Makanan Ikan Louhan Biar Cepat Jenong Dan Merah Sejak Kecil

 Banyak diantara kita penghobi ikan hias louhan yang masih penasaran makanan jenis apakah yang efektif biar jenong dan warna merahnya bisa keluar sejak usia kecil. Di bawah ini berdasar dari pengalaman pribadi tentang keseharian dan kesetiaan dalam memelihara louhan  pemberian berbagai pakan. Dengan perawatan rutin tersebut saya menjadi mengetahui kekurangan dan kelemahan dari masing-masing jenis pakan yang saya berikan. 

Pemberian pakan terbaik yang share di sini adalah menurut pengalaman pribadi, jadi kalau ada perbedaan pendapat ada kekurangan jangan diterapkan pada ikan louhan peliharaan teman-teman. Dulu saya pernah memberi ikan saya dengan pakan hewani, yaitu cacing tanah hampir berjalan 1 tahunan. Dari pakan ini ternyata pertumbuhannya bisa lebih cepat. Namun dengan saya memberikan cacing tanah perubahan warna tidak menjadi terlalu mencolok atau tidak menjadi bagus. 

louhan jenong bagus


Jenis Pakan Ikan Louhan Biar Cepat Tumbuh Jenong dan Berwarna Merah

Kemudian pakan hewani lainnya adalah jangkrik. Jangkrik merupakan pakan yang sangat disukai louhan, pertumbuhannya jauh lebih cepat dibandingkan kalau kita beri dengan pakan pabrikan atau pelet. Kelemahan dengan pakan jangkrik yang diterapkan secara terus menerus adalah menjadikan warn ikan menjadi hitam. Jenis jenis ikan molly

Pelet Biasa

Selanjutnya saya berikan pakan pelet biasa. Pelet biasa yang saya maksud adalah pakan ikan yang dijual di toko ikan hias harganya paling murah. Biasanya pelet ini dijual dengan diberikan pewarna merah, coklat atau kuning. Ikan kalau diberi pelet biasanya selera makannya akan turun, malah seringkali pakan ini hanya mengotori aquarium dan menurunkan kualitas air saja. Ikan memakan pelet biasa dari pengamatan saya hanya untuk sekedar bertahan hidup. Pemberian pakan ini secara terus menerus atau keseharian tidak menjadikan warna menjadi cerah ataupun pertumbuhannya tidak menjadi cepat.

Ulat Hongkong

Makanan bahan hewani jenis ini ternyata tidak cocok diberikan pada ikan yang berukuran kecil. Mulut ikan louhan yang kecil akan kesulitan menelan ulat hongkong. Sebenarnya ulat ini kaya akan nutrisi dan gizi yang baik bagi pertumbuhan ikan. Warna ikan juga akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan pakan hewani lainnya seperti cacing dan jangkrik. Namun warna tersebut masih kurang istimewa hasilnya dan perlu lagi kita berikan pakan tambahan. Kesenangan saya menggunakan pakan bahan ini karena harganya yang murah dan sudah bisa mendapatkan jumlah yang banyak, ramah di kantong.

Pakan Udang

Pemberian udang segar yang baru dibeli dari pasar ikan dan dipotong-potong sesuai ukuaran mulut ikan ternyata hasilnya sangat menjanjikan. Pertumbuhan ikan akan menjadi lebih cepat, warna alami sisik ikan juga sangat bagus cantik natural. Ternyata pakan ini juga mampu memaksimalkan pertumbuhan jenong louhan sejak kecil. Namun ada permasalahan yang saya anggap serius, yaitu mahal.....Memang tidak dipungkiri harga udang dipasaran selalu naik dan apabila kita jadikan makanan ikan louhan secara pokok akan berimbas pada kantong dompet kita. Namun bagi anda yang berkantong tebal saya rekomendasikan pakan ini, karena pengalaman saya merupakan bahan pakan jenis hewani terbaik. 

ikan louhan kecil terbaik


Cacing Beku 

Seperti namanya, bahan pakan ini adalah cacing yang sudah dibekukan dan harus selalu ditaruh di freezer agar kondisinya tetap baik. Pakan ini sering saya pakai karena sangat digemari ikan louhan dari ukuran kecil hingga dewasa. Pakan cacing beku terbukti mempercepat pertumbuhan serta bisa membantu untuk keburan dari budidaya ikan louhan. Soal harga, cacing beku sangat ramah dikantong sekitar Rp 15.000,- per kotaknya. Kekurangan dari pakan ini ketika kita salah saat membeli warnanya sudah tidak merah bahkan sudah berubah menjadi hitam, tandanya sudah kadaluarsa. Ketika diberikan bisa membuat ikan menjadi keracunan dan mati. Makanan untuk ikan mas koki berwarna cerah

Makanan Dari Pelet Okiko 

Pakan louhan okiko terbaik


Pelet ini merupakan pelet yang dibuat khusus untuk ikan louhan dan bisa dibilang pakan yang populer dibeli para penghobi. Harganya hanya berkisar Rp 32.000,- an saja. Pelet ini terbagi menjadi berbagai jenis tergantung spesifikasinya. Ada yang khusus untuk menumbuhkan jenong, menumbuhkan warna mutiaranya, ataupun untuk membuat louhan menjadi warna merah nampak cerah dan indah. Hasil yang dijanjikan pelet jenis ini memang sudah terbukti nyata, namun dengan tempo pemberian tidak instan harus lama baru terlihat perubahannya. Jenis ikan hias Channa Maru

Pelet Extreme Red Louhan  

Makanan ikan louhan biar cepat jenong dan merah


Untuk kalian penghobi louhan yang mengarah untuk menonjolkan warna tubuh menjadi merah cerah sangat tepat menggunakannya. Karena sudah saya buktikan sendiri, louhan saya yang berwarna pudar biasa saja setelah 2 minggu pemakaian menggunakan pelet ini progres warna tubuhnya berubah menjadi merah seluruh tubuh terutama bagian ekor. Pada jenong ternyata menggunakan pakan ini juga ikut tumbuh namun tidak sesignifikan perubahannya seperti pada warna merahnya.

Ukuran pelet tergolong medium dan bisa diberikan pada ikan yang berukuran 8 cm. Untuk memberikan ikan louhan yang berukuran kecil 3 cm an, bisa dilakukan dengan cara menumbuknya terlebih dahulu. Kekurangan dari pakan ini menurut saya adalah hanya harganya yang lumayan mahal. Biasanya dijual dengan harga berkisar Rp 85.000,- an sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. 

Dari berbagai jenis makanan ikan louhan biar cepat jenong dan merah bisa digolongkan menjadi 3 yaitu:

1. Kalau anda yang memiliki uang yang cukup banyak bisa berikan pakan udang segar dan dikombinasikan dengan cacing beku diselingi dengan pelet extreme. Maka kemungkinan besar ikan louhan anda akan menjadi sangat bagus dengan jenong besar dan berwarna merah meronah.

2. Bagi kalian yang berkantong medium, bisa berikan ikan dengan pakan pelet extreme red dan untuk lebih irit lagi bisa berikan pelet okiko saja. Dan ketika menginginkan ikan tumbuh cepat besar harus diselingi cacing beku.

3. Bagi yang berkondisi Low Budged bisa berikan ikan dengan pakan pelet okiko saja, kalau ada rejeki bisa diberikan selingan pakan alami seperti cacing beku.

Ikan louhan juara kualitas terbaik


Dari review di atas bisa andan pilih mana yang cocok diterapkan pada ikan kalian. Memang penggunaan jenis pakan akan sangat besar pengaruhnya terhadap keindahan louhan yang anda arah. Semoga bermanfaat, terimakasih.



Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya