Penyebab Warna Ikan Mas Koki Pudar Di Aquarium

Kebanyakan orang yang baru pemula memelihara ikan mas koki menanyakan kenapa penyebab ikan koki warnanya menjadi pudar setelah dipelihara di rumah. Padahal sebelum kita membawa pulang, saat membeli kita sudah meilih ikan yang berwarna bagus dengan kondisi cerah. Memang ada beberapa poin penting untuk kita praktekkan dalam menjaga warna koki tersebut agar tetap tampil maksimal. Namun sebelum mencari solusinya kita juga harus mempelajari tentang berbagai penyebabnya.

Penyebab warna ikan mas koki pudar



Kurang Terkena Cahaya Matahari Langsung


Rata-rata orang memiliki aquarium diletakkan di dalam rumah yang minim pencahayaan, padahal di alam liarnya ikan koki sangat membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh kembang. Kondisi aquarium yang di dalam rumah dan berlangsung sangat lama merupakan salah satu penyebab ikan koki warnanya menjadi pudar. Dalam hitungan 3 bulan saja warna sisik, sirip dan tubuh koki mirip memucat dan kurang terpancar kecerahannya.

Solusinya kita harus memiliki aquarium atau wadah yang terletak di luar rumah, kemudian ikan koki yang berada di aquarium di dalam rumah, kita serok dan pindahkan sementara di aquarium di luar ruangan tadi. Pastikan lakukan penjemuran di pagi hari jangan terlalu lama, maksimal selama 30 menit saja. Pengalaman saya pribadi, kondisi akan bagus ketika mas koki saya jemur berkisar antara 15 sampai 20 menitan saja. 

Untuk menjaga suplai oksigen dan mengurangi stress maka, aquarium yang berada di luar ruangan kita berikan alat aerator. Lakukan penjemuran seminggu 2 kali, namun kalau memiliki banyak waktu bisa 3 kali seminggu.




Penyebab Warna Ikan Koki Pudar Faktor Pakan


Pemberian pakan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas warna si ikan mas koki kesayangan. Biasanya warna yang pudar akibat pakan karena pemberian jenis pakan yang low budget atau seadanya dan monoton. Memang pakan tersebut tidak berbahaya bagi si koki kalau diberikan secara monoton, namun kebanyakan sangat berpengaruh terhadap warnanya. 


Solusi dari hal tersebut tentu saja kita berikan jenis pakan yang berkualitan dan pengkombinasian pemberiaanya. Misalnya untuk mempertahankan warna hitam kita berikan jenis pakan Black Darker Than. Memang harga dari merk tersebut agak lumayan tapi sudah terbukti kualitasnya. Untuk menutupi over budget kita bisa selingi dengan pakan standar yaitu Agaru dan yang lebih murah lagi Takari.

Selangselinglah pakan pabrikan tersebut, dan bisa juga pemberian pakan alami yaitu cacing beku. Cacing beku sangat tinggi kandungan nutris dan vitamin untuk ikan koki, sehingga sangat pas untuk mempertahankan kecerahan warna ikan koki. Untuk memaksimalkan lagi, kita bisa berikan makanan dari racikan sendiri untuk mempertahankan warna koki.

Kurangnya Pencahayaan

Pencahayaan di dalam aquarium memang sangat besar pengaruhnya. Cahaya lampu bisa menggantikan cahaya matahari walaupun tidak sebaik matahari secara langsung. Kurangnya pencahayaan, maka dalam waktu yang lama otomatis warna koki menjadi tidak cerah lagi. 

Solusinya kita berikan lampu dengan pencahayaan yang baik. Untuk ukuran besaran watt nya bisa kita sesuaikan dengan ukuran aquarium yang kita miliki. Lampu tersebut juga akan mempercantik tampilan aquarium selain dari sebagai penerangan saja.


Penyebab warna ikan koki pudar



Masalah Genetik 

Kalau penyebabnya dari poin yang satu ini, mungkin dari berbagai cara di atas tidak akan berhasil walaupun sudah kita maksimalkan. Genetik memang tidak bisa kita rubah, itu semua terjadi secara alami. Jadi solusi dari poin penyebab warna ikan mas koki pudar karena genetik memang tidak ada. Untuk menghindari ini terjadi, sebaiknya memaksimalkan memilih di toko penjual ikan mas koki jangan samapai memilih yang sudah berwarna pudar ketika masih di toko.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya