Perbedaan Louhan Jantan Dan Betina Analisa Yang Tepat

 Para penghobi ikan hias terutama ikan louhan sedikit share tentang cara analisa perbedaan antara pejantan dan betina yang penting untuk diketahui. Tentu saja akan lucu bagi anda yang memelihara ikan hias atau sudah menekuni sejak lama tapi belum mengetahui pejantan atau betinakan ikan yang saya pelihara. Padahal pada ikan hias louhan jenis kelamin sangat bisa berpengaruh terhadap kualitas tampilan jenong dan ukuran tubuhnya. Biasanya untuk jenis tertentu seperti SRD, Cencu, dan SRM ikan pejantan mampu menumbuhkan jenong kepala hingga maksimal. 

Nah dari kejadian tersebut akan sangat disayangkan apabila kita tidak tahu cara membedakan kelaminnya sejak beli ukuran kecil dipelihara lama namun ternyata kita pelihara jenis betina. Maka jenong kepala ikan tidak bisa tumbuh maksimal walaupun sudah kita berikan makanan ikan louhan yang khusus menumbuhkan jenong. Berbeda kalau kita memelihara ikan hias ini bertujuan untuk mengembang biakkannya, maka kelamin betina juga sangat dibutuhkan.

Cara menonjolkan jenong louhan juara kontes


Analisa Perbedaan Pejantan Dan Betina

Melihat Bentuk Ukuran Kepala Ikan

Secara umum di kalangan penggemar ikan, untuk membedakan antara kelamin yang jantan dan betina hanya dengan melihat perbedaan di bagian kepala. Untuk ikan pejantan biasanya memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibanding si betina. Namun di beberap kasus raelitanya juga bisa ditemukan louhan betina yang memiliki ukuran kepala besar. 

Perbedaan warna louhan jantan dan betina


Untuk mempraktekkan analisanya saat ikan yang memiliki ukuran sama dan usia yang hampir sama masih kecil. Kepala pejantan akan terlihat ada sedikit tonjolan jenong, namun pada kelamin betina kepalanya rata antara di bagian mulut hingga sirip atas.

Melihat Alat Kelamin Ikan (Vent) 


ikan louhan jantan dan betina


Cara ini menurut saya lebih akurat untuk menganasilsa perbedaanya. Bentuk kelamin ikan pejantan cenderung agak lancip, dan untuk si betina berbentuk oval. Namun ketika ikan betina yang belum mengalami proses bertelur, juga sedikit kesusahan untuk membedakannya karena hampir mirip dengan pejantan. 

Bentuk Perut Ikan Louhan

Pada teknik membedakan melihat bentuk perut bisa terlihat louhan betina nampak lebih besar dan lebar. Ukuran perut yang besar ini dikarenakan sebagai tempat wadah telur-telur saat siap dibuahi. Dan pada ikan pejantan terlihat perutnya berbentuk ramping dan lebih kecil. 


Marking Hitam di Bagian Sirip Atas


Perbedaan louhan jantan dan betina


Secara umum dan ini analisa saya pribadi, rata-rata dan hampir semua pada louhan betina memeliki marking warna hitam pada sirip bagian atas. tapi tidak menuntut kemungkinan juga ada yang menemukan ikan betina tidak memiliki marking hitam tersebut, namun sangat jarang terjadi. 
Pada ikan pejantang secara umum tidak memiliki warna marking hitam di bagian sirip atas terkecuali ikan jenis double marking.

Warna Ikan

Perbedaan yang sering dipakai para penghobi dan banyak yang akurat dengan melihat warna ikan. Kalau dibandingkan, rata-rata ikan pejantan warnanya lebih cerah dan kontras, pada ikan betina sedikit pudar dan tidak terlalu mencolok. Namun cara ini juga tidak 100% akurat kalau ikan tersebut sama-sama diberi pakan khusus yang menonjolkan warna. 

Karakter

Cara ini dirasa membutuhkan waktu analisa pengamatan yang teliti untuk mengetahui jenis kelaminnya. Pada pejantan sering kali nampak lebih agresif karakternya saat diberikan untul dan sebaliknya, ikan betina nampak kalem. Akan tetapi saat posisi sedang bertelur ikan betina akan menampakkan karakter yang lebih agresif.

Analisa di atas merupakan cara menentukan perbedaan louhan jantan dan betina saat ikan berukuran panjang lebih dari 5cm. Namun ketika ikan masih usia anakan atau burayak untuk membedakannya sedikit kesulitan. Kita hanya bisa mengandalkan feeling dan nantinya akan kita filter lagi ketika ukurannya menjadi lebih besar.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya