Makanan Udang Hias Air Tawar Di Aquascape

Fauna seperti udang hias air tawar akan menambah kesan indah dari layout aquascape dan tentunya perlu  anda ketahui juga makanan yang tepat untuk diberikan. Bukan hanya ikan saja yang kita sediakan pakan di dalam 1 tank aquascape. Udang juga memerlukan perhatian dari kita agar menjaganya tetap hidup dan kalau bisa dan lebih bagus lagi untuk membuatnya berkembang biak. Pasti akan sangat menyenangkan apabila kita berhasil membuat udang bisa berkembang biak. 

Sebenarnya banyak orang yang menjual di toko ikan hias, umumnya hanya menjual jenis Red Cherry saja, padahal jenis udang hias sangatlah bayak. Rata-rata dari semua jenis udang yang ada membutuhkan pakan yang seragam diantara jenis yang satu dengan yang lain. Jadi tidak terlalu rumit dalam melakukan perawatan apabila kita memelihara berbagai jenis sekaligus di dalam 1 tank.

 Udang sangat banyak jenisnya yang bisa kita pakai pelengkap penghias aquascpe misalnya: 

- Blue Pearl Shrimp, 

- Yellow fire shrimp, 

- Mandarin Shrimp, 

- Red cherry, 

- Yamato amano shrimp, 

- Black rili shrimp, 

- Red nose shrimp,

- Red bee shrimp

- Red rili shrimp

- Bamboo shrimp

- Udang Orange

- Udang Blue Diamond

- Udang White water

- Dan lain-lain

Makanan Pelet Udang Hias di Air Tawar

udang hias red shrimp

Faktor selain dari pemberian pakan, udang juga memerlukan lingkungan hidup yang terdiri dari bahan alami seperti bebatuan, pasir, dan tanaman hidup aquascape. Walaupun kita kasih makanan yang berkualitas baik namun tempat habitat hidup kurang mendukung, kemungkinan udang akan mudah mati.

Biasanya pakan yang bagus diberikan pada udang hias aquascape yang memiliki model pakan tenggelam, bukan jenis pakan apung. Apabila kita beli pakan pabrikan bisa saya rekomendasikan merk "Shane". Kandungan pakan tersebut mengandung sayuran bayam yang diaplikasikan kebentuk padat seperti stik biskuit. 

Makanan udang hias aquascape

Makanan ikan neon tetra kecil

Biasanya dalam satu wadah memiliki berat 20 gr dan mampu dipakai untuk pakan udang sekitar 30 an ekor dalam 1 bulan. Pemberiannya hanya 1 potong stik saja dan nantinya akan mengembang di dalam aquarium. 

Makanan selain merk tersebut di atas adalah "Grow Bornero Wild", pakan ini merupakan jenis yang disukai oleh udang hias. Termasuk pakan tenggelam dan bagus tepat sasaran agar dikonsumsi oleh udah hias bukan ikan hias. Kandungan pakan ini disebutkan mengandung zat-zat yang bisa menghilangkan kondisi stress pada udang hias. Grow Borneo wild merupakan pakan yang memiliki harga lumayan mahal, untuk 100 gram nya dijual seharga berkisar Rp 132.000,-


Makanan udang hias air tawar

Sedangkan untuk pemberian pakan alami yang murah meriah didapat bisa memakai daun-daunan dan juga sayuran. Mengingat udang adalah termasuk hewan omnivora , jadi pakan nabati juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kalsium sebagai zat penumbuh cangkang pada udang. Daun dan sayuran yang mudah kita peroleh dan bisa dikonsumsi oleh udang hias diantaranya :

- Daun ketapang

- Daun pisang

- Daun bayam 

- Daun jati

- Daun jambu biji

- Daun jelatang 

- Sayur wortel

- Sawi

- Timun

- Zuchini

Jenis ikan guppy cendolan

Pakan alami tersebut mudah sekali didapatkan dengan harga yang sangat murah, yang pasti kita berikan bahan tersebut jangan sampai ada yang mengandung pestisida atau bahan kimia lain. Tentu saja bahan kimia akan berdampak buruk bagi kesehatan udang dan mengurangi kualitas air dari aquascape sehingga membahayakan fauna yang kita pelihara.

Selaian makanan udang hias air tawar yang kita perhatikan, kita juga harus menyediakan tempat tinggal yang sesuai dengan habitat udang asli di alam liar dan jangan pelihara ikan hias yang bersifat predator. Ikan predator sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup udang yang kita pelihara.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya