Jenis Ikan Louhan Cencu Lokal Mutiara Maksimal

 Ikan yang sangat menarik untuk kita pelihara adalah jenis louhan cencu lokal yang mudah dalam perawatan dan memprogres kedepannya. Ciri-ciri louhan jenis cencu yang identik adalah di sekujur tubuhnya dipenuhi dengan mutiara. Tapi jangan salah mengira, louhan yang tubuhnya dipenuhi mutiara bukan hanya jenis cencu saja melainkan jenis kamfa juga dipenuhi mutiara. Yang membedakan cencu dengan kamfa adalah warna mutiara pada cencu dominan hijau saja. Kalau kamfa identik konsep mutiaranya lebih bagus dengan kombinasi dengan warna merah dan kadang sampai ke bagian kepala.

Pada bagian tubuh centu dominan berwarna hijau kebiruan, dan seringnya pada bagian tengah tubuh terdapat warna hitam yaitu biasa disebut dengan marking. Jadi ketika kita melihat dua louhan atau lebih yang tubuhnya dipenuhi mutiara maka untuk membedakannya adalah warnanya. 

Pada ciri-ciri yang ke dua, ternyata ukuran tubuh louhan cencu lebih besar dibandingkan dengan louhan jenis SRD. Kalau ikan Srd memang bisa tumbuh besar, akan tetapai panjang tubuhnya tidak bisa memanjang. Sedangkan ukuran tubuh louhan cencu bisa membesar dan memanjang. 

Louhan SRD Lokal

Louhan cencu lokal mutiara maksimal


Progress Ikan Jenis Louhan Cencu Lokal


Seperti biasa dalam pemeliharaan ikan hias yang berbasic ikan kontes atau potensial kontes yang bisa menentukan tumbuh kembang dan juga kualitas adalah pemberian kualitas air. Berikan ikan hias dengan air bersih, setingan kondisi pH dan suhunya disesuaikan. Kondisi air aquarium jangan sampai menunggu terlihat kotor dan baru kita kuras. Pengurasan rutin menurut saya pribadi dilakukan seminggu sekali. Ikan louhan SRM (Super Red Magma)

 Pengurasan air yang baik bisa dilakukan seminggu sekali. Cara mengurasnya juga tidak boleh langsung dihabiskan dan ikan dipindah ke wadah khusus yang bisa berakibat membuat ikan louhan menjadi stress. 
Kuraslah dengan teknik mengurangi jumlah air dan menyisakan menjadi 30% dari kapasitas sebelumnya, kemudian di isi dengan air baru bersih. Untuk menjaga kondisi pH air menjadi tetap netral bisa menambahkan garam ikan ke dalam aquarium.

Menurut kelebihannya dari jenis ini, sebaiknya kita berikan pakan khusus yang bisa menonjolkan keindahan mutiaranya. Pakan ini banyak terjual di toko ikan hias, pelet yang cocok untuk jenis cencu adalah pelet bermerk Hoki Flower Horn. Rekomendasi dari saya tentang pakan merk tersebut karena sudah terbukti ketika louhan dikasih makanan tersebut berturut-turut selama 10 hari, mutiara lebih keluar dan warnanya lebih cerah. Pelet Hoki Flower Horn dengan berat 50 gr dijual biasanya seharga hanya Rp 17.000,- sangat bersahabat dikantong. 

Jenis ikan louhan cencu lokal



Teknik Pemberian Pakan


Untuk pakan merk terjebut dibagi menjadi dua jenis yaitu berbobot 50gr dan 100gr. Untuk yang berbobot 100gr harganya berkisar Rp 28.000,- an dan masih sangat bersahabat dibawah 30k. Apabila menghendaki kualitas louhan yang lebih bagus dengan budged yang lebih banyak, bisa kita gunakan pelet okiko dan kombinasikan menggunakan udang segar. Udang segar bisa berguna unutk membesarkan jenong kepala dan tentunya louhan sangat menyukai.

Progres ikan louhan cencu lokal



Cara pemberian pakan dilakukan secara bertahap tidak boleh langsung banyak yang bisa membuat kotor kualitas air aquarium. Ukuran bulir pelet hoki flowerhorn juga lumayan kecil, namun tidak disarankan diberikan ikan cencu yang masih ukuran kecil atau burayak.

Saat kita memiliki jenis ikan louhan cencu lokal yang masih kecil seperti burayak, pakan yang tepat digunakan adalah cacing beku. Jangan gunakan pakan pelet atau jenis lain yang bisa berbahaya untuk pencernaan si burayak. Cacing beku, bisa efektif mempercepat pertumbuhan ikan louhan kita. Ketika ikan sudah berukuran 5cm atau lebih barulah pakan pelet tepat diberikan untuk progress yang lebih baik.

Sedikit tips tambahan, untuk memprogress ikan louhan berkualitas pemberian pakan sangat berpengaruh. Pakan merupakan teknik terbaik dalam menunjukkan kualitas warna, jenong dan mutiara. Jadi seumpama anda ingin memprogress ikan tentang warna, maka pakan yang kita berikan harus pakan khusus warna terus menerus sampai warna menjadi maksimal. Kemudian barulah memprogres bagian selanjutnya misalnya jenong, setelah pakan warna sudah maksimal barulah beralih ke pakan khusus jenong. 

Louhan kamfa full mutiara



Supaya tidak salah kaprah, jangan berikan pakan secara bercampur-campur yang niatnya memaksimalkan semua progress secara instan. Hal tersebut malah menjadikan ikan tidak condong ke semua progress yang kita arahkan.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya