7 Makanan Ikan Mas Koki Agar Warna Cerah Dan Cepat Besar

 Pemberian makanan untuk jenis ikan mas koki agar memiliki warna cerah dan tumbuh cepat besar wajib kita perhatikan. Bagi anda yang menggeluti hobi memelihara ikan koki pakan merupakan komponen penting untuk keberhasilan anda. Misalnya untuk memprioritaskan pertumbuhan, kita fokuskan tentang pakan pertumbuhan. Dan apabila untuk menonjolkan keindahan warna, maka kita juga harus menonjolkan pakan jenis tertentu.

Ikan mas koki merupakan salah satu yang termasuk dideretan jenis ikan terfavorit untuk dipelihara. Jenis-jenis ikan ini juga sangat banyak, sehingga collector tidak mudah bosan dalam memeliharannya. Pakan yang kita berikan harus benar-benar diperhatikan agar tetap sehat. Apabila salah dalam pemberian jenis pakan dan cara memberikan makanan akan sangat berdampak pada kesehatan ikan koki anda.

Warna cerah ikan mas koki


Cara tepat memelihara ikan koki di aquarium

Apabila mencari pakan yang bersumber dari alam akan sangat banyak kita jumpai, seperti cacing, jentik nyamuk, sayur-sayuran seperti slada, brokoli, kangkung  dan lain-lain. Selain pakan alami kita juga bisa memilih dari pakan pabrikan dengan berbagai merk. Ikan koki memiliki karakter yang sangat bagus untuk dipelihara karena tidak memilah-milah pakanan yang diberikan. Dengan karakter tersebut kita tidak khawatir akan terjadinya sisa pakan yang tidak termakan oleh ikan dan menjadi sampah aquarium. 

Sampah pakan di aquarium apabila dibiarkan dantersaring oleh sistem filter akan berakibat tumbuhnya berbagai penyakit mematikan ikan koki. Penyakit yang bermunculan ini bersumber karena menurunnya kualitas air akibat sampah pakan yang menjadikan banyak bakteri dan jamur berkumpul. 

Jenis Makanan Untuk Ikan Mas Koki Agar Warna Cerah Atau Hitam

Biasanya pada musim penghujan seperti ini, kita harus benar-benar menjaga kondisi kesehatan ikan. Pada musim hujan juga kebanyakan ikan koki akan sedikit terkena cahaya sinar matahari sehingga berdampak dengan pancaran warnanya. Warna ikan yang tidak terkena cahaya matahari akan menjadi lebih kusam dan pudar. 

Pakan yang sangat berpengaruh terhadap warna ikan koki kita berwarna hitam seperti jenis koki oranda tri colour yang memiliki 3 warna yang sangat riskan. Apabila kita salah memberikan jenis pakan, maka warna hitamnya tiba-tiba bisa menghilang. Pakan yang kita terapkan berusaha untuk mempertahankan warna lain dan menonjolkan warna hitamnya agar tidak pudar.

Cara Membedakan Ikan Koki Jantan Dan Betina

Pakan pabrikan yang bagus untuk menonjolkan warna saya biasa berikan adalah bermerk Black Darker Than. Saat itu harga pakan tersebut tergolong lumayan, dari 350 gr harganya mencapai Rp 85.000,-. Untuk mengakalinya saya berikan pakan pelet selingan dengan merk Agaru. Agaru merupakan pakan sejuta umat banyak yang merekomendasikan pakan jenis ini karena harganya tergolong murah namun kualitas yang sudah lumayan. Kemudian masih kita tambahkan lagi selingan dari pakan racikan sendiri.

makanan ikan mas koki agar warna cerah


Makanan ikan mas koki agar cepat besar


Dekorasi aquarium ikan koki dengan pasir dan batuan


Pemberian Pakan Racikan 

Pakan racikan saya buat bertujuan untuk menggemukkan atau mempercepat tumbuh besar. Bahan yang saya pakai adalah telur, susu bubuk, air, dan pelet halus. Pelet halus ini adalah hasil blender dari pelet yang tadinya kita beli berbentuk bulat-bulat. 

Cara pembuatannya kita sisapkan dahulu wadah untuk mengkomposisikan bahan tersebut. Tahap pertama kita kocok telur hingga halus. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bagus untuk pertumbuhan ikan koki, jadinya kita pakai.

Tahap selanjutnya masukkan susu bubuk ke wadah berisi kocokan telur tadi. Susu bubuk yang dipakai bisa dari susu bubuk anak, orang dewasa atau susu jenis lainnya untuk hewan ternak. Kemudian kita campur dan masukkan pelet halus yang kita siapkan tadi. Tuangkan air dan aduk-aduk hingga merata.  Bahan tersebut bisa anda tambahkan dari sayuran brokoli yang sudah direbus dan juga daging udang untuk menambah nilai kandungan gizinya. 

Setelah tercampur rata adonan yang kita buat, maka kita lanjutkan untuk rebus atau di kukus. Gunakan api sedang hingga 30 menitan. Setelah matang, pakan racikan kita potong-potong seperti dadu. Untuk menguji doyan atau tidaknya bisa langsung berikan terhadap ikan. Kalu pengamalan saya sih ikan saya sangat menyukai pakan racikan sendiri ini. Terbukti makannya sangat lahap dan tepat untuk mepercepat ukuran menjadi besar.

Praktek Cara Pemberian Pakan Yang Tepat

Untuk memperoleh hasil maksimal memperoleh ikan koki warna cerah dan tumbuh cepat besar, maka selama 2 hari pakan Black Darker Than. Pemberianya harus dilakukan sesuai aturan dan jangan berlebihan yang berakibat ikan mas koki bisa mati mendadak akibat kekenyangan. Dan di hari ke 3 kita berikan pakan Agaru. Pakan Agaru ini kita berikan untuk juga mempertahankan warna lain seperti putih , orange, merah atau kuning. 

Yang ke 3 pakan racik, pemberian pakan racikan. Pakan ini sebenarnya bisa kita bebas dalam pemberiannya bisa setiap hari, namun diberikan pada waktu malam. Pakan racik ini memiliki protein dan kalsium yang tinggi sangat bagus untuk pertumbuhan ikan. Maka dari itu kita berikan setiap hari diwaktu malam dan pagi hari. 

Perlu di ingat pemberian pakan Black Darker Than merupakan pakan yang tidak bisa merubah gen si ikan. Jadi kalau koki anda berwarna tidak ada hitamnya jangan berharap setelah dikasih pakan tersebut makan akan muncul warna hitam. Makanan ikan mas koki tersebut di atas memang diberikan agar warna menjadi cerah dan ukuran menjadi mudah besar. Apabila untuk perubahan gen atau warna kulit ikan bisa dilakukan dengan persilangan.


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya