Louhan Srd Lokal Perbedaannya Dengan Ori Thailand

Pada kali ini saya akan share tentang perbedaan antara louhan SRD (Super Red Dragon) lokal dengan jenis yang ori. Bagi para penghobi yang baru memulai pastinya mengalami kesulitan dalam membedakannya. Sehingga untuk mengidentifikasi jenis srd lokal atau ori sangat penting karena harga jual di toko jelas berbeda, jangan sampai salah membeli atau tertipu. 

Louhan super red dragon lokal merepukan hasil dari peternakan yang ada di Indonesia, sedangkan yang ori adalah didatangkan import dari Thailand. Ketika masih dalam kondisi burayak, ukuran dibawah 4 cm sangat sulit kita membedakannya. Di bahasan kali ini saya akan share perbedaannya ketika ikan sudah berukuran sekitar 4 jari tangan.

Ciri Louhan Srd Lokal dan Ori Thailand

Jenis Louhan Srd Ori Thailand


Louhan Srd Ori Thailand


Ciri yang sangat mudah diamati dari jenis ori ini adalah warna merah tubuhnya yang sangat pekat tanpa pudar, bisa dikatakan sangat cerah bersinar. Warna merah ini biasanya menyebar ke separuh badan yaitu dari ujung jenong kepala sampai belakang sirip dayung ikan hingga mendekati pangkal ekor.

Srd ori Thailand ciri spesifiknya terletak pada mutiara di bagian jenong kepalanya. Mutiara ini membentuk pola yang menyerupai pola batik, tidak putus dan sambung menyambung hingga keseluruh bagian kepala jenongnya. Mutiara ini sering disebut dengan mutiara cacing.

Pada Srd lokal, warna merahnya nampak lebih pudar tidak mencolok dan tidak menyebar sampai bagian tengah kebelakang tubuh ikan. Warna merah hanya muncul dibagian tengah tubuh mengarah ke depan saja. 

Perbedaan mutiara jenis lokal, memang sama-sama ditumbuhi mutiara yang banyak, namun tidak membentuk garis pola yang menyambung tanpa putus. Pola ini sering terlihat seperti garis putus-putus dan pada jenongnya hanya tumbuh di bagian kanan atau kiri kepala saja.

Banyak rumor yang beredar untuk membedakan antara ori dengan lokal terletak pada ukuran jenongnya. Biasanya orang mendevinisikan jenis ori memiliki ukuran jenong yang lebih besar dibanding jenis lokal. Hal tersebut ternyata tidak benar, untuk ukuran jenong louhan ternyata pengaruhnya tentang garis turunan genetiknya.

Jadi walaupun jenis ori tapi riwayat indukan berjenong kecil, tetap saja keturunannya akan berukuran kecil, dengan catatan tidak melakukan persilangan lagi. Dan kalau jenis lokal juga tidak menuntuk kemungkinan bisa memiliki jenong berukuran besar karena mewarisi turunan berjenong besar. 
Pada dasarnya poin penting untuk membedakan antara ori dengan lokalan hanya melihat tentang, warna dan pola mutiara saja. 

Louhan Srd Lokal
Srd Lokal


Louhan Super Red Dragon
Srd Lokal



Cara Merawat Sehari-hari 


Apabila kita membeli louhan jenis ini dari anakan yang berkisar ukuran 5 cm, bisa melakukan langkah-langkah penting seperti pemberian makanan ikan louhan yang tepat, menjaga agar tidak stress dan tentusaja kebersihan aquarium. 

Untuk menonjolkan warna merahnya, kita bisa berikan makanan pabrikan seperti merk "Extreme Red". Dan apabila menggunakan pakan hewani bisa menggunakan bahan udang yang masih segar. Kedua pakan ini sangat bagus dikombinasikan supaya louhan srd lokal atau ori anda bisa menghasilkan warna dan jenong yang memuaskan. Jenis Louhan Bonsai

Untuk pakan keseharian saja bisa menggunakan pelet okiko platinum dan dikombinasikan dengan cacing beku. Agar kondisi ikan tetap sehat, pemberian pakan jangan terlalu berlebih sehingga menimbulkan sisa. Sisa makanan ikan yang tidak termakan akan menimbulkan banyak bakteri sehingga beresiko dengan kualitas air dan berujung kesehatan ikan. 

Sedikit tips ketika anda sudah menemukan calon ikan yang mau diprogress untuk kontes supaya cepat besar gunakanlah pakan hewani seperti cacing beku dan udang yang masih segar. Ketika sudah memiliki tubuh yang berukuran ideal barulah kita berikan pakan pelet okiko atau Extreme red supaya warna merahnya benar-benar maksimal. 


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya