Louhan Kamfa F3 F2 Ciri-Ciri Ori atau Lokal dan Progressnya

 Di Indonesia ikan hias louhan sangat populer di tahun 2000 an dan paling banyak peminatnya adalah jenis kamfa f3 atau f2 lokal ataupun ori Thailand. Saat itu harga ikan ini bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Hal tersebut dikarenakan ikan louhan banyak yang meyakini membawa hoki, keberuntungan, keberkahan, keselamatan dan kemakmuran sesuai dengan keyakinan orang China. 

Ikan louhan kamfa merupakan termasuk ikan agresif atau galak dibanding jenis ikan louhan lainnya. Untuk memmelihara ikan ini sangat bagus menggunakan air bersih atau air lama yang sudah diendapkan / didiamkan minimal 1x24 jam dengan suhu air mencapai 26 sampai 28 derajat celcius.

Sebenarnya apasih artinya dari F1, F3, F2 dan lainnya? Dari Huruf F tersebut artinya adalah filial atau garis keturunan. Jadi seperti ikan simbilum, yang merupakan ikan jenis ras murni atau belum ras hybrid yang merupakan neneknya kamfa atau cikal bakalnya jenis kamfa. Kemudian ikan simbilum cross dengan louhan dan  menghasilkan keturunan yang dinamakan F1. Dan F1 ini model-modelnya masih dominan dari ikan simbilum terlihat seperti louhan kuno dengan mutiara sangat sedikit, Tapi kalau masalah warna jenis ikan F1 dijamin lebih bagus. Keindahan ikan louhan bonsai

Untuk F2, bisa dengan F1 kita breeds dengan ketemu kamfa atau cencu dan keluarlah F2. Ciri F2 ini biasanya memiliki mata yang putih dan mutiara pada tubuh yang besar-besar. Tubuh Ikan F2 ini sudah sangat dominan menjurus ke ras kamfa.

Louhan kamfa f3 lokal


Kamfa F3 merupakan hasil persilangan dari jenis kamfa F2 dengan louhan jenis lain. Dan kamfa F3 merupakan ras yang bisa dibilang sudah tidak lagi kamfa, bahkan sering tubuhnya dominan cencu. Untuk memnggolonkanya bisa dilihat dari bentuk dominan acecoris tubuhnya, kalu masih menjurus kamfa bisa disebut kamfa f3. Kalu di Thailand untuk menghasilkan F3 mongkol, mereka menyilangkan antara pejantan jenis SRD atau SRM dengan indukan betina jenis F2. 

Ciri-ciri Ikan Louhan Kamfa F3 

ikan louhan kamfa f3 f2 ori



Untuk mengetahui di pasaran atau di toko ikan hias saat mau membeli jenis f3 ini sebaiknya mengetahui beberapa ciri yang khas agar tidak keliru. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah :

1. Memiliki ukuran bibir lebih kecil

Kalau kita bandingkan dengan jenis louhan cencu, ukuran bibir milik kamfa terlihat lebih kecil. 

2. Bentuk tubuh dominan menyerupai kotak

3. Memiliki sirip dan ekor yang kaku atau keras, bentuk ekornya seperti kipas

4. Mata louhan kamfa yang berkualitas biasanya berwarna kuning keputihan berbentuk kecil dan cekung


Progress Ikan louhan kamfa F3 cepat Jenong

Louhan kamfa f3 f2 lokal



Biasanya ketika ikan kecil masih berukuran 4 sampai 5 cm, jenis ini warna dan mutiara sudah terlihat bagus, dan jenong kepala sudah mulai nampak. Untuk membuat ikan jenong, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Faktor tersebut diantaranya, :

- Genetik Ikan

Jika gen ikan tersebut sudah tidak merah, mutiara tidak bagus dan jenong keturunannya juga sangat sulit besar, maka tentu saja untuk memaksimalkan jenong tersebut agak kesulitan.

- Pakan 

Pakan merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jenong louhan. Saat ini sudah banyak fariasi pakan yang mampu memaksimalkan dari jenong atau warna louhan. Makanan ikan louhan tersebut diantarannya bisa pakan hewani atau pabrikan. Pakan hewani yang bagus bisa dari ulat hongkong. cacing beku, dan udah segar.  

- Menjaga tingkat stress ikan

Semua tahu kondisi stress bisa membahayakan ikan itu sendiri, dari tidak mau makan, tumbuh berbagai penyakit dan kematian. Stress pada louhan sangat berpengaruh terhadap keindahannya dari warna bisa menjadi hitam sampai jenongpun tak mau tumbuh. Agar tidak stress bisa kita terapkan fariasi pemberian pakan atau selingan biar tidak jenuh. Menjaga kebersihan air, dan menghindari jenis ikan yang lebih dominan dalam atau sebelahan dengan tank aquarium.


Sebenarnya cara memaksimalkan ikan louhan kamfa f3 ori atau f2 yang sangat populer digemari bisa diawali seleksi ikan saat masih burayak. Dengan demikian perawatan atau progres kedepannya bisa lebih mudah untuk memaksimalkan entah mutiara, warna ikan atau jenong kepalanya.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya