Jenis Ikan Guppy Cendolan Dan Cara Budidaya

 Ikan guppy dalam pengembangbiakkannya ada yang menghasilkan grade A,B dan seterusnya bahkan ada Jenis cendolan ataupun rijek. Memang bagi saya saat masih memulai memelihara ikan aquascape tidak tau menau perbedaan antara ikan jenis cendolan ataupun rijek. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas secara singkat apasih ikan guppy rijek dan cendolan.

Ikan guppy rijek merupakan hasil budidaya guppy yang kualitasnya kurang dari standar pasar, dan ikan cendolan merupakan hasil budidaya yang menghasilkan ikan genetiknya kurang stabil. Kadang ikan yang mengalami sobek sirip ekornya saja atau dibagian sirip depan juga bisa disebut dengan guppy rijek. 

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Walaupun guppy rijek dibilang kualitas dibawah pasaran, namun ternyata peminatnya masih cukup banyak. Biasanya para aquascaper memakainya untuk memperramai aquarium. Harga dari guppy rijek juga sangat murah, biasanya dengan uang 100k bisa membawa pulang dengan jumlah guppy rijek 50 ekoran.

Jenis cendolan merupakan hasil budidaya yang sebenarnya tidak disengaja misalnya antara jenis A dalam satu wadah pemijahan kawin dengan jenis B , C atau selanjutnya. Sehingga keturuan yang dihasilkan tidak mirip dari jenis A atau B, C tepatnya menjadi berbeda sendiri. Warnanya juga bermacam-macam sangat cantik apabila dipakai untuk memperamai aquascape.

Jenis ikan guppy cendolan


Budidaya Ikan Guppy Jenis Cendolan

Ikan guppy cendolan biasanya kalau kita beli di toko ikan dihargai Rp2000,- per ekor. Dengan harga murah tersebut memang dipandang sebelah mata, namun ternyata ikan ini peminatnya sangat banyak sehingga menjadikan nilai ekonomis meningkat. Cara pembudidayaannya juga tergolong sangat mudah hanya menggunakan wadah air atau kolam tidak memerlukan peralatan dan perawatan yang rumit.
Tempat pemijahan bisa dilakukan hanya seperti ember-ember atau sterofom bekas sangat simpel menghemat tempat. 

Pengawinan Ikan Guppy 

Persiapan yang harus ada tentunya aerator, tanaman air dan air yang berkualitas. Membedakan antara jantan betina guppy juga harus paham, tentu saja hal ini sangat penting untuk proyes pembiakkan. Kita pisahkan dahulu antara jantan dan betina di tempat yang berbeda. 

Wadah bisa diisi dengan air bersih dan wajib diganti setiap 1 sampai 3 hari sekali. Pemisahan ini tetap harus diberi pakan yang terbaik seperti cacing sutra atau kutu air agar nantinya indukan tetap dalam kondisi sehat dan fit saat proses pengawinan.

Pemijahan ikan guppy cendolan


Tanda Dan Ciri Ikan Guppy Hamil

Sediakan tempat untuk pemijahan dengan air yang bersih atau air yang sudah diendapkan selama lebih dari 24 jam. Kedalaman air yang akan digunakan dalam pemijahan minimal 25 cm, kepadatan jumlah ikan dalam pemijahan harus dengan hitungan 30 ekor/ 100liter air. jika memungkinkan anda juga menambahkan tanaman air sperti hydrilla untuk tempat ikan dalam bercumbu. 

Pengawinan ikan guppy cendolan bisa dilakukan secara  satu persatu atau secara massal. Namun kalau anda dengan memeilihara guppy bertujuan dijual kembali saya sarankan perkawinkan secara masal saja. Karena prosesnya lebih cepat, ekonomis,dan praktis, kompisisi pemijahan masal dengan perbandingan antara pejantan dan betina adalah 1:5. Namun apabila anda khawatir semua betina tidak terbuahi, anda bisa menurunkan perbandingan tersebut menjadi 1:2 yaitu 1 pejantan dan 2 betina.

Cara memulai pengawinan dilakukan dengan memasukkan indukan betina dalam wadah pemijahan di pagi hari kemudian masukkan indukan pejantan di sore hari. Jaga selalu kebersihan air pemijahan dengan mengontrol kondisi dibagian dasar wadah. Gantilah air yang ada di wadah bila terjadi penumpukan kotoran atau sisa pakan di bawah. Kotoran ini bisa berakibat buruk bagi si ikan dan membuatnya mudah mati karena kualitas air sudah menurun. 

Ketika sudah dikawinkan, maka kita harus mengetahui indukan betina guppy cendolan yang sudah hamil. Secara umum ikan guppy yang hamil kondisi perutnya membesar, namun pada guppy yang baru pertama dikawinkan kita akan sdikit menemui kesulitan karena walau hamil kondisi perutnya tetap terlihat kecil. Pada bagian perut yang berwarna hitam atau gravit spot,kadang terlihat juga sudah mata  bakalan anakan ikan. 

jenis ikan guppy cendolan hamil

Cara budidaya ikan neon tetra

Untuk membedakan perut ikan guppy membesar akibat kekenyanyan atau hamil bisa dilihat dari atasnya. Untuk ikan dengan perut membesar akibat kekenyangan, biasanya pembesaran terjadi menonjol ke bawah saja. Sedangkan pembesaran perut untuk kehamilan bila dilihat dari atas makan bagian perut yang membesar ke bawah dan ke samping.

Untuk ikan indukan yang berumur matang 4 bulanan lebih biasanya mampu menghasilkan anakan lebih dari 100 ekor.  Saat proses mau melahirkan bisa ditandai dengan pergerakan berenang miring menggeliat geliat beda dengan berenang biasa. 

Rekomendasi makanan ikan neon tetra

Saat sudah dilahirkan indukan guppy memeili insting natural melindungi anaknya, sehingga dalam kondisi ada ancaman dan mara bahaya anakan malah akan dimakan sendiri. Namun ketika kita memiliki tempat yang aman dan tidak dalam ancaman maka anakan tersebut tidak akan dimakan sendiri. Memang sangat aneh, niatnya mau melindungi malah dimakan sendiri namun begitulah perilaku jenis ikan guppy cendolan yang akan kita budidaya.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya