. Baca juga : Cara membersihkan telinga kucing yang benar


Namun apabila kucing anda merupakan peliharaan secara indoor, tentunya layak untuk kita potong kukunya. Kucing indoor akan sering kali berinteraksi dengan pemiliknya dan bukan tidak mungkin akan melakukan pencakaran terhadap pemelihara, jadi kalau sudah dipotong tidak terlalu menimbulkan luka.

Cara memotong kuku kucing di atas perlu kita perhatikan agar proses pelaksanaannya baik untuk kita dan juga berdampak positif untuk kucing kesayangan kita. Semoga tips dan cara di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Bau yang Tidak Disukai Kucing Dan Berfungsi Mengusir

 Perlu kita ketahui sebenarnya ada beberapa bau yang sangat tidak disukai oleh kucing. Sebagai cat lovers tentunya kita mengharapkan kucing kesayang kita dapat krasan, betah dan nyaman hidup di dalam rumah kita. Kucing yang hidup dengan cara pemeliharaan secara in door ternyata bisa mencegah tertular dari berbagai penyakit dan virus bakteri dari luar ruangan. Bakteri/penyakit/virus yang bisa mengenai kucing dengan pemeliharaan indoor ternyata efek dari tidak ada kenyamanan terhadap kucing itu sendiri ketika di dalam rumah, misalkan stress kurang makanan dan minuman, kondisi birahi, atau bahkan salah satunya tidak tahan terhadap suatu bau dan aroma yang ada di dalam rumah kita sehingga selalu berusaha untuk keluar rumah secara diam-diam.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kucing tidak betah di dalam rumah, karena di akibatkan aroma bau yang tidak disukai kucing ternyata di dapati di rumah kita. Tentunya bau yang kita sukai yang bersumber entah dari parfum, atau wangi-wangian jenis lain tidak serta merta disukai oleh indra penciuman kucing. Bisa kita ibaratkan kalau hidung kita mencium bau yang sangat menyengat dan tidak kita sukai pasti saja akan menjauhi sumber bau tersebut. Apabila kita mencium bau tersebut dalam tempo yang lama akan membuat kita stress bahkan alergi dan efek yang lebih ekstrim lagi yaitu bisa pingsan. Baca juga : Tanda dan ciri kucing mau mati secara alami

Macam-macau Bau Yang Tidak Disukai Kucing


Kemungkinan efek tersebut juga akan sama dirasakan oleh kucing kesayangan kita, dengan aroma bau yang tidak disukai kucing dirasakan dan dihirup terus menerus atau kita gunakan di dalam rumah, bisa saja secara halus seperti berkesan mengusir kucing tersebut. Perlu kita ketahui indra penciuman kucing lebih tajam dibandingkan dengan indra penciumnan pada manusia. Bahkan aroma atau wangi yang kita anggap biasa-biasa saja ternyata bisa jadi sangat menyengat bagi si kucing. Baca juga : Ciri apabila kucing dalam kondisi stress
Nah sebagai saran apabila teman-teman memelihara kucing, bau-bau yang tidak disukai kucing ada beberapa dan perlu kita hilangkan diantarnya adalah :

1. Aroma bau buah jeruk

Aroma buah jeruk kita sadari baunya sangat harum dan sangat kita sukai apabila kita gunakan di dalam ruangan, namun ternyata si kucing tidak menyukainya karena aroma wangi bau jeruk yang bisa masuk menusuk hidung sehingga kucing selalu menghindarinya.

Bau yang Tidak Disukai Kucing Dan Berfungsi Mengusir


2. Aroma bau parfum 

Bisa kta praktekkan dan lakukan perbandingan, ketika kita berusaha memeluk / menggendong / berinteraksi dengan si kucing apabila kita gunakan parfum dengan sekala menyegat/ sedikit / tidak menggunakan parfum pasti kucing akan betah dan nyaman saat kita tidak memakai parfum. Kalau kita paksakan saat memakai parfum yang menyengat saat menggendong kucing atau bahkan memberinya makan, maka kucing akan memilih segera pergi menjauhi kita. Perlu diingat parfum memiliki kandungan kimia yang bisa berbahaya untuk sikucing, maka alangkah baiknya jangan terlalu over memakai parfum saat merawat kucing.

3. Aroma bau pengharum ruangan tidak disukai kucing

Selain pengharum tubuh atau parfum, kucing tidak menyukai aroma pengharum ruangan. Apalagi bau dan aroma pengharum tersebut adalah wangi buah jeruk. Apabila anda menggunakan pengaharum ruangan gunakanlah pada tempat tertentu saja dan jangan berlebihan ini berakibat kucing kesayangan anda sangat tidak krasan di dalam rumah.

4. Aroma bau menthol

Apabila kita sedang sakit misalnya masuk angin, selalu kita memakai minyak gosok seperti kayu putih, baby oil dan remason yang mengandung menthol dengan kandungan yang bisa membuat sensasi dingin juga menyegarkan. Tanpa kita sadari aroma tersebut sangat tidak disukai oleh kucing sama seperti halnya bau jeruk, menthol mempunyai bau yang sangat menyengat bagi kucing. Baca juga : Cara melebatkan bulu kucing

Bau menthol yang Tidak Disukai Kucing


5. Bau Cabai 

Kalau bau yang bersumber dari satu ini bukan kucing saja yang tidak tahan, manusiapun akan kualahan kalau mencium bau pedas ini yang biasanya auto meneteskan air mata efeknya. Aroma yang kuat pada cabai membuat sikucing tidak kuat menciumnya, ketika kita sengaja menyemprotkan cairan atau semprotan bau cabai ke kucing secara langsung akan berakibat kucing akan segera kabur dan perlakuan tersebut secara berulang akan membuat seperti mengusir kucing dari rumah anda.

Ternyata bukan bau saja yang tidak disukai kucing, tanamanpun ada yang sangat dibenci kucing, tanaman itu adalah Coleus canina, rue, lavender, dan juga pennyroyal. Coleus canina dan berbagai tanaman tersebut mampu menghasilkan aroma yang tidak disukai kucing bahkan anjing. Biasanya orang yang tidak senang memelihara kucing menanam di pekarangang rumah mereka dengan tanaman tersebut sehingga kucing liar tidak mampir. 


Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Dengan Makanan

Halo cat lovers, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana tips membuat atau melebatkan bulu kucing kesayangan kita. Lebih tepatnya kita akan membuat pertumbuhan bulu kucing kita menjadi maksimal dan cepat bertumbuh panjang bukan membuat panjang, karena kalau kucing kita keturunan dari kucing berbulu pendek seperti kucing kampung, tentunya sulit dan bahkan bisa dikatakan tidak mungkin. Yang perlu kita lakukan pada kucing keturunan bulu pendek yaitu membuat bulunya lebat, nampak lembut dan kuat tidak mudah rontok.

Perlu kita ketahui dan kita ingat bahwa panjang pendeknya bulu kucing sangat ditentukan dari faktor keturunan genetiknya sendiri. Tapi apabila kita baru mengadopsi dari orang lain dan kucing tersebut masih dengan usia yang kecil, kadang kita tidak tahu keturunan indukan bulu pendek ataukah bulu panjang sih anak kucing yang sedang kita adopsi. Jadi kita bisa memberikan pakan tambahan atau perawatan lainnya untuk memaksimalkan pertumbuhan bulu kucing kita. Baca juga : Penyakit kulit yang ada pada kucing

Hati ayam & kuning telur sebagai cara melebatkan bulu kucing


Pada anak kucing yang menginjak usia 1,5 bulan kita bisa mencoba untuk memberinya makanan yang bisa memaksimalkan pertumbuhan bulu. Bahan makanan yang kita berikan untuk pertumbuhan bulu cukup mudah didapatkan di sekitar kita misalnya hati ayam, kuning telur puyuh, dan air. 

Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Dengan Makanan


Cara meracik makanan tambahan ini yaitu pertama kita rebus dahulu hati ayam hingga matang kemudian kita haluskan hingga menjadi seperti adonan. 
Proses selanjutnya kita kupas telur puyuh yang sudah kita rebus dan ambil bagian kuning telurnya saja, berlanjut kita mencampur antara kuning telur puyuh dengan hati ayam yang sudah kita lembutkan tadi. 
Untuk memlembutkan tekstur adonan campuran hati ayam dengan kuning telur puyuh kita bisa menambahkan air putih. 

Takaran penyajian makanan tambahan ini, untuk satu hati ayam bisa saya berikan terhadap anak kucing yang berusia dibawah 4 bulan sebanyak 3 ekor kucing.  Dan apabila untuk anak kucing diatas 4 bulan atau 6 bulan, 1 hati ayam bisa kita sajikan terhadap 2 ekor anak kucing. Untuk usia kucing dewasa biasanya takaran yang saya berikan untuk satu ekor kucing yaitu sebanyak 3/4 hati ayam.

Pemberian makanan tambahan seperti di atas bisa kita berikan setiap hari selama 2 sampai 3 bulan, dan setelah itu bisa kita berikan cukup seminggu 1 kali atau 2 kali saja. Kandungan dalam hati ayam ini yaitu terdapat biotin yang sangat tinggi. Dimana Biotin merupakan salah satu kandungan yang sangat diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan bulu pada kucing. Kandungan protein pada kuning telur puyuh ini cukup membantu perkembangan bulu, apalagi kita kombinasikan dengan kandungan biotin yang ada pada hati ayam maka hasilnya akan lebih maksimal. 

Kucinya dalam proses cara melebatkan bulu kucing adalah kesabaran, karena semua itu perlu proses yang tidak instan dan harus telaten. Agar hasil bulunya sehat dan lembut bisa kita lakukan perawatan tambahan seperti memandikannya seminggu 2 kali agar tambah maksimal.

Untuk mengenai bulu kucing yang rontok, banyak sekali yang menanyakan hal ini. Sebenarnya apasih penyebabnya?

 Sebenarnya kerontokan pada bulu kucing sangat banyak sekali penyebabnya,misalnya :

- Kucing menginjak masa birahi
- Kucing sedang sakit
- Kucing sedang stress
- Ketidak cocokan dengan pakan yang dikonsumsi
- Atau juga memang sedang waktunya rontok masa pergantian bulu
- Musim panas atau ruangan yang ditinggali kucing kondisi suhunya panas

Dari racikan pakan tambahan di atas menurut pengalaman, mengurangi terjadinya kerontokan pada bulu kucing. Pada kasus lain saya menemukan bahwa ternyata tidak semua kucing menyukai hati ayam ataupun kuning telur, sehingga cara saya memberikannya dengan mencampurnya dengan jenis makanan wet food. Dalam kondisi ekstrim kadangkala perlu kita memberikan makanan tambahan ini dengan cara di spet. 

Cara Tambahan Untuk Melebatkan Bulu Kucing


Pemberian mminyak ikan juga ternyata sangat bagus apabila kita berikan karena mengandung OMEGA3 yang baik bagi kesehatan bulu ataupun kulit kucing. Cara pemberian atau menghidangkan terhadap kucing yaitu bisa kita campurkan dengan makanan harian kucing dan mengaduknya dengan rata. Namun alangkah bainya kita bisa mencobanya dahulu diberikan langsung ke kucing, dan lihat responnya kucing suka atau tidak, ketika suka maka pemberian minyak ikan secara langsung saya rasa efeknya lebih bagus.

Pemberian Asupan Vitamin E. Vitamin E ini yang bisa kita gunakan yaitu NatureE dengan fungsi bagi tubuh kucing yaitu menjaga kesehatan kulit dan bulu. Secara pengalaman efek dari vitamin E yang dirasakan oleh kucing dewasa yaitu juga membuat birahinya meningkat.

Proses penjemuran kucing dipagi hari juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang pertulangan kucing dan mengurangi stress kucing. Dengan kondis fresh dan pertumbuhan tubuh yang baik maka mengurangi resiko terjadinya bulu rontok pada kucing.

Royal canin untuk melebatkan bulu kucing


Pemberian pakan pabrikan seperti merk Royal canin yang testmoni dari jutaan pemakai mengatakan bahwa Royal Canin memilki kelebihan memperhalus bulu kucing dan mempercepat pertumbuhan bulu. Makanan jenis ini tidak membuat kucing mudah menjadi obesitas yang tentunya tidak baik untuk kesehatan si kucing. Royal Canin memang salah satu makanan kucing yang memiliki kualitas yang sangat baik, namun bagi anda yang menghendaki penghematan saya sarankan untuk mengkombinasikan dengan jenis pakan racikan seperti di atas tadi untuk menekan biaya.

Perbedaan kucing anggora dan persia mudah dipahami

Perbedaan kucing anggora dan persia memang sangat perlu diketahui untuk anda yang ingin mengadopsi salah satu dari jenis kucing tersebut. Banyak sekali orang yang sangat awam tentang perbedaan spesifik dari kedua ras kucing ini. Memang secara penglihatan sepintas bentuk dan bulunya hampir sama, namun yang pasti dua jenis ini benar-benar beda dan berasal dari ras yang sangat berbeda.

Sebenarnya apasih perbedaan kucing jenis anggora dan persia ini ?


1. Asal Muasal dan Ras Yang Berbeda

Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing ras tertua yang ada di dunia dan dia merupakan salah satu kucing yang berasal dari daerah Ankara  atau Anggora di Negara Turki yang diketahui sejak tahun 1600 an.

Kucing persia juga merupakan jenis kucing yang memiliki bulu panjang yang berasal dari negara Persia, Kalau sekarang nama negaranya yaitu Iran. Pada awalnya kucing persia diperkenalakan secara umum atau kontes di negara Italia.
Kedua jenis kucing ini memang memiliki kecantikan dan daya tarik yang kuat sehingga disukai banyak orang di dunia dan akhirnya bisa sampai ke Indonesia hingga saat ini.
Baca juga : Ciri-ciri kucing anda sedang dalam kondisi birahi 

2. Bentuk Atau Struktur Wajah Yang Berbeda

Kucing Anggora biasanya memiliki struktur wajah kurang lebih mirip seperti bentuk segitiga dengan hidung yang mancung, dan kalau kita perhatikan bentuk wajahnya hampir mirip dengan kucing kampung atau kucing domestik. Namun tentu saja kalau kucing domestik ini berbulu yang pendek tidak seperti anggora.

Pada kucing persia ini memiliki bentuk wajah yang sedikit lebih bulat, den memiliki hidung yang pesek (peak nose) pada jenis pure persia, dan mancung pada persia medium.

3. Perbedaan kucing anggora dan persia dilihat dari postur tubuh

Pada perdaan postur tubuh ini memang sangat mudah dipahami, kalau kucing  anggora ukuran dari tubuhnya bisa dibilang lebih langsing dengan otot tubuh tidak menjendol. Tinggi tubuh kucing anggora terlihat lebih tinggi dari persia.

Kemudian postur tubuh yang dimiliki kucing persia yaitu nampak lebih gemuk atau bulat pada bagian badan atau perut dibanding kucing anggora, dan juga tinggi badannya lebih pendek. Postur tubuh ini bisa kita jadikan patokan yang lumayan akurat karena kucing persia rata-rata memiliki ciri khas kaki yang pendek-pendek dan ini menjadi salah satu ke unikannya.

4. Beda dari kelebatan bulu

Jadi pada bulu yang dimiliki oleh kucing anggora biasanya memang lebat, namun tidak selebat dari bulu kucing persia. Sepintas memang sulit membedakan kalau melihat dari bulu badan. Namun apabila kita lihat dari kelebatan bulu pada bagian ke 2 ekor kucing ini akan nampak jelas sekali perbedaannya.

Pada panjang dan kelebatan bulu ekor kucing anggora sangat berbeda dengan panjang bulu badannya, sehingga ekor kucing anggora nampak seperti kemoceng yang berbulu lebat dan panjang. Sedangkan bulu ekor yang dimiliki kucing persia memang sangat lebat dan panjang, namun kelebatannya rata-rata sama dengan bulu pada badan.

Perbedaan kucing anggora dan persia mudah dipahami
Ciri Kucing Anggora

Bedanya  kucing anggora dan persia mudah dipahami
Ciri Kucing Persia

Perbedaan dari hal lain anggora dan persia


Secara jumlah populasi dan keaslian keturunan kucing anggora memang mudah sekali menjamin ke asliannya, karena dari daerah asalnya atau Negara Turki sangat melarang adanya kegiatan ekspor jenis kucing anggora ini. Dari adanya larangan ekspor keluar Turki ini memang sangat menjaga keturunan aslinya dari kucing anggora. Sedangkan kucing jenis persia populasinya di negara kita saja Indonesia sudah sangat banyak dan sangat sering sekali mendapatkan tindakan persilangan entah dengan kucing kampung atau jenis lain.

 Dari banyaknya persilangan jenis kucing persia sehingga menjadikan sangat sulitnya mendapatkan keturunan kucing persia yang benar-benar asli di Indonesia, kalau pun ada harnganya tentu mahal. Apabila kita bandingkan perbedaan kucing anggora dan persia dari masalah harga di pasaran kucing anggora berkisar 800 USD, dan inipun tidak ditemukan semudah itu. Harga dari kucing persia sangat terjangkau oleh masyarakat indonesia, mungkin karena jumlah populasinya sangat banyak di Indonesia.  Baca juga Ciri-ciri kucing persia keturunan asli

Perbedaan jenis penyakit yang diderita oleh kucing persia lebih banyak,

diantaranya :

- Ring worm
- Dental Malocclusions
- Cherry eye
- Sesak nafas
- Entropion
- Exessive
- Heat sensitivity
- Polycystic kidney desease
- Seborrhea sicca
- Seborrhea Oleosa

Dan penyakit yang di derita oleh kucing anggora adalah :

- Hypertrophic Cardiomyopathy dan
- Ataxia

Perbedaan yang lain mengenai cara perawatan dan grooming, untuk kucing persia karena bulunya sangat tebal dan panjang tentunya kan membuat mudah kotor dan sulit untuk membersihkan kutu yang ada di dalamnya. Kita harus ekstra peduli dan rajin merawat bulu kucing persia ini agar tetap bersih dan sehat, karena dari kondisi bulu yang kotor akan memicu berbagai penyakit.
Baca juga : Lacto B untuk mengobati kucing diare agar cepat sembuh

Kalau bulu yang ada pada kucing jenis anggora memang berukuran panjang namun tidak begitu tebal, sehingga perawatannya bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan kucing persia. Namun bukan berarti kita jarang melakukan perawatan, kita juga harus sering menjaganya agar bulunya lampak bersih, lembut dan sehat.


Cara Membersihkan Telinga Kucing Dengan Baby Oil

Cara Membersihkan Telinga Kucing - Setiap cat lovers pasti sering mendapati kondisi dimana telinga kucing yang sangat kotor dan bau tak sedap. Apabila kotoran pada telinga kucing terus kita biarkan, maka akan terjadi tumpukan yang menjadi seperti laspisan lilin dan bisa-bisa tumpukan ini mengisi lubang yang ada pada telinga. Konstruksi bentuk telinga yang ada pada kucing sangatlah rumit, jadi apabila ada benda masuk ataupun kotoran yang terlanjur masuk ke dalam, akan sulit dikeluarkan. Apabila kita tidak melakukan perawatan dan pembersihan teratur, ditakutkan akan terjadi rasa gatal dan berujung infeksi yang lebih parah.
Baca juga : Cara menyembuhkan kucing yang sedang sakit flu

Tips Cara Membersihkan Telinga Kucing Agar Terhindar Infeksi


Kondisi telinga kucing yang sangat kotor akan berakibat infeksi yang bisa lebih parah. Sebagai pengetahuan buat kita tanda-tanda terjadinya infeksi pada telinga kucing adalah sebagai berikut :

- Tentunya ada kotoran yang kadang berwarna kuning ke hitaman

- Terjadinya pembengkakan di saluran telinga atau diawalai dengan kulit telinga yang ruam kemerahan

- Bau yang tidak sedap bersumber dari telinga kucing apabila kita dekati

- Nampak adannya gumpalan pada sekitar telinga kucing

- Secara perilaku kita amati, kucing sangat sering sekali menggaruk-garuk bagian telinga atau sekitar telinga

- Adanya kotoran yang berupa serpihan bubuk berwarna hitam mirip dengan serbuk kopi, yang ini biasnya juga sebagai pertanda pada telinga kucing sudah terdapat tungau

- Tumpukan lilin yang terlihat pada bagian lubang ataupun saluran telinga

- Apabila kita panggil, kucing kita sulit merespon kemungkinan sudah mengalami gangguan pendengaran

- Efek berlanjut yaitu kucing nampak sering kehilangan keseimbangan (disorientasi)

Sebelum terjadinya efek seperti di atas sebaiknya lakukan perawatan rutin terhadap telinga ataupun bagian lain yang bisa mengurangi resiko kucing kita terkena penyakit, dan ditakutkan lagi penyakit tersebut bisa menular ke pemelihara si kucing. Apabila anda merasa ragu untuk melukukan pembersihan telinga kucing sendiri dikarenakan takut, jijik, takut melukai dan lain-lain  alangkah baiknya dibawa ke dokter hewan atau jasa grooming kucing yang profesional.
Baca juga : Cara mengobati kucing sakit mencret berdarah

Dan apabila anda menginginkan untuk mencobanya sendiri di rumah tentang cara membersihkan telinga kucing dengan berbagai teknik atau bahkan dengan minyak baby oil bisa kita simak sebagai berikut.
Untuk memulai membersihkan telinga kucing, kita harus mempersiapkan alat-alat dan bahan, diantaranya adalah ;

1. Ear Cleaner : Produdk tetes telinga ini juga cocok digunakan untuk membersihkan telinga anjing, dan biasanya terjaual di petshop-petshop terdekat atau di toko online shop langganan anda.

Obat untuk Membersihkan Telinga Kucing


2. Cutton bud : Seperti yang digunakan oleh manusia cutton bud ini berfungdi untuk mengambil kotoran-kotoran yang ada di dalam telingan si kucing. Apabila menggunakan alat lain selain ini saya tidak merekomendasikan kare takut melukai dari telinga kucing tersebut.

3. Kapas : Digunakan untuk pelapis cutton bud dan lap permukaan telinga kucing, atau juga sebagai alat pembersih finishing.


Proses pelaksanaan pembersihan telinga kucing


Tips waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan telinga kucing adalah ketika mute si kucing yang lagi bagus, atau tidak pada waktu yang sedang aktif-aktifnya, sehingga ketika saat kita lakukan pembersihan kemungkinan kucing akan meronta-ronta, hal ini tentunya sangat beresiko melukai kucing tersebut dan juga orang sedang membersihkan telinga kucing. Lakukan pembersihan telinga tersebut ketika kucing sesudah kita kasih makan. Kondisi perut kucing yang kenyang membuat efek rileks dan ngantuk dan saat ini adalah paling tepat untuk melakukan pembersihan.

Cara Membersihkan Telinga Kucing


 Langkah awal yaitu kita ambil dahulu cutton bud dan kapas, kemudian kapas kita gulung untuk melapisi cutton bud yang berfungsi agar permukaan alat pembersih akan lebih lembut dan tidak melukai telinga kucing saat dimasukkan ke dalam.

Ambil Ear cleaner yang sudah kita beli tadi dan kita baca petunjuk aturan pakainya. Di kemasan tersebut cara pemakaiannya adalah dengan meneteskan ear cleaner sebanyak 2 sampai 3 tetes kedalam lubang telinga kucing, selanjutnya kita berikan pemijitan pada bagian telinga kucing yang berguna untuk menambah rileks sikucing dan kotorannya mudah terangkat setelah kita pijit. Pijitan ini kita lakukan selam sekitar 10 detik dan jangan berlebihan.

Berlanjut kita ambil cutton bud yang sudah dilapisi kapas tadi, dan kita tetesi dengan cairan pembersih telinga (Ear Cleaner) sehingga nampak basah. Selanjutanya kita lakukan pembersihan telinga seperti caranya saat kita membersihkan telinga kita dengan cutton bud. Lakukan proses ini dengan teliti hingga kotoran yang ada pada telinga kucing benar-benar bersih.
Baca juga : Cara merawat dan memberi makanan yang tepat untuk anak kucing

Apabila dirumah kita tersedia minyak baby oil sebenarnya bisa kita pakai, namun saya sarankan penggunaan minyak baby oil ini kita pakai untuk pembersihan daun telinganya saja, atau bagian luar kuping. Jangan samakan dengan ear cleaner yang dipakai dengan cara di teteskan kedalam lubang telinga. Kandungan baby oil sebenarnya dirancang bukan untuk digunakan seperti ear cleaner, namun baby oil sangat bekerja baik dalam pembersihan bagian luar telinga kucing. Permukaan telinga kucing yang sudah kita olesi dengan minyak baby oil akan membuatnya lembab, sehingga kotoran pada bagian luar telinga mudah terangkat apabila kita bersihkan dengan cutton bud ataupun kapas.

Makanan untuk Anak Kucing 1 - 2 - 3 - 4 bulan

Makanan terbaik untuk anak kucing berumur 1 sampai 4 bulan - Pada anak kucing masih usia kecil seperti ini kita memang harus selektif dalam memilih jenis dan merk atau bahkan meracik bahan makanan anak kucing sendiri. Ketika anak kucing yang masih berumur 1 bulanan tentunya dia masih kesulitan untuk mengunyah makanan, walaupun makanan tersebut dari bahan yang sangat lunak.

Secara kesehatan anak kucing yang masih berumur 1 bulan wajib untuk mendapatkan suplai susu dari induknya secara full untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh anak kucing tersebut. Dari situ apabila anda memiliki niatan untuk mengadopsi anak kucing yang masih berumur 1-3 bulan tentunya saya sarankan untuk bersabar dan jangan memaksakan dahulu.

Bahan Terbaik Makanan Untuk Anak Kucing


Sebaik-baiknya makanan entah merk,harga yang mahal atau bahan yang berkualitas tinggi yang kita berikan terhadap anak kucing yang berumur 1-3 bulan, tentu masih kalah bagusnya dengan susu dari induk kucing. Sebenarnya  anak kucing layak kita adopsi ketika sudah berumur 3 bulan lebih, karena dengan usia 3 bulan lebih anak kucing sudah memiliki kemampuan untuk mencerna makanan basah atau kering dengan baik.

 Namun untuk pengecualian kalau kita menemukan anak kucing yang masih berusia dibawah 3 bulan yang tanpa induk, atau bahkan tidak dirawat oleh induknya sendiri dengan alasan yang sulit dimengerti, maka kita harus mengetahui makanan apa yang bagus dan baik untuk anak kucing tersebut.

Apabila terpaksa anak kucing tidak mendapatkan perawatan dari induknya maka susu yang baik untuk diberikannya adalah susu formula yang rendah laktosa, atau kita bisa membelinya dengan Merk Top Growth (kitten milk replacer). Pemberiannya bisa kita lakukan dengan takaran sesuai panduan yang ada di kemasannya. Pemberiannya harus fresh penyajian, untuk menghindari kondisi susu terkontaminasi bakteri atau virus yang membahayakan anak kucing.


Ketika anak kucing mulai tumbuh dan menginjak pada proses belajar untuk mengenal makanan, anda bisa membantunya dengan pemberian makanan yang baik. Makanan yang baik untuk anak kucing yang baru belajar tentunya tidak berbahan yang keras seperti biskuit untuk kucing dewasa. Kalau kita paksakan pemberian biskuit kucing dewasa biasanya anak kucing ini akan kesulitan. Baca juga : perbedaan antara makanan kucing Royal canin dengan Proplan

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba mengenalkan dan share penggunaan makanan untuk anak kucing yang berumur 2, 3, dan 4 bulan menggunakan merk whiskas yang kita campuri dengan tahu. Kenapa harus tahu? Biasanya orang kan mencampurnya dengan tempe?

Bahan tahu yang saya pakai ini sudah saya riset bahwa kandungan dan nilai gizinya sama dengan tempe, dan tahu memiliki tekstur yang lebih lunak dan bersahabat dengan alat pencernaan kucing , seperti :

- gigi yang masih belum kuat

- mulut dan tenggorokan anak kucing yang belum terbiasa menelan,

- lambung kucing belum terbiasa dan masih belajar menyesuaikan mencerna dari susu ke jenis makanan

- usus anak kucing yang belum sempurna

- dan anak kucing buang air besar dengan umur 3 bulan kebawah masih berupa gumpalan yang semi cair, kalau kita pakai tempe takutnya menjadi mengeras dan membuat kesakitan anak kucing.

whiskas Makanan untuk Anak Kucing terbaik


Baca juga : Makanan untuk kucing dewasa merk felibite dan bolt
Pada brand Whiskas ini, dia menyediakan makanan anak kucing khusus yang masih berumur 2 bulan sampai 12 bulan, dan kita bisa membelinya dengan kisaran harga Rp.6.500,-
Penggunaan tahu yaitu tahu putih sebanyak 3 potong saja untuk pencampuran 1 bungkus whiskas.

Cara Meracik Makanan Anak Kucing 


Dalam pelaksanaan pembuatan makanan kucing satu ini kita lakukan penghalusan tahu putih terlebih dahulu. Kemudian kalau dirasa tektstur tahu sudah lembut barulah kita mencampunya dengan whiskas yang sudah kita beli tadi.

Ingat whiskas yang kita gunakan yang berjenis junior untuk usia 2 bulan lebih yaaa jangan keliru. Selanjutnya kita mencampur antara whiskas dengan tahu yang kita haluskan hingga merata. Setelah itu siap untuk disajikan terhadap anak kucing kita. Pemberiannya bisa kita lakukan 3 kali sehari dengan porsi yang sedikit dahulu karena ini masih dalam proses belajar makan, tentunya sering tidak habis apabila kita berikan dalam jumlah banyak.

Membuat Makanan untuk Anak Kucing


Pada saat melakukan pengolahan sebaiknya kita menggunakan sarung tangan plastik untuk menjaga kebersiahan makanan kucing.
Ingat anak kucing usia ini masih belajar makan, alat pencernaan juga belum sempurna, apabila ada kotoran dalam makanan bisa membuat anak kucing menjadi sakit diare/mencret. Diare pada kucing atau anak kucing bisa membahayakan nyawanya, maka kita harus berhati-hati.




Kandang kucing kayu bertingkat desain bagus

Kandang kucing kayu bertingkat - Kandang untuk kucing memang sangat diperlukan untuk kita pemelihara kucing yang jumlahnya lebih dari satu ekor. Fungsi dari kandang ini sangat banyak ya teman-teman, diantaranya adalah bisa berguna untuk ruang isolasi penyembuhan saat kucing sedang sakit, proses persilangan perkawinan kucing agar tidak bercampur dengan kucing yang lain, observasi, mencegah kucing pergi kemana-mana atau outdoor takutya tertular kutu kucing liar dan lain-lain.

Kandang kucing kayu bertingkat


Perlukah kita mengandangi kucing ?

Saat mengandangkan kucing dengan tujuan observasi ini memang sangat membantu kita mengamati kucing mau makan atau tidak, kondisi pupnya mencret / diare atau tidak. Dan dari cara kita mengandangkan kucing ini kita bisa mengerti kondisi kucing kita sedang sakit atau tidaknya.

Semisal kondisi kucing tersebut diare / flu / kutuan / atau penyakit lainnya yang menular ketika kita lakukan pemeliharaan secara pengumbaran tentunya akan rawan sekali menular terhadap kucing yang lainnya. Ketika kucing kita yang lain tertular, tentunya akan sangat kesulitan bagi kita untuk menangani seluruhnya.

Namun perlu diketahui juga mengandangi kucing itu jangan dilakukan dalam waktu yang lama, ini juga sangat tidak baik untuk kondisi kucing itu sendiri, misalnya kurang gerak, kucing sangat jarang melakukan peregangan otot-otot, kurangnya olahraga dan aktifitas si kucing tentunya juga tidak bagus. Pengandangan dalam waktu yang sangat lama juga berakibat meningkatnya kondisi stress pada kucing.

Satu lagi fungsi dari mengandangi kucing adalah ketika di rumah kita kondisi ada wanita sedang hamil, dan secara medis yang mengatakan bahaya memelihara kucing untuk wanita dalam kondisi hamil memang harus kita antisipasi dengan mengkandangkan kucing sementara waktu.

tips kandang untuk kucing


Bahan kayu untuk kandang kucing




Pembuatan Kandang Kucing Dari Kayu Bertingkat


Pada kali ini saya menggunakan bahan kandang dari kayu karena saya rasa lebih hemat,murah dan tentunya mudah kita buat. Sebenarnya dengan bahan dan budged yang minimalis ini kita bisa desain kandang kucing kayu tingkat yang sangat bagus dan menarik. Kita bisa desain dengan model berlantai 2, 3, 4 dan seterusnya.

Bahan kandang dari kayu juga memiliki keuntungan yaitu apabila kucing mencakar, menggigit dan memberontak, kucing tidak terluka akibat pergerakan tersebut berbeda saat menggunakan bahan kandang darilogam.

Untuk ukuran ideal kandang agar kucing merasa nyaman menempatinya yaitu satu ruangan berukuruan  panjangnya 1 meter dan lebarnya 70 cm, dan kalau desain bertingkat bisa kita sesuaikan ruangan tersebut.

Gunakan bahan kayu sengon yang biasanya dijual oleh toko berupa kayu usuk bangunan dengan ukuran ketebalan 4x7 cm. Kayu sengon dengan ukuran tebal segitu sudah kuat untuk kandang yang berdesain tingkat, dan bobotnya tidak terlalu berat untuk memudahkan kita memindah-mindahkan lokasi kandang.

Alat dan bahan yang kita siapkan dalam pembuatan kandang ini tentunya sangat sederhana, seperti :

- Kayu
- Meteran
- Paku usuk atau reng
- Palu
- Papan
- Ram kawat
- Penggaris
- Pensil

Sebagai pelengkap perabot dari kandang, kita sediakan wadah tempat makanan dan minuman kucing dan litter boxes (tempat kotoran kucing) dengan pasir yang khusus. Tempatkan wadah makanan dan minuman menempel pada dinding kandang supaya tidak terkotori dan terinjak-injak kucing.

Untuk menjaga kesehatan kucing selama dikandangi yaitu dengan rutin membersihkan kandang, termasuk litter box/ wadah kotoran kucing yang bisa menimbulkan berbagai penyakit apabila terus menumpuk.

Wadah makanan juga harus sering dibersihkan untuk mencegah kucing terkena sakit diare yang disebabkan terkontaminasinya makanan kucing dengan berbagai kotoran.

Perawatan kandang kucing dari bahan kayu memang harus sering dilakukan karena bahan kayu lawan terbesarya adalah rayap. Apalagi kayu ayng kita gunakan dari pohon sengon yang teksturnya sangat empuk dan disukai rayap. Awasi pada kaki-kaki kandang dari rambatan rumah rayap, atau bisa kita berikan kaleng yang diberi oli untuk merendam kaki kandang dan tidak dijangkau oleh rayap. Rayap yang meakan kayu sengon sangat cepat menghabiskannya.



Mata kucing berselaput putih faktor penyebabnya

Sebenarnya banyak para pecinta kucing yang bertanya-tanya kenapa kondisi mata kucingnya berselaput putih, bahaya atau tidak ? Dan bagai mana cara mengobati mata kucing berselaput ini?



Secara medis dan pernyataan dokter hewan, mata kucing yang mengalami berselaput putih dinamakan dengan sebutan Third Eyelid, yang artinya munculnya suatu membran tertia palpebra yang terdapat pada mata kucing tersebut.


 Secara alami sebenarnya membran ini berfungsi sebagai pelindung bola mata, dan secara fungsi normalnya tertia palpebra tidak akan muncul dan terlihat saat kucing sedang terjaga kondisinya. Namun ketika membran tertia palpebra ini kelihatan saat kucing sedang melakukan aktifitas biasa, bisa menjadi indikator bahwa kondisi mata kucing sedang sakit.



Penyebab munculnya selaput putih pada mata kucing


Mata kucing berselaput putih dan penyebabnya


Selaput putih yang muncul di mata kucing memang suatu hal yang aneh dan berbeda dari kondisi lainnya. Selaput putih ini merupakan salah satu jenis gejala sekunder yang dialami kucing dari penyakit yang lainnya. Selaput putih mulanya muncul pada pojok sudut mata, dan kemudian bisa melebar dan menutupi mata hingga separuh bagian.

Penyebab dari timbulnya selaput putih ini diantaranya adalah :



- Dehidrasi

- Konjungtivitis

- Kemasukan benda asing

- Luka

- Kista dermoid

- Sindrom Haw

- Kanker



Dari berbagai faktor di atas bisa kita bahas satu persatu, sehingga kita bisa memahami tentang penyebabnya dan bisa mengambil langkah untuk segera melakukan tindakan perawatan dan penyembuhan terhadap mata kucing. Baca juga : ciri ciri kucing sedang mengalami stres yang bisa berakibat mengganggu kesehatannya.



- Penyebab karena Kista Dermoid

Kista dermoid merupakan salah satu jenis penyakit kista yang diawalai dan muncul dari kucing dilahirkan. Seiring bertambahnya usia kucing, maka kista dermoid ini akan mbertambah besar pula, temponya lambat tapi pasti.


- Penyebab karena Kelainan genetik

Pengidap penyakit mata kucing berselaput yang dikarenakan faktor genetik sangat sering sekali ditemukan pada kucing berjenis kucing Burma ( burmese ) . Jenis kucing yang satu ini memang sudah terkenal dan sering sakit mata berselaput putih.


- Penyebab dari Sindrom Haw

Penyakit jenis sindrom haw ini pertam kali bagian tubuh yang diserang adalah bagian usus, yang penyebab rahasianya adalah dari parasit jahat. Dari infeksi parasit ini akan berimbas pada kucing mengalami diare yang sangat parah, dan muncul juga selaput putih pada mata kucing. Sindrom hawa ini kalau diniarkan akan membuat selaput putih memiliki tonjolan.


- Penyebab lain ( kemasukan benda asing )

Pada dasarnya selaput mata pada kucing apabila kemasukan suatu benda asing semisal debu, atau kotoran lainnya secara alami dan otomatis selaput mata ini akan melindungi mata kucing, dengan cara menutup keseluruh permukaan agar benda asing tersebut tidak bisa masuk sampai ke dalam bagian mata.


- Faktor dari luka

Trauma yang dialami kucing entah penyebabnya dari luka pukulan atau benturan yang lumayan keras pada bagian wajah ataupun kepala biasanya selaput putih pada mata kucing muncul secara tidak terkontrol. Trauma sehingga selaput mata keluar ini sering disebut dengan THIRD EYELID , yang biasanya akan sembuh setelah luka trauma yang dialami kucing juga sembuh. Jadi alangkah baiknya anda melakukan perawatan juga penyembuhan sesegera mungkin ketika kucing anda terluka pada bagian wajah dan kepala.


- Faktor penyebab karena kanker

Faktor selaput mata yang timbul karena suatu kanker yang dialami kucing sangat jarang ditemui. Namun memang ada kasus yang dahulunya ditemui kanker yang dialami oleh kucing sehingga sel kanker tersebut berakibat tentang munculnya selaput putih pada mata kucing muncul dan menutupi keseluruhan bagian.


- Faktor dari konjungtivitis

Faktor ini disebabkan dari infeksi okular yang sehingga mata pada kucing tertutupi oleh selaput putih. Konjungtivitis ini memeiliki efek lain terhadap mata yaitu, menjadi lakrimasi, berselaput warna merah, bola mata kucing menjadi lebih membesar, dan bahkan sobek.


- Faktor penyebab dari dehidrasi

Selaput mata atau Tertia palpebra akan muncul secara tidak wajar ketika kucing mengalami dehidrasi yang cukup parah. Ketika dehidrasi pada kucing sebenarnya tidak pada selaput putih yang ditakuti namun efek penyakit yang lain yang lebih berbahaya bagi kucing apabila tidak segera mendapat pertolongan. Baca juga : Kucing mengalami sakit flu dan bagaiama cara menyembuhkannya.

Kondisi mata kucing berselaput sebelah


Kadang kala ada kasus tertentu yang membuat mata kucing berselaput hanya separuh bagian saja, entah kanan atau bagian kiri. Ketika itu terjadi sebaiknya langkah awal deteksi secara dini dengan melihatnya menggunakan senter, dan cari tahu penyebab pastinya. Sewaktu melakukan pengawasan selaput mata tersebut anda bisa yakinkan dengan teliti apakah selaput yang muncul kondisinya ada benjolan atau hanya selaput tipis yang disertai degan mata kucing berair.

Dan kalau sudah anda awasi penyebabdari menutupnya selaput tersebut karena debu atau benda asing bisa anda sembuhkan dengan menggunakan obat tetes mata seperti Trixin. Obat ini bisa efektif dan membantu membersihkan kotoran yang ada pada mata kucing.

Obat Mata kucing berselaput putih



 Namun kalau pemeriksaan anda terdapat benjolan yang ada pada kelopak mata kucing, sebaiknya anda segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik, ditakutkan mata kucing terkena infeksi ataupun kanker.


Kemunculan mata kucing berselaput dari berbagai penyebab tadi memang sangat mengganggu aktivitas kucing, kucing yang merasa tidak nyaman dengan selaput putih tadi seringkali mencoba untuk mengukur atau menggaruk matannya, sehingga menambah resiko lagi dari mata kucing sobek terkena cakaran kaki.

Mata Kucing Berair terus dan cara menyembuhkan

Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang pengobatan masalah kucing dengan kondisi matanya yang berair terus seperti lendir. Untuk para pemula dalam memelihara kucing tentunya dengan kondisi tersebut akan khawatir dan takut kenapa-napa. Dari berbagai cerita dan pengalaman para cat owners, sebenarnya mata kucing itu ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang.

Kondisi mata kucing berair dan perlahan akan mengering menumpuk di sudut kelopak mata, membuat kucing sangat menderita. Kucing akan kesulitan membuka matanya, dan membuat efek lanjutan seperti kehilangan semangat beraktifitas dan turunnya nafsu makan dan menjadi kucing yang stress.

Mata Kucing Berair terus dan cara menyembuhkan


Penyebab Mata Kucing Menjadi Berair


- Pada penyakit mata kucing kondisi berair terus ini penyebabnya adalah bisa jadi dikarenakan iritasi saat kita membersihkan mata kucing dengan cara yang agak kasar dan menggunakan tisu atau kain  yang kotor juga kasar jadi membuat matanya iritasi.

 - Penyebab lain mata berair pada kucing adalah terkena debu dan polusi yang berterbangan di sekitar kandangnya,debu yang berterbangan ini selain membuat mata kucing berair juga bisa berakibat membuat pernafasan kucing terganggu.

- Penyebab selanjutnya adalah terkenanya mata kucing oleh cairan yang berbahaya atau bahkan shampoo saat kita memandikannya, tanpa sengaja mengenai mata kucing. Agar hal ini tidak menjadi parah, ketika mata kucing terkena shampoo, sesegera mungkin kita lakukan pembilasan dengan air mengalir agar shampoo tadi benar-benar hilang.

- Suhu udara yang kondisinya terlalu ekstreem seperti penyalaan AC di dalam rumah yang terlalu dingin, atau membiarkan suhu yang ada di dalam ruangan kucing tinggal kondisinya sangat pengap ataupun lembab. Perubahan suhu udara secara ekstreen ini selain membuat mata kucing menjadi berair, juga membut kucing tidak betah di lingkungannya.

- Terganggunya sistem pengeringan air mata kucing secara alami. Sistem yang terganggu ini membuat kucing tidak bisa mengendalikan prosuksi air matanya. Pabila kita ke dokter hewan biasanya akan diberikan obat tetes mata yang bertujuan mengembalikan sistem yang terganggu tadi.

- Penyebab umum lainnya adalah, mata kucing kemasukan benda asing dan sulit untuk dikeluarkan. Apabila anda kesulitan mengeluarkan benda tersebut, bawalah ke dokter hewan agar mendapat pertolongan yang terbaik.

- Kelainan dan bawaan dari lahir. Pada kasus ini memang sulit sekali disembuhkan atau bahkan tidak bisa disembuhkan.

- Infeksi luka yang terletak di daerah dekat mata yang bisa membuat mata kucing berair terus dan kalau dibiarkan akan memperparah kondisinya sehingga bisa membuat kebutaan pada kucing.

- Kelainan pertumbuhan rambut mata kucing. Pada kucing normal rambut akan tumbuh dan memanjang mengarah ke luar menjauhi bola mata, namun sering juga yang ditemui dengan kelainan tersebut ada yang tumbuh tidak menjauhi bola mata namun malah masuk mengenai bola mata kucing, sehingga mata kucing seperti iritasi atau kelilipan dan menjadi berair.

- Over produksi air mata. Ini bisa dikatakan juga sebagai kelainan dari mata kucing, karena produksi air mata yang dihasilkan melebihi normalnya.

- Cacing Mata yang ada pada mata kucing. Cacing mata ini membuat mata kucing bisa berair terus, perpindahan cacing ke mata kucing ini bisa disebabkan kucing bermain atau berinteraksi dengan kucing liar, hewan ternak ataupun hewan liar lain. Gejala dari cacing mengenai mata yaitu kucing terlihat sangat sensitif apabila terkena cahaya yang terang.



Cara Pengobatan Mata Kucing Yang Belekan & Bengkak 


Untuk pengobatan mata kucing yang sakit seperti ini kita perlu menggunakan salep mata "Terramycin" dan kita persiapkan kapas yang lembut dengan juga menyediakan air yang sudah dihangatkan.

Terramycin untuk mata kucing berair


Kita lakukan pengobatan mata kucing berair ini bisa dilakukan setelah 1 hari kita temui mata kucing yang sedang berair. Jangan melihat sekali mata kucing berair langsung terburu-buru pemberian obat, kita sabar dan tunggu dahulu kira-kira 1 hari, barangkali sebelum 1 hari sudah sembuh secara mandiri karena iritasinya masih ringan. Dan untuk diperhatikan lagi jangan memberikan obat setelah berhari-hari sikucing menderita mata berair, selain kasihan melihat kucing menderita, takutnya bisa membuat luka yang lebih parah apabila penangannya terlambat.

Apabila kita sudah lakukan pengobatan menggunakan Terramycin dengan tempo pemberiannya yaitu dalam 1 hari 2 kali pengolesan salep pada waktu pagi dan malam hari, ini akan memberikan efek yang positif pada keesokan harinya. Untuk penyembuhan total mata kucing berair terus ini efektif dilakukan 3 hari. Pengobatannya harus sabar seperti saat megobati kucing yang sakit flu.

Cara pemakaian salep Terramycin ini yaitu dengan urutan bersihkan dahulu mata kucing yang bengkak dan berair menggunakan tisu yang sudah kita basahi dengan air hangat tadi, kemudian pegang kucing dalam posisi ter nyaman agar kucing tidak memberontak saat proses pengobatan.

Kondisi air mata kucing yang sudah mengering, biasanya membuat lengket dan perih saat kucing membuka mata. Kita bersihkan secara perlahan dan jangan membuat kucing menjadi panik.
Setelah cairan mata yang sudah kering tadi dibersihkan, lanjutkan dengan pemberian salep Terramycin dengan cara di oleskan sedikit saja pada kelopak mata kucing  memakai jari kita. Lakukan pengolesan secara hati-hati agar tidak mencederai mata si kucing.






Ciri-ciri Kucing Stres Penyebab Dan Cara Menyembuhkan

Ciri ciri Kucing Stres - Pernahkah kalian merasa diposisi yang bingung dan stres? Pastinya semua orang pernah mengalami hal ini  dan tidak mungkin dalam masa hidupnya akan bahagia terus. Namun bagi yang sedang menderita stres seringkali tidak merasa sedang dalam kondisi tersebut. Stres pada manusia bisa ditandai dari bimbang, sedih, bingung dan mudah sekali emosi dan mudah sekali tertawa terlalu lepas juga mudah sekali menagis.

Kalau kita sebagai manusia pernah mengalami hal tersebut, ternyata kucing juga sering mengalaminya lho. Apabila kita ingin membuktikannya sendiri, amati dan perhatikan secara seksama perkembangan hidup kucing kesayangan kita sejak kecil hingga dewasa, disitu pasti anda mengerti perilaku stres dari kucing.

Ciri ciri Kucing Stres Penyebab Dan Cara Menyembuhkan

Tanda, penyebab dan ciri - ciri kucing stres


Setelah kita melakukan pengamatan dengan seksama kita bisa menemukan beberapa kondisi kucing yang sedang stres, dan ini bisa disebabkan oleh banyak hal yang pastinya kita tidak mungkin mengetahui secara spesifik apa yang menjadikan kucing stres. Untuk ciri kucing yanng sedang stres diantaranya :

1. Kucing selalu menyendiri

Terkadang kucing sering hanya nampak terdiam di dalam kandang saja atau bersembunyi di ruang-ruang tertutup. Kondi dan tanda seperti ini biasanya di iringi dengan sikap kucing yang sangat cuek dengan lingkungan sekitar seperti mengabaikan adanya orang asing, maupun majikannya. Selain kucing suka menyendiri, terkadang kucing terdiam secara mendadak yang kemungkinan suatu pertanda turunnya mental si kucing. Apabila sikucing terkena serangan mental yang berat, maka secara efek lain yang timbul kucing menjadi sakit dan stres. 

Tanda Kucing Stres dan Penyebabnya


2.Menginjak masa birahi namun tidak memiliki pasangan

Kucing yang sedang mengalami masa birahi namun tidak memiliki pasangan untuk kawin bisa membuat kondisi mental kucing berbahaya dan akibatnya depresi. Dari kondisi tersebut kucing pejantan ataupun betina sama saja ketika masa birahi tidak memiliki pasangan maka akan sering pergi ke luar rumah untuk mencari pasangan kawin, dan biasanya jarang pulang. 

3. Tanda selanjutnya kucing sering mengalami muntah dan mencret

Tanda stres dan mencret ini sebenarnya sama yang di alami oleh manusia ketika kondisi stres. Pada kucing muntah dan mencret saat stres dikarenakan masalah pencernaan hal ini biasanya disebabkan oleh makan yang diberikan kepada kucing. Para pemeliharakucing sebaiknya memperhatikan dan memberikan makanan yang sehat dan baik untuk kucing. Namun ketika kita sudah berikan makanan yang disukai kucing dan baik kandungannya, sikucing tetap saja mencret itu pertanda kucing anda sedang stres. 

4. Grooming yang berlebihan

Memandikan dan Grooming ini memang sangat baik dilakukan terhadap kucing kesayangan kita. Namun ketika grooming dilakukan secara berlebihan dan tidak teratur bisa berakibat fatal untuk kucing itu sendiri. Jika kita temui kucing sedang menjilati bulu-bulunya secara berlebihan hingga bulu-bulunya rontok, dan kucing menggaruk kulitnya secara berlebihan hingga terjadi lecet pada kulit, ini pertanda kucing sedang stres. 

5. Tanda Kucing Stres yang lain adalah kucing kencing di luar litter boxes

Secara pengalaman memang ketika kucing kencing di luar litter boxes yang sudah kita sediakan akan membuat kita jengkel karena baunya bauk dan mengotori lingkungan. Tapi sebenarnya kucing kencing di luar litter boxes ini bisa diartikan kucing menyampaikan pesan bahwa kondisinya sedang stres. 

6. Ciri yang selanjutnya yaitu mengeong secara berlebihan

Ciri kucing stres yang satu ini bisa kita lihat, Biasanya bisa juga menandakan hal lain yang sedang dirasakan kucing, entah penyakit dalam atau lapar. Namun ketika kita periksakan ke dokter hewan kucing anda tidak ditemukan penyakit dalam dan sudah kita berikan makanan yang cukuap, namun tetap saja mengeong terus dan berisik, ini tandanya kucing lagi stress.

7. Kucing melakukan tidur dengan waktu yang lama

Para pecinta kucing pastinya sudah tau dengan kondisi kucingnya jam berapa biasa tidur, dan jam berapa saat mereka bangun. Ketika kucingmu tidur lebih lama dari yang biasanya kemungkinan ada yang dirasakan oleh kucing anda entah kucing sedang sakit flu dan lainnya ataupun sedang stres. 

8. Kucing menjadi sangat agresif

Kondisi stress pada kucing membuatnya berperilaku mudah marah dan agresif. Kucing dengan kondisi ini selalu menegakkan atau mengangkat ekornya ke atas seperti mau bertarung. Saat seperti ini kita walaupun adalah pemiliknya yang terbiasa merawat kucing tersebut, ketika menyentuhnya akan mendapatkan serangan entah cakaran atau gigitan yang bisa melukai kita.

Dari berbagai tanda dan ciri ciri kucing stres tadi untuk mengantisipasi agar kondisinya lebih parah, anda bisa lakukan pemenuhan kebutuhan si kucing, seperti jodoh untuk dikawinkan, perlakuan yang baik terhadap kucing, dan hal yang sangat menghibur kucing adalah diajak main oleh majikannya.

Penyediaan jodoh untuk kucing ini sangat efektif dan bermanfaat banget untuk menghindari kucing menjadi strees. Namun pada proses alami kadang kala kucing pejantan yang kalah bertarung dalam merebutkan kekuasaan teritorial, tidak bisa mengawini betina yang ada di teritori tersebut. Sehingga membuat kucing pejantan yang kalah tadi akan stress yang lumayan parah karena beban kekalahan dan juga tidak bisa menyalurkan hasrat birahinya. Umumnya pejantan yang kalah, akan pergi dari teri tori pejantan dominan tadi dan kemungkinan besar tidak akan kembali.  


Cara mengobati kucing flu pilek agar cepat sembuh

Cara mengobati kucing flu dan pilek - Pada saat musim hujan dan pancaroba tiba banyak sekali orang yang terkena penyakit flu, demikian juga kucing bisa terkena penyakit tersebut. Lalu bagaimana sih gejala, penyebab dan cara mengatasi apabila kucing kita terkena penyakit flu? Nah nanti kita bahas bersama.

Pada masa pancaroba, suhu udara dan kelembapan akan mudah berubah drastis sehingga apabila tubuh kita ataupun tubuh kucing kesayangan kita yang tidak dalam kondisi yang fit maka, akan mudah sekali terpapar dengan berbagai infeksi, entah itu infeksi jamur, infeksi bakteri dan paling bahaya itu adalah infeksi firus. Berbagai infeksi tersebut akan membuat kita terkena penyakit yang memang adalah penyakit-penyakit yang biasa dialami saat musim pancaroba.

Untuk kucing yang sudah mengaami vaksinasi biasanya kondisi daya tahan tubuhnya lebih bagus dan lebih kuat dari serangan bakteri dan juga virus. Jadi kucing yang sudah divaksin jangan terlalu kita khawatirkan kondisinya saat menjalani pergantian musim ini.

tanda dan cara mengobati kucing flu


Tapi kalau kita antisipasi atau melakukan tindakan preventif juga sangat diperukan meskipun kucing kita sudah mendapatkan vaksin. Kita berikan makanan yang sehat, kita jaga kondisi kebersihan rumah, jaga sirkulasi udara rumah, dan jangan lupa kita berikan tambahan vitamin.

Cara mencegah dan mengobati kucing flu


Vitamin apa yang harus kita berikan ? intinya bebas saja jenis vitamin apa yang kita berikan terhadap kucing,  yang intinya vitamin tersebut dapat berfungsi baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tidak perlu anda membelikan vitamin dengan harga yang mahal, kalau dirumah ada vitamin seperti Nutri Plus Gell ini sudah sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kucing Atau juga bisa diberikan imboost. Yang paling sederhana adalah kita harus sering memberikan madu yang kaya akan fluktosanya untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh anak kucing kita saat menghadapi musim pancaroba.
Baca juga : Cara menjinakkan kucing liar dan galak

Bagai mana kalau anak kucing kita sudah mengalami terlanjur drop sakit flu atau pilek?


Tanda-tanda yang bisa kita tahu kalau kucing kita sakit flu atau pilek hampir sama yang dialami manusia, yaitu hidungnya meler, matanya ber air dan kucing sering bersin-bersin. Kalau saya biasanya akan mengamati apakah dikondisi kucing yang sedang drop ini, kehilangan selera makan dan stimuli pada mainannya. Apabila respon kucing kalau kita ajak main namun cuek saja, dan kita kasih makanan favoritnya hanya dibiarkan saja, anda harus tanggap dan segeralah bawa ke dokter hewan. 

Cara mengobati kucing flu pilek agar cepat sembuh


Kondisi tersebut adalah tanda kondisi kucing sakit atau terinfeksi Virus yang lumayan berat juga parah, maka pemeriksaan dokter adalah tidakan yang paling tepat untuk mengetahui penyakit apasih yang sebenarnya di derita kucing.

Berbeda kalau kucing sedang sakit flu, walau pun kita tau gejalanya seperti mata berair, dan hidung yang ingusan, kucing sakit flu ini apabila kita kasih mainan masih akan merespon mau diajak maian dan ketika kita beri makanan kesukaannya masih mau memakan walaupun sedikit.

Baca juga : Pemberian lacto B untuk kucing sakit diare agar cepat sembuh

Cara mengobati kucing flu ini yaitu langkah pertama kita harus pisahkan kucing yang sakit flu ini dari kawanannya yang sehat atau kandang teman-temannya supaya virusnya tidak menular. Selanjutnya kita jaga badan dan sirkulasi udara ruangan tempat kucing berada supaya mereka bisa merasakan segar virusnya di udara berkurang.

Pastikan kucing mengkonsumsi air minum yang bersih dan cukup, karena konsumsi air yang bersih yang cukup ini dapat berguna untuk  menghindarkan kucing dari dehidrasi, dan membantu saluran pernafasannya.

Baca juga : Virgin Coconut Oil (VCO) untuk kucing

Kita harus rajin membersihkan saluran pernafasan kucing dan matanya dari cairan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Pembersihan ini dapat membantu melancarkan saluran pernafasan kucing.

Cara membantu untuk mengobati anak kucing kita terkena flu ringan yang lain adalah sangat sederhana, yaitu dengan cara menjemur anak kucing pada terik matahari pagi sebelum pukul 09:00 .
Lakukan penjemuran kucing tadi tidak terlalu lama, kira-kira hanya 10 menitan saja sudah cukup membantu untuk mengatasi flu ringan yang sedang diderita si kucing.

Kemungkinan kalau kucing kita masih dalam kategori Aman menderita sakit flu, biasanya dalam waktu periode 3 sampai 5 hari kondisi sakit flu nya sudah bisa hilang tanpa menggunakan obat-obatan dan perawatan dokter. Namun apabila kondis dalam periode tersebut belum ada tanda kesembuhan si kucing, segeralah bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penangan lebih lanjut dan pemberian antibiotik.

Vco Untuk Kucing Manfaat Baik dan Cara Pemakaiannya

Hari ini saya akan berbagi informasi tentang manfaat VCO (Virgin Coconut OIl) dan cara pemakaian nya untuk kucing yang aman dan benar. Banyak pecinta kucing beralasan memberikan vco terhadap kucing karena menganggap apa yang baik dikonsumsi oleh manusia itu baik juga untuk  kucing. Vco ini, kandungan vitamin, mineral, asam laurat, kolesterol baik, dan vitamin baiknya sangat kaya sekali dan dirokemendasikan untuk dikonsumsi oleh manusia. Setelah banyak riset yang dilakukan tentang apakah aman vco ini digunakan untuk kucing, ternyata hasilnya adalah sama dengan pernyataan alasan para pecinta kucing tadi tentang apa yang baik dikonsumsi manusia juga baik untuk kucing.

manfaat Vco digunakan Untuk Kucing


Manfaat Positif Vco Untuk Kucing


- Vco pada manusia berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina, sama juga apabila kita berikan terhadap kucing. Namun pemberiannya dengan catatan harus dilakukan dengan secara rutin.

- Yang berikutnya karena vco memiliki kandungan asam laurat yang tinggi, sangat bagus untuk kucing yang mengalami berbagai alergi.

- Vco ini sangat membantu dan berfungsi baik terhadap kucing yang mengalami gangguan pencernaan. Kadang kucing yang kondisinya mudah muntah karena kebanyakan makan atau ada sesuatu dengan saluran pencernaanya, vco ini dapat membantu metabolisme pencernaannya dan mengurangi intensitas dari kucing muntah

- Vco juga berfungsi baik untuk membantu memperlancar proses HAIRBALL

- Manfaat vco yang tidak dirasakan langsung oleh owner nya yaitu, berfungsi baik untuk perkembangan otak si kucing dan juga menghindari bau mulut kucing.

- Dan yang harus diketahui oleh teman-teman semua, vco ini anti bakteri dan anti jamur. Jadi, selain dikonsumsi di makanan, vco ini juga akan membantu merontokkan jamur bulu kucing bila dioleskan secara rutin pada tempat tempat dimana jamur kucing berada pada bulu.

- Vco dipercaya punya khasiat yang sangat bagus untuk memperhalus dan melembutkan dari bulu-bulu kucing, dan tampilannya nampak lebih mengkilap.

Vco Untuk Kucing Manfaat Baik dan Cara Pemakaiannya


Baca juga : Lacto B untuk kucing diare

Cara Pemberian Vco Kepada Kucing


Cara pemberiannya sangat mudah apabila vco dipakai untuk dikonsumsi sebagai makanan/minuman dicampurkan pada pakan wet food. Takarannya yaitu satu sendok teh vco, bisa dibagi atau dipakai 4 kali penyajian makanan. Teknik pemberian vco ini jagan dilakukan seperti mencokol saat memberikan obat kucing, dan jangan diberikan untuk meminumnya secara langsung yang pastinya kucing tidak doyan. Campurlah vco kedalam wet food saja akan lebih mudah dan efektif. Yang pasti vco ini bukan obat ya teman-teman jangan mencokolnya, jadi kasihan. Mending pemberian Virgin Coconut Oil ini diberikan tanpa sepengetahuan kucing dengan cara mencampurkan pada wet food, sehingga kandungan vitamin, nutrisi , lemak baik dan lain-lain bisa terserap secara maksimal oleh tubuh si kucing.

Perbedaan antara minyak kelapa & dengan Vco, dan juga minyak sawit 

Pada masa-masa dulu minyak kelapa banyak yang menuduh dan mengatakan bahwa minyak kelapa itu adalah minyak jahat yang tidak baik untuk tubuh kita, Tapi ternyata untuk sekarang ini banyak penelitian yang menyatakan bahwa minyak kelapa terutama VCO adalah minyak yang baik, karena keduanya ini mempunyai rantai kimia yang menyehatkan untuk tubuh kita. Minyak kelapa dan VCO itu mempunyai rantai kimia menengah yang disebut dengan MCT yang bagus untuk tubuh manusia dan tubuh kucing.

Baca juga : Cara membuat kucing menjadi gemuk

Tapi kita harus hati-hati ya teman-teman, karena minyak kelapa ini memiliki perbedaan dengan minyak kelapa sawit. Karena Minyak kelapa sawit ini khasiatnya amat sangat berbeda dengan minyak kelapa. Dan apa berbeda antara minyak kelapa itu sendiri dengan VCO? Bedanya terletak pada proses pembuatannya.

Baca juga : Penyebab mulut bau pada kucing

Kalau minyak kelapa itu dibuat dengan cara buah kelapa yang dikeringkan atau disebut kopra, yang kemudian digiling dan difermentasi kemudian diambil minyaknya. Sementara Virgin Coconat Oil (VCO) ini di ambilnya bukan dari buah kelapa, namun dari santan kelapa yang difermentasi yang kemudian dilakukan pemisahan antara santan dengan minyaknya.  Secara kasat mata memang antara VCO dan minyak kelapa ini nampak sama.

Dari bentuk visual yang terlihat seperti sama ini sebenarnya memiliki partikel yang sangat berbeda. dan meskipun keduanya memiliki vitamin dan mineral yang sama, tapi khusus untuk VCO ini memiliki tambahan kandungan asam lemak , kolesterol baik, dan vitamin B yang sangat bagus untuk tubuh kucing. Jadi tidak heran bahwa penelitian akhir-akhir ini mengatakan bahwa VCO adalah super food atau functional food. Rasa dari VCO itu seperti santan lite, tidak ada aromanya, dan sebetulnya enak-enak saja tiada rasa yang mencolok. Dari fungsi kalau dikonsumsi untuk tubuh manusia sangat bagus sekali untuk kelembapan kulit kita.


Cara menjinakkan kucing liar dan galak menjadi penurut

Bagaimana cara menjinakkan kucing liar ? Kucing liar yang terbiasa hidup mandiri tanpa campur tangan manusia entah pemberian pakan atau perawatan yang lain biasanya sangat sulit didekati. Ketika kita memaksakan untuk mendekatinya, kucing tersebut akan kabur bahkan melakukan perlawanan dengan mencakar atau menggigit. Anda jangan mencoba memaksakan untuk menyentuh apalagi menggendongnya.

Jadi kali ini kita akan sharing tentang bagaimana membuat kucing liar tersebut nurut sama kita dan apabila kita panggil dapat segera mendekat.

Cara menjinakkan kucing liar dan galak menjadi penurut


Tahap-tahap dan cara menjinakkan kucing liar agar nurut


Tahap pertama yang anda harus lakukan untuk menarik perhatian kucing liar tersebut adalah dengan cara memanggilnya dengan lembut dan berulang kali. Setelah kita melihat ada respon dari si kucing, bisa kita mencairkan keteganan suasana perasaan kucing liar, dengan memberinya makanan. Seringkali kucing liar yang pertama kali kita beri pakan kondisinya sangat lapar, sehingga berilah makanan yang cukup banyak.

Pada proses selanjutnya sambil kita memberi kucing makanan lakukan belaian pada bagian kepala belakan si kucing liar tersebut. Ingat lakukan secara perlahan saja untuk awal sentuhan, dan anda harus waspada kalau kucing liar tersebut kaget spontan bisa menggigit ataupun mencakar tangan anda. Kalau belaian tangan kita tidak mendapatkan respon negatif dari kucing tersebut, maka lanjutkan saja belaian tersebut.

Baca juga : Cara merawat anak kucing yang baru lahir 

Cara tersebut di atas bisa kita lakukan lebih dari 3 kali dan setelah itu akan besar banget perubahannya. Yang tadinya kucing liar tersebut kalau melihat manusia akan segera kabur, secara perlahan dengan pembiasaan kita memanggilnya dan memberinya makanan secara otomatis, kucing tersebut mulai berani mendekati kita walaupun kita tidak sedang memberinya pakan.

Secara naluri, kucing paling seneng mendapat sentuhan pada bagian belakang kepala dan bawah dagunya. Maka dari itu setiap anda mendekati kucing liar usahakan sentuh dan belai pada bagian tersebut. Dan perlu anda ketahui juga, kucing paling sensitif apabila kita sentuh pada bagian perut dan ekor, mungkin karena bagian perut adalah bagian yang ringkih bagi kucing.

Kadang kala perut kucing yang terkena tendangan atau benturan benda lain, kucing akan merasakan sakit yang agakk lama dan berbulan-bulan. Pada bagian ekor kucing kalau kita tarik dengan kencang respon spontan kucing yaitu mencakar dan menggigit kemudian kabur menjauhi kita, mungkin ekor ini pusat dari keseimbangan kucing dan sangat pengaruh sekali apabila kita tarik dan berikan tekanan.

Untuk sentuhan pada bagian perut kucing yang kondisinya masih bener-bener liar, itu akan selalu mebdapatkan respon negatif. Namun ternyata apabila kalau hubungan kucing liar tersebut sudah terjalin baik dengan kita dan perlakuan sentuhan tangan kita ke perut kucing tersebut akan sangat disenangi dan responnya manja-manja terhadap kita, kalau pun menggigit itu kondisinya seperti bermain dan bercanda saja, jadi tidak bakal melukai tangan kita. Ketika kucing liar menggigit manja jangan sekali-kali menarik tangan kita, tarikanini membut kucing menggigit dan mencengkram dengan kuat dan gigi juga kukunya bisa melukai tangan.

kucing galak dan liar dijinakkan


Perawatan lanjutan agar kucing tambah jinak


Setelah semua cara di atas dilakukan dan berjalan dengan baik, anda bisa mengadopsi dan dibawa pulang ke rumah. Di rumah, bisa kita berikan perawatan lanjutan misalnya membersihkan bulu, kuku, penyembuhan penyakit kulit atau lainnya, pemberian vitamin dan lain-lain. Dengan pendekatan kita sambil melakukan perawatan yang baik, maka lambat laun kucing liar tersebut jinak dan ketergantungan dengan kita. Ketergantungan ini maksudnya ialah sering mencari belaian dan manja terhadap kita, juga mulai berani meminta makanan.

Baca juga : Tanda dan ciri-ciri kucing akan mati

Seiring berjalannya waktu anda bisa mulai mengajarkan kucing liar mandi. Pembiasaan mandi ini dilakukan karena kucing yang baru kita adopsi masih menyesuaikan dengan kebiasaan lama sering berburu liar dan bermain dengan kucing liar, hal ini sangat beresiko kucing tersebut membawa virus dan berbagai penyakit.

Proses memandikan kucing liar untuk pertama kalinya memang sangat susah, karena pasti kucing tersebut takut air dan akan meronta-ronta. Pemaksaan bisa dilakukan dengan cara mecari teman pembantu untuk memegangi kaki-kaki kucing agar tidak melukai saat dimandikan. Gunakan air hangat supaya kucing tidak terlalu kaget dan ketakutan.

Apabila memandikan kucing tersebut dilakukan secara rutin, otomatis akan membuat kucing menjadi rileks dan biasa saja responnya saat dimandikan. Dari proses yang berliku cara menjinakkan kucing liar ini, apabila sabar akan menuai hasil. Hasilnya kucing liar tersebut sangat manja dengan kita dan sewaktu-waktu kita panggil akan segera datang menghampiri. Apalagi kalau kita pergi jauh dan lama, kucing liar yang sudah jinak ini akan melakukan menunggu kepulangan kita di depan rumah. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bagi kita, seperti ada yang memperhatikan dan merasa bisa bersahabat dengan kucing yang kita jinakkan tadi.




Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah