Louhan SRM Super Red Magma Ciri-cirinya

 Sebagai pecinta louhan kita pasti tahu tentang keindahan dan kelebihan dari berbagai jenis misalnya Srd , Srm, Cencu , Bonsai, Kamfa dan lauinnya. Namun yang masih membingungkan dalam perbedaannya antara jenis Srm dan Srd masih banyak yang kurang memahami karena masih banyak memiliki kemiripan. Kemiripan tersebut dikarenakan jenis Srm merupakan masih ada kaitan genetik atau masih ada ikatan keturunan dari jenis Srd.

Meskipun sepintas terlihat banyak kemiripan, namun bagi para penghobi sangat memahami beberapa poin signifikan terhadap perbedaan kedua jenis tersebut. Banyak pengalaman yang mengatakan lebih baik mengembangkan jenis SRM dibandingkan dengan jenis SRD karena memiliki banyak keunggulan. Jenis ikan louhan Bonsai

Keunggulan tersebut juga sebagai tanda pembeda antara kedua jenis tersebut. Namun kembali lagi pada selera masing-masing untuk mengunggulkan jenis yang mana. Karena hobi atau kesenangan tidak boleh distandarkan harus sama fanatik terhadap jenis tertentu. 

Perbedaan Antara Louhan Jenis Srd dan Srm


Perbedaan Louhan Srm dan Srd


Sebenarnya kedua jenis ini sama-sama indah dan mempesona, tidak ada salahnya memilih jenis srd ataupun srm yang penting tetap semangat memeliharanya. Sebenarnya Srm asal usulnya merupakan pengembangan dari jenis Srd, jadi lumrah keunggulannya bisa melebihi dari nenek moyangnya. Keunggulan tersebut diantaranya :

Ukuran Jenong 

Pada basicnya jenis srm unggul dibagian besar jenong dan banyaknya mutiara, hal ini sesuai dengan penamaanya yaitu Super Red Magma. Mungkin bahasa pegertian saya menggambarkan jenong yang berukuran super besar mirip dengan bongkahan magma dengan ditempeli banyak ukiran mutiara. 

Namun jangan salah mengartikan bahwa kalau semua jenis Srm akan memiliki jenong yang berukuran besar semua. Kadang kala juga ada jenis ini yang memiliki jenong berukuran sedang dan bahkan kecil. Faktor yang mempengaruhi tumbuhnya jenong adalah dari garis keturunan genetik indukan dari srm itu sendiri. Namun pada dasarnya dari nenek moyangnya louhan jenis Srm memiliki ukuran jenong yang lebih besar dibandingkan Srm.

Warna Tubuh 

Perbedaan selanjutnya adalah terletak pada warna tubuh ikan. Ternyata jenis Srd memiliki warna merah yang lebih pekat dan menyala sampai ke separuh badan lebih. Pada jenis Srm warna merahnya terlihat agak memudar dan seperti lebih muda. Louhan jenis kamfa F3 dan F2

Jumlah Mutiara

Jumlah mutiara kalau kita amati dengan seksama antara Srd dengan Srm ternyata lebih banyak milik srm. Pada srd mutiara terlihat seperti titik titik saja, namun kalau kita perhatikan di jenis mutiara nampak di sekujur tubuh terutama pada jenongnya yang membentuk pola seperti lelehan magma. 

Ciri Louhan Srm


Sebenarnya perbedaan itu tidak akan bisa sesuai kalau kualitas genetik indukannya juga tidak pas acuan pembeda dari kedua jenis tersebut. Yang pasti 3 poin perbedaan di atas secara umum dipakai untuk membedakannya.

Perbedaan antara louhan SRD Lokal dengan Ori Thailand

Agar mengurangi kekurangan warna kurang cerah pada jenis srm bisa kita lakukan dengan cara pemberian pakan pelet pabrikan dengan merk Extreme Red Louhan. Walaupun harganya yang lumayan, ternyata banyak testimoni yang merekomendasikan pakan pelet tersebut. Dengan pemberian pakan selama 2 bulanan akan terlihat warna merah menjadi maksimal. Sehingga Louhan Srm ( Super Red Magma ) akan menjadi progress yang berhasil.


Mutiara Louhan Srm dan Srd



Di pasaran harga jual antara kedua jenis ini rata-rata lebih mahalan SRM karena bisa memunculkan Boom Head. Boom Head bisa kita munculkan dengan catatan melihat atau seleksi antara persilangan indukan ber genetik kualitas bagus. 


Post terbaru

Ikan Koki Ranchu Buffalo Ciri Khas dan Harga