9 Jenis jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk Fisik Visual

Ikan mas koki memiliki sejarah panjang, dahulunya ikan ini merupakan spesies ikan mas biasa (Carassius Auratus). Jenis ikan ini merupakan salah satu ikan yang pertama kali berhasil di domestikkan, atau dipelihara/dibudidaya.Sejak ribuan tahun yang lalu orang Tiongkok kuno sudah mengawali dalam memelihara ikan mas koki ini. Pada habitat asli alami pada jaman dahulu ikan ini hanya memiliki warna kelabu atau perak, namun ternyata ada beberapa jenis yang memiliki kecenderungan mengalami mutasi warna. Sehingga berkembanglah banyak menemukan ikan ini menjadi warna jingga, merah, putih dan kuning. Pada era tersebut pertama kali dicatat saat periode dinasti jin (265-420).

Ikan mas koki memiliki variasi  yang luar biasa seperti dari ukuran tubuh, bentuk tubuh, susunan sirip, dan variasi warna. Karena kepopulerannya ikan koki merambah ke Jepang, di negri inilah perkembangan ikan mas koki menjadi sangat pesat. Di Jepang banyak dilakukan persilangan dan memunculkan banyak jenis baru dan lebih variatif dan beragam. 

Cara mengawinkan ikan koki 99% berhasil

Ikan hias yang lucu dan sangat menggemaskan ini memang membius para mata yang memandangnya dan menjadikan daftar peliharaan ikan hias terfavorit. Berdasarkan bentuk fisiknya yang bisa ditemui di Indonesia ikan mas koki dibagi menjadi beberapa jenis. 

Jenis Ikan Mas Koki DI Indonesia


Penggolongan jenis yang saya share di bawah ini merupakan hanya berdasarkan penggolongan sesuai bentuk fisik, bukan dan dari keturunan atau standar-standar lain. Di Indonesia yang sering kita jumpai di pasaran ada beberapa jenis ikan koki, diantaranya :

Ryukin


Ciri khas fisik jenis ryukin ini adalah memiliki ukuran kepala yang kecil dengan bentuk tubuh yang lebar membuncit, memiliki punuk dibagian atas punggung, sirip ganda yang berukuran lumayan lebar. Ryukin dikenal oleh para breeder adalah ikan kontes yang potensial.

Tamasaba 

Ikan mas koki jenis tamasaba


Jenis koki tamasaba memiliki bentuk fisik mirip dengan jenis Ryukin, hal yang membedakaannya adalah memiliki 1 ekor di belakan dan apabila ryukin memiliki ekor ganda. Keunikan jumlah ekor inilah yang menjadikannya sangat digemari. Penyebab ikan koki mudah mati mendadak

Demekin

Demekin Goldfish


Koki Demekin memiliki bentuk tubuh dan fisik mirip juga dengan jenis ryukin, yang membedakannya terletak pada bentuk mata. Pada jenis demekin matanya menonjol keluar mirip dengan teleskop.

Lion Head Ranchu "Lionchu"


Memiliki ciri tubuh bulat lonjong dengan sirip ganda dengan ekor yang pendek. Memiliki gumpalan mirip roseberry dibagian seluruh kepala terkecuali pada matanya. Keunikan ini adalah tidak memiliki dorsal atas seperti pada ikan koki umumnya. Jika dibedakan antara ikan lionhead dan ranchu terletak pada bagian kepala,bentuk badan dan ekornya. Jenis Lionchu merupakan hasil persilangan antara ikan jenis lionhead dengan ranchu. Ikan ini dikenal dengan sebutan princes of gold fish dan juga sering di ikutkan dalam ajang kontes. Penyebab warna ikan mas koki pudar

Oranda

oranda goldfish


Ikan mas koki oranda merupakan ikan yang sangat poupler dalam perlombaan. Ciri-ciri fisiknya hampir sama dengan ikan lion head yang membedakan adalah ikan memiliki tonjolan rush berry bagian kepala dan mempunyai 1 dorsal bagian atas.  Serta keindahan ikan oranda ini memiliki ukuran ekor yang memanjang. Banyak yang menyebut jenis ini dengan sebutan King of Gold Fish.

Yuanbao

Yuanbao merupakan jenis ikan oranda yang sudah mengalami perubahan ekor menjadi berukuran pendek. Tonjolan dibagian kepala juga berukuran lebih kecil dibandingkan pada jenis oranda.

Ikan Mas Koki Mutiara


Ikan mas koki mutiara merukan ikan yang unik dengan susunan siripnya menyerupai mutiara yang menempel. Badannya memiliki ukuran mirip bola kecil dan mempunyai satu dorsal atas serta sirip dan ekornya ganda. Kadang ikan ini juga memiliki jambul dibagian kepala seperti yang dimiliki oleh jenis oranda. Ikan maskoki jambul memiliki nama lain (Mujam) dan yang tidak memiliki jambul disebut dengan Mutik (Mutiara tikus)

Koki Bubble Eye

Koki Bubble eye



Jenis Bubble aye memiliki ciri keunikan yang sangat spesial yaitu memiliki gumpalan air yang terletak dibawah kantung mata. Ciri lain jenis ini adalah tidak memiliki dorsal atas dan tubuhnya tidak terlalu bulat seperti pada ikan mas koki lainnya. Keunikan khus ikan ini memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun gelembung tersebut memiliki kelemahan yaitu sangat sensitif apabila terkena sentuhan. Jadi gelembung cairan kalau terkena sentuhan sedikit saja dapat menimbulkan inveksi.

Telescope Eye Butter Fly

Jenis ikan koki telescope eye



Sesuai namanya ikan jenis ini memiliki bentuk mata yang sangat mirip dengan telescope dan tubuhnya tidak memiliki dorsal atas. Ciri lain adalah memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dengan sirip ganda yang panjang. Dan yang berwarna hitam seringkali disebut dengan sebutan Balck Moor.



Sebenarnya masih banyak jenis jenis ikan koki yang bisa kita temukan lagi di luar sana, mungkin saat ini sangat banyak yang melakukan persilangan. Maka kemungkinan besar muncul jenis dan variasi koki yang baru yang belum pernah terpublish.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya