Makanan Ikan Neon Tetra Kecil Yang Bagus

 Ikan neon tetra memiliki ciri khas berwarna biru paduan merah yang menyala dan untuk mempertahankan warna tersebut membutuhkan makanan yang bagus. Keindahan ikan ini sangat pas kalu diterapkan pada aquarium model aquascape. Namun dari keindahan tersebut, ternyata banyak orang yang mengeluhkan tentang sulitnya memelihara ikan neon tetra. 

Sebenarnya ada beberapa tips agar ikan neon selalu sehat, pertumbuhannya cepat dan warnanya tetap bagus. Ikan neon merupakan ikan yang kalau hidup di alam liarnya secara bergerombol, jadi kalau kita mau memelihara baiknya membeli lebih dari 1 ekor. Kalau kita pelihara cuma 1 ekor akan membuat stress dan cepat mati. Ciri-ciri ikan neon yang stres adalah dia tidak mau makan walaupun kita kasih jenis pakan yang bagus.

Kemudian ciri ikan neon stres yang lain adalah di ujung siripnya ada bintik-bintik putih atau sering di sebut white spot. Kondisi ini akan cepat membunuh saat terjadinya stress pada ikan neon. White spot ini merupakan termasuk penyakit ikan golongan jamur. Untuk menyembuhkannya kita bisa gunakan garam ikan dan dilakukan penjemuran. 

Hal yang perlu kita ketahui juga, pencahayaan yang terang saat memelihara ikan neon sangat perlu dibutuhkan. Ketika aquascape tidak kita berikan lampu, maka dia akan stres seperti berenang kesana kemari dan bahkan seringkali menabrak kaca aquarium. Efek yang paling buruk adalah ikan akan mudah mati. 

Pemeliharaan Dan Pemberian Makanan Ikan Neon Tetra


Pakan yang terbaik untuk ikan neon tetra menurut pengalaman saya adalah dari cacing sutra atau cacing darah yang sudah dibekukan. Dengan cacing yang sudah dibekukan kemungkinan besar bakteri yang menempel pada pakan tersebut sudah mati karena sampai mencapai suhu beku. Untuk memperoleh cacing darah bisa pembelian online atau toko pakan ikan bahkan mencarinya di alam.


Peberian selain pakan alami, bisa kita berikan makanan buatan pabrikan. Untuk rekomendasi yang bagus buat si ikan neon tetra kita adalah Crystal tropical, Percill, dan Takari. Merk pakan ikan tersebut merupakan pakan pabrikan dengan harga beli yang sangat terjangkau. Biasanya bisa kita peroleh dengan harga dibawah 5k.

Kemudian untuk pakan pabrikan dengan harga di atas 5k antara lain, Pelet Micro, Mutiara Tropical, NurBit,dan RRR. Pakan ini sangat cocok untuk ikan neon yang masih berumur satu bulanan. Seperti pelet micro ini meruapakan pakan yang pas dipergunakan untuk usia ikan dua bulan ke atas. Menurut saya pakan in imasih memiliki kekurangan yaitu nutrisinya masih sedikit. Untuk mencapai nutrisi yang lebih bagus bisa kita padukan dengan harga beli yang diatasnya lagi.

Selanjutnya pakan pabrikan untuk harga kelas menengah yaitu di harga di atas 10k dan dibawah 20k. Yang pertama adalah Wonder Tropical, Pelet Udang, Baby shrimp, dan One Fish. Wonder tropical mempunyai wadah yang lumayan besar sehingga isinya lumayan banyak, cocok untuk kita jadikan pakan utama. Untuk pakan yang lebih mahal adalah Baby Shrimp dengan ukuran botol 100 ml biasanya rata-rata dijual dengan harga 15k. 


Pakan one fish ini juga recomended karena harganya juga masih terjangkau, baunya harum dan biasanya ikan neon menyukaianya. Bentuk pakan ini mirip serbuk dan sangat mudah dimakan oleh ikan neon tetra. Namun sayangnya pakan one fish untuk fungsi mencerahkan warna ikannya masih kurang maksimal.

Makanan ikan neon tetra pabrikan pada kelas premium yaitu dengan harga yang lumayan. Memang sebanding dengan harga yang lumayan, dia memeberikan hasil kualitas yang bagus. Jenis  pakan premium ini diantaranya Tetra Bits. Harga Tetra Bits dengan kemasan 30 gram biasanya dijual di atas 30k bahkan anda yang menjualnya 50k. Menurut berbagai testimoni, tetra bits dari dulu memang bagus kualitasnya sangat cocok buat anda yang ingin menggunakannya. 

Pakan premium yang hampir sama juga dengan Tetra Bits adalah Vibra Bites. Untuk ukuran 30 gram harganya juga di atas 30k. Yang terakhir adalah O.Range, pelet ini tergolong baru ya, soalnya dulu pelet ini memang belum ditemui di pasaran. Kemasan 500gr harganya sekitar 200k dan terasa memang menguras dompet. Dari berbagai review di media sosial, pakan ini banyak yang mendapat penilaian bagus. 

Selanjutnya adalah merk Pelet MEM, dan POLAR RED. pakan tersebut bisa digolongkan dengan pelet harga mahal ya teman-teman. dari bobot 0,5 kg harganya diatas 200k. Biasnya di toko, pakan ini di repack ulang dengan kemasan 4gr harganya 10k. 

Pakan Yang Bagus Kondisi Kecil Dan Warna Cerah


Dari semua pakan di atas, pakan yang sering saya pakai hanya ada 4 diantaranya :

Pakan bagus untuk warna ikan


Makanan Ikan Aquascape

Makanan ikan neon tetra

Pakan terbaik ikan neon tetra


 
- Tropical : Pakan ini cocok untuk pembesaran, karena harganya tergolong murah dan jumlahnya sangat banyak. Ikan neon tetra juga sangat menyukainya

- Vibra Bites : Berdasarkan bentuknya mirip cacing, jadi banyak ikan kita yang menyukainya bahkan selain neon.

- Pelet MEM : Penggunaan pakan ini saya gunakan untuk mengejar kualitas warnanya

- O.Range : Sama dengan MEM saya gunakan untuk menjaga kualitas warnanya.

Berdasarkan berbagai golongan pakan di atas, sebenarnya bisa gunakan sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan kita. Untuk mengurangi kekurangan dari kualitas atau harga, pemberian makanan ikan neon tetra kecil yang bagus bisa kita lakukan kombinasi. 

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya