Jenis Kura Kura Air Tawar Dan Harganya Di Pasaran

Reptil air tawar yang sangat unik dipelihara adalah jenis kura kura hias yang dijual secara legal dipasar bebas dengan harga bervariatif. Nama latin reptil ini adalah Testudinata atau Chelonians dengan ciri fisik yang familiar. Sangat mudah dikenali dengan tempurung atau cangkang keras di punggung sebagai rumahnya atau pelindung tubuh apabila terdapat ancaman. 

Saat ini ada kurang lebih 20 jenis kura-kura yang legal untuk diperjualbelikan baik kura-kura darat ataupun air. Untuk jenis kura-kura yang banyak diperjual belikan dengan harga murah, adalah jenis Brazil. Biasanya untuk anakan bisa diperoleh dengan harga berkisar Rp 20.000,- sampai Rp 30.000,- saja per ekornya. Dan untuk jenis Brazil berumur dewasa dijual dengan harga Rp 80.000,- hingga Rp 150.000,- per ekornya.

Akan tetapi kali ini saya tidk akan membahas tentang kura-kura brazil saja, melainkan akan membahas berbagai jenis kura-kura beserta harganya. Harga kura-kura biasanya dibedakan berdasarkan ukuran, dan jenisnya selain itu, harga kura-kura disetiap daerah dan setiap bulannya harga tidak bisa stabil. Harga kura-kura bisa terpengaruh berdasarkan stok dari pembudidaya ataupun jumlah permintaan di pasaran dalam dan luar negri.. 

Review Harga Dan Jenis Kura Kura Air Tawar 

1. Kura-kura Brazil

Jenis kura kura air tawar


Seperti dan sesuai namanya, kura-kura ini berasal dari negara Brazilia, Amerika Selatan. Akan tetapi kali ini kita tidak susah payah membelinya di negara Brazil karena sudah banyak pembudidaya yang berhasil mengembangkannya di Indonesia. Ciri khas jenis ini adalah ketika masih anakan, akan berwarna hijau cerah dan saat beranjak dewasa akan berubah warna menjadi coklat kehitam-hitaman. Haraga yang umum di pasaran seperti yang saya tulis diatas berkisar antara Rp 30.000,- sampai dengan Rp 150.000,- per ekor. 

2. Sulcata

Sulcata turtle


Selain kura-kura Brazil, jenis yang satu ini juga sudah banyak ditemui di Indonesia karena keberhasilan para pembudidaya dan diperjualbelikan secara legal. Sulcata berasal dari benua Afrika, mampu tumbuh hingga berukuran 90 cm dengan usia mencapai ratusan tahun. Harga kura-kura Sulcata baby tergolong lebih mahal dibandingkan dengan harga jenis Brazil. Biasanya dipasaran dibandrol dengan harga Rp 1.750.000,- sampai dengan Rp 7.000.000,- per ekornya. 

3. Jenis Ambon

Jenis kura kura air tawar dan harganya


Sesuai dengan namanya, jenis ini berasal dari daerah Ambon dan memiliki nama lain yaitu kura-kura batok. Disebut batok karena bentuk dan corak warna dari tempurungnya mirip dengan batok kelapa. Di pasaran dijual dengan harga lumayan mahal karena belum banyak yang berhasil membudidayakannya. Harga kura-kura ambon berkisar antara Rp 120.000,- sampai Rp 350.000,- per ekor.

4. Emys 

emys turtle

Jenis tanaman aquascape tanpa Co2

Sama halnya dengan kura-kura Ambon, jenis ini banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia dan Asia. Jenis ini merupakan salah satu jenis kura-kura darat, artinya sebgaian hidupnya dihabiskan di daratan. Ciri khas jenis Emys memiliki warna tempurung coklat kehitaman. Harga belinya saat ini masih tergolong mahal, biasanya antara Rp 200.000,- sampai Rp 800.000,- per ekornya. 

5. Aldabra

Aldabra turtle


Berasal dari daerah Aldabra dan merupakan jenis kura-kura terbesar ke 2 di dunia seteah kura-kura galapagos. Ukuran jenis Aldabra bisa mencapai 1,2 meter, dengan berat badan bisa mencapai raatusan kilogram. Ciri khas kura-kura ini memiliki cangkang berwarna hitam dengan leher yang panjang. Harga jenis Aldabra merupakan trmahal dibandingkan jenis yang lainnya. Untuk harganya per ekor dipasaran antara 25 sampai 40 jt. 

6. Leher Panjang

Leher panjang


Sama halnya dengan kura-kura ambon, jenis ini juga berasal dari Indonesia dan juga sering disebut dengan sebutan kura-kura leher ular. Akan tetapi jenis ini sangat susah ditemukan di habitat aslinya, ini karena disebabkan banyak orang yang berbondong-bondong untuk memburunya. Tapi saat-saat ini banyak orang yang sadar dan berusaha untuk membudidayakannya. Untk harga jenis ini bisa dibeli dengan kisaran harga antara Rp 250.000,- sampai Rp 1 juta per ekor. 

7. Kura-kura Daun 

Cangkang tempurung Daun


Disebut dengan Daun karena bentuk tempurung dan warnanya sangat mirip dengan daun kering. Masyarakat Indonesia juga sering menyebutnya dengan kura-kura ceper karena bentuk tempurungnya yang ceper dan tidak terlalu tebal. Harganya juga tergolong mahal, mungkin dikarenakan permintaan terlalu banyak akan tetapi stoknya yang sangat sedikit. Biasanya diperjualbelikan dengan harga Rp 125.000,- sampai Rp 1.000.000,-.

8. Jenis Matahari

Matahari turtle


Meamang sesuai dengan namanya, kura-kura ini memiliki tempurung atau cangkang berwarna dan berbentuk mirip dengan matahari. Ciri khasnya memiliki tempurung yang dikelilingi seperti bentuk gerigi. Harganya tergolong mahal karena masih tergolong langka, biasanya kita peroleng dengan harga Rp 650.000,- sampai Rp 1,7 juta per ekor. 

9. Aligator

Aligator shell


Jenis ini bukan berasal dari Indonesia melainkan berasal dari Amerika serikat, tepatnya di Texas timur hingga Florida. Seperti namanya, bentuk kura-kura ini mirip dengan aligator atau buaya dengan sifat yang agresif dan bergigi tajam. Ciri khusus jenis ini ialah memiliki bentuk tempurung yang meruncing dan berwarna hitam untuk dewasanya. Untuk Aligator, di pasaran harganya bisa mencapai Rp 900.000,- hingga Rp 1,8 juta per ekor. 

10. Indian Star (Instar)

Indian Star Instar


Bisa dibilang kura-kura jenis ini merupakan tercantik dibandingkan jenis yang lainnya. Dinamakan Indian Star dikarenakan corak dari tempurungnya seperti bitang dan tempurung yang tebal. Biasanya Instar bisa diberikan pakan pelet `dan sayur-sayuran. Saat ini jenis ini sangat banyak diperjual belikan dan menjadi primadona bagi para penggemar reptil di Indonesia.Kita bisa peroleh jenis ini dengan harga Rp 1,25 juta sampai Rp 2,2 juta per ekor. 

11. Bulus 

Bulus Soft shell


Sudah tidak asing lagi di kalangan penggemarnya, jenis ini benar-benar asli dari Indonesia. Dimaksud dengan Jenis kura kura air tawar dikarenakan bulus menghabiskan waktu hidupya di dalam air. Hal tersebut dikarenakan makanan pokoknya adalah ikan dan hewan-hewan yang berada di dalam air. Harga bulus dipasaran tergolong murah dibandingkan kura-kura jenis yang lain. Karena bulus sangat banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Harganya di pasaran hanya berkisar Rp 10.000,- sampai Rp 40.000,- saja. 

Nah itu tadi merupakan kisaran harga jenis kura kura air tawar yang ada di pasaran. Kemungkinan di setiap bulannya harga tersebut bisa berubah naik mengikuti trend dan kondisi pasar. Mengingat semakin hari banyak orang yang menyukai reptil jenis ini dan dijadikan koleksi di rumahnya. 

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya