6 Tanaman Aquascape Tanpa Co2 Tetap Tumbuh Subur

 Kali ini saya akan  mencoba bebagi tentang pemilihan tanaman di aquascape tanpa penggunaan karbon dioksida atau Co2. Sebenarnya karbondioksida adalah kebutuhan primer bagi tumbuhan untuk melakukan proses fotosintetis untuk bertahan hidup. Namun ketika anda mulai menekuni hobi aquascape yang sangat menarik ini pasti akan selalu mengembangkan layout atau tampilan dari aquascape. 

Dengan demikian pastinya anda perlu membutuhkan tanaman yang bisa hidup di dalam aquascape itu sendiri. Selain berfungsi untuk keindahan tanaman juga menunjang kehidupan fauna yang ada di dalamnya. Tanaman yang kita gunakan tidak boleh jenis sembarangan, karena malah bisa mati di dalam aquascape dan menimbulkan pembusukan sehingga mengurangi kualitas air.

Aquascape menarik para penggemarnya bukan semata-mata karena ikan hias yang dipelihara di dalamnya, melainkan seni mengatur atau menanam tanaman tanpa menggunakan Co2. Ada beberapa orang yang tidak bisa membedakan antara aquarium dengan aquascape. Memang keduanya hampir sama, kesamaannya adalah sama-sama menggunakan wadah yang terbuat dari bahan kaca atau akrilik. Yang menjadi pembedanya adalah kalau aquarium terfokus pada ikan hias yang ada di dalamnya, sedangkan aquascape, ikan hanya sebagai penghias di dalamnya. 

Antara tanaman, pasir, batu karang, kayu dan ikan kecil merupakan semua komponen penghidup keindahan dalam seni aquascape. Tentunya tanaman memegang peran penting untuk keindahan tersebut.

Sebenarnya jenis tanaman apa saja sih yang cocok digunakan dalam mendesain keindahan aquascape yang tanpa menggunakan gas Co2?

Jenis-jenis Tanaman Aquascape Tanpa Penggunaan Co2

- Chrismas Moss

Tanaman aquascape tanpa co2


Salah satu tanaman aquascape tanpa karbondioksida ini berbentuk seperti lumut, dan jenis ini sangat banyak diminati oleh scapper. Pertumbuhannya merumpun / meyirip atau bergerombol memadat dengan daun berwarna hijau terang. Untuk menjaga tanaman ini tetap hidup, kita harus menyediakan sinar lampu yang cukup sedang. Dan apabila menghendaki pertumbuhannya yang cepat bisa gunakan penyinaran lampu yang terang. Jenis tanaman ini persebarannya cukup luas seperti di Jepang, Filipina, India, Thailand dan Indonesia.

Biasanya di alam liar tanaman ini ditemukan dan tumbuh subur di aliran sungai yang kondisi airnya  jernih dan bersuhu teduh atau di hutan yang bersuhu lembab. Disebut Crismas moss karena menyerupai daun pinus hutan. Bentuk dan warnanya yang indah menjadikan tanaman ini banyak digemari sebagai penghias aquascape. 

Untuk perawatan tanaman ini sangat mudah, karena sangat mudah beradaptasi dan sangat toleran terhadap berbagai kondisi air. Tanaman aquascape tanpa Co2 ini bisa tumbuh subur di kayu atau ditempelkan pada bebatuan. 

- Java Moss

Java moss


Tampilan menarik dan yang paling penting tanaman tanpa karbondioksida ini terkenal dengan kemampuannya yang mampu bertahan dengan berbagai jenis air dan kualitas cahaya. Mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan ekstra. Untuk menerapkann di aquascape bisa menalinya pada kayu apung, batu atau kayu tua. Kayu dan batu memiliki pori yang baik, sehingga tanaman bisa melekat kuat dan bisa menyebar secara horizontal dan vertikal. 

Biasanya tanaman ini tumbuh secara bergerombol, sehingga bisa berfungsi untuk tempat telur-telur ikan. Ketika sudah tumbuh lebat, cara merapikannya hanya dengan memotongnya dan tidak takut menjadi mati. Pemangkasan yang rutin memang perlu terus dilakukan agar tidak menghalangi sinar lampu untuk masuk ke dalam aquascape.

Penggunaan pupuk makro dan mikro juga sangat dianjurkan, pemakaiannya cukup diberikan seminggu sekali agar tanaman tetap indah dan subur. Perlu di ingat sebelum kita memasukkan tanaman ini ke dalam aquascape perlu dilakukan pencucian tanaman terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengurangi resiko adanya telur binatang yang merugikan menempel pada tanaman ini.


- Peacock Moss

Tanaman aquascape tanpa co2 subur


Tanaman tanpa karbondioksida ini memiliki bentuk ciri khas yang indah, dengan daun lebar membentuk cabang dan menyebar seperti menyerupai ekor burung merak. Batangnya berfungsi untuk melakukan fotosintesis. Tananam ini agak mirip dengan jenis Chrismas Moss, namun ukurannya yang lebih besar. Tanaman ini akan tumbuh dan berkembang dengan baik ketika menggunakan air bersuhu dingin, yaitu dibawah 30 derajat celsius.

Sifat Peacocok moss akan cepat tumbuh ketika mendapatkan cahaya yang bagus dan terang. Tanaman ini cocok ditempelkan pada kayu , batu ataupun lempengan. Cara menempelkannya bisa di tali menggunakan benang jahit ataupun lem khusus. Proses menempelkan tanaman ini harus dalam kondisi basah, maka perlu beberapa kali untuk menyiramnya agar menjaga tanaman ini tetap hidup. 


- Java Fern 

Java fern

Makanan ikan neon tetra kecil

Tanaman Tanpa karbondioksida ini sangat mudah sekali tumbuh di aquarium dan sering dikenal dengan sebutan pakis jawa. Tanaman ini bisa ditemukan diberbagai negara seperti Malaysia, Thailand, China dan Indonesia. Di habitat aslinya tanaman ini tumbuh menempel pada akar dan batuan di sungai.  

Kekurangan tanaman ini tergolong tanaman yang pertumbuhannya lambat, tingginya bisa mencapai 15 sampai 20 cm. Tanaman ini bisa tumbuh dengan kondisi air yang baik dengan kadar pH 6 sampai 8 dengan suhu air 22 sampai 28 derajat celcius. 

Cahaya yang dibutuhkan tidak terlalu terang, dengan pencahayaan rendah Java fern mampu hidup subur. Tumbuhan ini tumbuh dari batang yang sering disebut rimpang, dapat menyerap nutrisi air dari daun dan akar. Cara memperbanyaknya cukup mudah dengan hanya memabagi rimpangnya saja dan ditaman lagi. 


- Lilaelopsis

Tanaman hias aquascape

Tanaman ini satu ini sangat cocok sekali dipakai untuk menutupi media tanam seperti karpet ataupun buttom cover. Dapat tumbuh dengan baik ketika suhu air dibawah 28 derajat celcius dan penggunaan pupuk cair dapat membantu. Supaya tumbuh subur gunakan media tanam seperti pasir ataupun tanah dan nantinya akan menyebar ke samping. Untuk tinggi tanaman ini hanya beberapa cm saja tidak terlalu tinggi. 

Sifat tanaman ini, semakin terang cahaya lampu maka panjang daunnya menjadi lebih pendek. Jadi apabila menghendaki daun yang panjang cukup kita kurangi pecahayaannya namun jangan sampai gelap yang bisa mematikan tanaman.

- Anubias 

Anubias tanaman aquascape

Makanan udang hias air tawar

Tanaman ini dikenal para scapper sebagai tanaman yang tangguh tahan banting dan populer digunakan. Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit pancaran sinar saja, jadi harus ditempatkan pada tempat yang terlindungi dari terang cahaya. Anubias merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman talas. Cara merawat tanaman ini membutuhkan ketelatenan yang tinggi untuk membuatnya tetap menarik, biasanya bisa tumbuh hingga mencapai tinggi mencapai 15 cm.

Nah dari 5 jenis tanaman aquascape tanpa co2 di atas bisa dipilih sesuai selera anda. Kreasikan dengan seni paduan antara bebatuan karang dipadu dengan kayu-kayuan dan faunan yang bisa kita pakai. Dengan penggunaan tanaman tanpa karbondioksida ini memudahkan kita dalam menghias keindahan aquascape.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya