Ikan Sapu Sapu Albino Hias Dan Manfaatnya

Manfaat memelihara ikan sapu sapu albino sebagai ikan hias adalah pilihan yang tepat karena selain bermanfaat sebagai pelengkap ikan hias, ikan ini bisa membersihkan aquarium. Sebagian menganggap ikan ini hanya sebagai ikan pembersih saja, namun ternyata jenis yang albino bisa sangat cantik untuk kita miliki. Warna kulitnya yang berbeda dengan sapu-sapu pada umumnya yang hitam kecoklatan memang kurang menarik apabila dimasukkan ke tank kita.

Berbeda dengan jenis albino ini yang berwarna kuning keputihan sangat cocok sebagai pelengkap ekosistem di aquarimu. Pergerakan ikan ini sangat lembut dan berenang hanya sesekali saja, namun ikan ini apabila salah penangan bisa membahayakan ikan lain yang ada. Sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal sebelum memelihara ikan ini supaya manfaatnya benar-benar positif dan tidak berdampak negatif.

Jenis ikan sapu sapu albino

Jenis tanaman aquascape tanpa Co2

Tips Dalam Memelihara Ikan Sapu sapu Albino

Pastinya dalam pembuatan aquarium, kita akan memelihara ikan hias jenis lain dalam 1 tank. Penggunaan ikan sapu-sapi seringkali dibutuhkan untuk membersihkan aquarium tersebut dari kotoran lumut yang menempel di dinding kaca. Ketika kita salah menerapkan ikan sapu-sapu bisa jadi malah menimbulkan ikan hias lain yang kita pelihara. Sebelum membeli sapu-sapu albino sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut supaya aman bagi ikan hias kita :

1. Telitilah dalam membeli ikan sapu-sapu

Pemilihan saat kita mau beli ikan ini sangat diperlukan dan jangan sampai ikan sapu-sapu yang kita pilih justru membuat ikan hias kita menjadi terkena penyakit. Bisa jadi demikian karena bakteri dan jamur yang dibawa oleh ikan sapu sering ada menempel di tubuh atau siripnya. Apalagi dai dalam 1 tank terdapat ikan yang sangat membutuhkan kualitas air seperti hal nya ikan mas koki, koi, louhan dan lain-lain. Jadi intinya seleksi kebersihan bagian tubuh dan sirip ikan sapu-sapu ini, kalau perlu setelah membeli kita karantina terlebih dahulu beberapa waktu. 

2. Beli Ikan Sapu-sapu Secukupnya

Poin ini juga sangat penting untuk kita perhatikan, jumlah yang pas untuk memelihara ikan ini misalnya aquarium kita berukuran 100 x 50 x 50 cm jumlah ikan yang kita pelihara hanya 1 ekor saja. Kenapa demikian??? Tentu saja kalau kita memelihara 2 ekor atau lebih dalam ukuran aquarium tersbut mungkin dengan tempo 1 minggu, kondisinya sudah bersih dari lumut. 

Nah setelah kehabisan lumut ikan ini akan kekurangan asupan makanan, dan imbasnya akan mengejar-ngejar ikan hias di aquarium kita. Efek terburuknya seperti ikan koki menjadi stress dan mati, seringkali dijumpai sapu-sapu sampai ekstrim menyedot tubuh ikan lain atau bahkan organ tubuh bagian mata ikan. Tentunya sangat berdampak negatif apabila populasinya berlebihan dalam satu tank.

3. Perhatikan Tingkat Agresifitas 

Apabila ikan yang sudah pilih memiliki karakter yang sangat agresif, lebih baik kita pisahkan saja dengan ikan hias lain. Karena, misalnya ikan ini terlalu agresif akan membuat ikan lain menjadi terluka, lecet atau mengalami kecacatan fisik. 

4. Menjaga Keseimbangan Ekosistem Sapu-sapu Albino

Saran saya belilah ikan sapu-sapu saat kondisi ekosistem di aquarium sudah tepat, maksudnya kondisi kacanya sudah didapati banyak lumut. Dengan demikian manfaat yang kita peroleh bisa maksimal, jangan sampai saat membeli ikan ini kondisi tank sudah sangat bersih. Yang ada hanya akan membahayakan ikan lain yang ada di aquarium tersebut. 

Manfaat ikan sapu sapu albino


5. Musnahkan Jika Sudah Tidak Digunakan

Cara ini terdengar sangat sadis ya teman-teman, tapi memang harus demikian supaya tidak membahayakan populasi ikan hias yang lain. Memusnahkan bukan berarti membunuh ikan ini, kita hanya perlu menyingkirkan sementara atau membuangnya ke sungai. Tenang saja ikan ini mudah sekali beradaptasi dan hidup di kondisi air kotor sekalipun. Ambilah lagi atau membeli lagi saat aquarium sudah mulai kotor dan lakukanlah secara berulang. Mengingat harga ikan sapu-sapu albino sangat terjangkau tidak usah terlalu khawatir masalah budged. 

Penggunaan ikan sapu ini pastinya didampingkan dengan ikan hias jenis lain di aquarium, bukan hanya ikan mas koki saja, jadi cara memilih tersebut juga berlaku untuk ikan hias yang lain. Dan lagi, ukuran ikan sapu-sapu jangan sampai terlalu besar, karena tubuhnya yang keras dan kaku serta sirip yang kuat bisa membahayakan ikan yang lain di aquarium. 

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya