13 Jenis Ikan Molly Harga Termahal

 Jenis ikan molly yang dimulai  dari harga termurah sampai dengan harga termahal memang sangat banyak macamnya. Namun pada kesempatan kali ini, kita mencoba berbagi tentang beberapa jenis ikan molly yang populer di kalangan penghobi. Ikan ini dalam pemeliharaan dan pembiakannya tergolong sangat simpel dan mampu menghasilkan puluhan anakan dalam satu kali proses pemijahan. Dengan demikian banyak orang yag sangat berminat untuk mencoba membudidayakannya.

Sebelum memulai budidaya alangkah baiknya kita pilih jenis-jenis ikan ini berdasarkan klasifikasi harga jualnya. Namun harga jual yang saya share tidak bisa dijadikan patokan pasti, mengingat perbedaan daerah atau kondisi pasar yang berbeda-beda. Kita hanya bisa menampilkan perkiraan harga yang relevan berdasarkan pengetahuan kami saja selama ini. 

Cara membedakan ikan molly jantan dengan betina

Macam dan Jenis Ikan Molly Harga Jual Termahal

Dari beragam jenis ikan molly ini, namun cara pembudidayaannya tetap sama. Masih tergolong ikan ramah di kantong dan mudah perawatannya. Di bawah ada beberapa macam jenis yang bisa kita temui di pasaran ikan hias air tawar :

Jenis Black Molly
Jenis ikan molly termahal



Jenis ini sangat populer dan menjadi primadona ikan hias di Indonesia. Warna tubuhnya sangat sesuai dengan penamaannya yaitu hitam pekat dan mengkilap yang sangat cantik dan unik berbeda dengan jenis-jenis yang lain. Di pasaran harga jualnya umum ditemui berkisar antara Rp 2.000,- sampai Rp 10.000- per ekor. 

Molly Balon 


Dikalangan pecinta ikan hias, ikan molly balon tergolong paling populer diminati. Bentuknya yang lucu dengan perut membuncit mirip balon sangat imut di jadikan koleksi. Di toko ikan hias biasanya dijual dengan harga Rp 2.000,- sampai Rp 3.000,- per ekor. Saat sedang hamil, ukuran perut ikan molly ukurannya nampak lebih membesar dan seperti bola. Perut ikan molly yang hamil biasanya terdapat bakalan anakan mencapai puluhan ekor. 

Golden Molly

Golden Molly


Jenis ini merupakan tergolong yang cukup langka, warna tubuhnya secara keseluruhan terlihat keemasan yang sangat indah. Harga jualnya mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 25.000,- mungkin setara dengan jenisnya yang jarang ditemui di toko ikan hias. 

Molly Golden Black 

Golden black moli



Dengan kisaran harga hampir sama dengan jenis sebelumnya, yaitu Rp 10.000,- sampai Rp 25.000,- ikan ini memang dirasa sesuai dengan keindahannya. Warna tubuh ikan ini yaitu Keemasan dengan variasi ada bintik-bintik hitam yang seperti membentuk pola pada bagian separuh tubuh.

Molly Marble

Ikan Marble



Maeble juga sangat populer diminati penghobi ikan hias, harganya tergolong sangat murah yaitu berkisar Rp 2.000,- per ekor saja. Ikan ini merupakan dari hasil perkawinan silang dan akhirnya menghasilkan jenis marble. Nama marbel sendiri berasal dari corak warna tubuh fisik yang sangat menarik, yaitu dengan warna dominan putih kemudian ada bercak hitam di dalamnya.

Silver Molly 

Moli silver



Sesuai dengan namanya, warna tubuh jenis ikan ini yaitu silver di sekujur tubuhnya tanpa ada bercak warna apapun. Warnanya sangat indah bila terkena pantulan sinar lampu aquarium seperti memantulkan cahaya. Biasanya ikan jenis ini dihargai Rp. 2.500,- sampai dengan Rp 10.000,- per ekornya.

Lyretail Molly

Lyretail moli



Ciri khusus dan mudah diingat jenis ini yaitu terdapat pada bentuk sirip ekornya yang meruncing dan membentuk huruf U. Keunikan tersebut menjadikan jenis ini menjadi sulit ditemui dan termasuk golongan ikan molly harga termahal. Harganya bisa mencapai antara Rp 25.000,- sampai Rp 50.000,- per ekor.

White Pot Belly Molly

Jenis yang satu ini merupakan termasuk jenis yang sangat unik. Keunikannya terletak pada ukuran tubuh sama bulat dengan yang lainnya namun ukurannya sangat mungil. Jadi ikan ini merupakan jenis molly yang ukurannya bisa dibilang paling kecil, dijual dengan harga berkisar Rp 25.000,- sampai Rp 50.00,- per ekornya.

Sailfin Moly

Sailfin moli



History ikan ini berasal dari sungai San Antonio Texas. Keberadaan ikan hias ini sangat dicari para penggemarnya di Indonesia. Ikan Molly jenis ini cirinya memiliki sirip bagaian atas punggungnya yang berukuran lebar dan besar dengan ujungnya yang memiliki warna. Harganya bisa didapatkan berkisar Rp 5.000,- per ekor

Yukatan Molly 

Jenis yukatan



Ikan ini berasal dari Yukatan Venezuela dan masih tergolong mirip dengan jenis Sailfin. Ukuran tubuh ikan ini maksimal panjangnya 12 cm saja. Ikan jenis ini berwarna merah ada sedikit warna putih pada bagian perutnya. Sirip atasnya juga berwarna lebar menambah kecantikannya. Harga di pasaran yukatan molly biasanya Rp5.000,- sampai Rp 50.000,-. 

Wild Green Sailfin Molly 

Seperti dengan namanya, ikan ini masih tergolong dengan sailfin molly dan berasal dari benua Amerika Tengah. Wild Green Sailfin molly merupakan jenis yang berukuran terbesar dan menghuni danau Peten di Guatemala. Ukuran pejantantannya bisa mencapai lebih dari 15 cm dan untuk si betina bisa mencapai ukuran yang lebih besar lagi. Harga jenis ini ialah Rp 5.000,- samapai Rp 15.000,-

Liberty Molly 

Harga jualnya di kalangan penghobi antara Rp.10.000,- sampai Rp 20.000,- per ekornya. Liberty molly merupakan tergolong dari shortin molly yaitu bersirip pendek. Jenis ini berasal dari Elsavador dengan ukuran tubuh hanya maksimal 8cm. Kekurangan dari jenis ini ialah dari sikapnya yang terlalu agresif, biasanya ia suka menggigit sirip ikan jenis lain di aquarium. Sehingga peminatnya tidak terlalu banyak untuk dipelihara karena bisa merusak populasi ikan molly yang lain.

Molly Hybrids

Ikan molly Hybrids merupakan jenis yang bisa dibilang harga termahal, bisanya dibandrol antara Rp100.000,- hingga Rp500.000,- per ekornya.  Kemahalan ikan jenis ini dikarenakan dari perkawinan silang atau crosss brids antara sepesies. 

Dari berbagai jenis ikan molly termahal dan harga terendah bisa menjadikan di atas bisa anda jadikan reverensi untuk pemeliharaan basic hoby ataupun untuk budidaya. Yang pasti ikan ini sangat cantik dan lucu untuk kita jadikan koleksi penghias aquarium kita. 

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya