Jenis Ikan Channa Maru Yellow Sentarum Dan Asiatica

 Ikan channa maru lioides merupakan jenis asli ikan dari perairan asia tenggara dan sangat banyak ditemukan di Indonesia tepatnya di daerah Kalimantan dan Sumatra. Ukuran ikan ini bisa mencapai panjang 80 cm dan bagian yang menonjol adalah pada bunga pola yang bermekaran pada sisiknya. Semakin rapi dan banyak pola maka harganya bisa menjadi sangat mahal. Di alam liar ikan channa memakan cacing tanah, ikan kecil dan katak. 

Ikan channa maru akhir-akhir ini banyak dicari pengkoleksi ikan hias air tawar karena harganya terjangkau dan semakin bagus dilakukan perawatan, maka harganya bisa naik menjadi jutaan rupiah. 5 tahun belakangan, jenis ikan ini mulai banyak dicari karena di alam liar mulai sulit ditemukan karena banyaknya pemburuan. Semakin tahun hasil buruan menjadi semakin sedikit maka secara otomatis akan menaikkan harga jualnya. 

Channa maru juga memiliki beberapa varian, yaitu red dan yellow. Pada varian red dipecah lagi menjadi lima, yaitu Red Barito, Red Sampit, Red Pangkalan Bun, Red Sentarum, dan Red Seruyan. Penamaan jenis ini sebagian besar di sesuaikan tempat ditemukannya.

Jenis Warna Red Ikan Channa Maru

Channa Red Barito merupakan ikan yang habitatnya sering di temukan di sungai Barito dengan warna sisik merah meronah dan berpaduan corak hitam yang sangat indah. Warna sisik merah ini sudah bisa ditemukan ketika ikan masih berukuran kecil sekitar 10 cm. 

Jenis Ikan Channa Maru


Channa Red Sampit, Berasal dari sungai sampit dari Kalimantan Tengah. Warna jenis ini adalah sisiknya merah ke orenan, bahkan bisa ditemukan memang berwarna oren. Yang berbeda dengan channa yello sentarum adalah pada simetris pola sisiknya. Red Sampit polanya terlihat tebal dan tidak terlalu banyak seperti pada yellow sentarum. Warna merah pada jenis ini tidak langsung kelihatan di size kecil warnanya dominan oren dan ketika dewasa warna merahnya baru mulai mencolok dan dominan.

Channa Red sampit


Channa Red Sentarum merupakan ikan yang berasal dari danau Sentarum bertempat di daerah Kapuas hulu Kalimantan Barat. Red sentarum sebenarnya hampir sama dengan yellow sentarum namun yang membedakan adalah pada jenis Red sentarum dominan berwarna ke orenan. Di usia kecil sangat sulit membedakan antara warna yellow atau red, namun ketika menginjak ukuran tubuh mencapai, 30, 35,atau 40 cm barulah warna aslinya terlihat. Warna corak hitam terlihat agak pekat mirip dengan Channa Riau.

Ikan Channa Red Sentarum


Red Pangkalan Bun, Ikan ini berasal dari sungai Arut yang mengalir di wilayah kabupaten kota Waringin Barat Kalimantan Tengah. Corak pola dan warna sangat khas hampir mirip dengan red sampit hanya saja channa pangkalan bun warnanya lebih cerah bila dilihat seperti menyala. Kalau dilihat polanya lebih banyak dibandingkan dengan jenis red sampit bahkan bisa sampai di ujung kepala hingga ujung ekor. 

Ikan gabus red pangkalan bun


Red Seruyan Berasal dari sungai seruyan Kalimantan Tengah. Ikan ini tidak terlalu diminati karena hasil tangkapan sangat sedikit kalau dibeli biasanya harganya sangat mahal. Yang membedakan dengan yang lain adalah warna merahnya lebih merata, warna siripnya hitam pekat sehingga terjadi paduan yang indah antara hitam dan merah. 

Red Seruyan



Varian Yellow 


Jenis Yellow juga masih dipecah lagi menjadi 5 macam, diantaranya Yellow Sentarum, Yellow Riau, Yellow Jambi, Yellow Trengganu, dan Yellow Surathani. 


Channa yellow sentarum berasal dari danau Sentarum di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Jenis ini sangat diminati dan populer karena harganya terjangkau dan sangat cocok dipakai bagi penghobi yang baru memulai. Cara pemijahan jenis ini sangat mudah dilakukan, jadi untuk memperolehnya di pasaran tidak mengalami banyak kesulitan. Di toko ikan hias sudah banyak yang menjualnya dari ukuran 3cm sampai 50 cm.

Ikan Gabus Yellow sentarum

Jenis ikan guppy cendolan


Yellow Riau, berasal dari kepulauan Riu Sumatra. Ikan ini sangat berbeda dengan jenis yellow sentarum. Warna siripnya yang hitam pekat dan warna kuning mirip lemon dengan warna mata yang sangat merah sehingga sangat indah untuk dilihat. Jenis ini ternyata harganya lebih mahal dari jenis yellow sentarum. Banyak orang memelihara ini berasal dari hasil tangkapan di alam liar. Pada pola sirip, warna hitam jumlahnya lebih dominan dibandingkan dengan warna yellow. Pada siripnya terdapat bintik-bintik putih yang sangat indah untuk dilihat.

Yellow riau


Yellow Jambi, berasal dari Jambi Pulau Sumatra. Warna sisiknya agak kehijauan dan memiliki warna loreng bertutul putih pada siripnya sehingga sangat indah dipandang. Pola siripnya juga nampak rapi dan simetris. 

Yellow jambi


Yellow Trengganu merupakan jenis yang berasal dari negara bagian pantai timur semenanjung Malaysia. Ikan channa ini memiliki warna yellow, namun kalau kita terus perhatikan hampir sama dengan jenis red sampit. Di kalangan pecinta dan pemelihara sangat sulit memperoleh jenis ini mungkin karena berasal dari luar negri, jadi sedikit kesulitan untuk memperolehnya. 

Jenis Yellow trengganu

Budidaya ikan hias molly di Kolam

Chana Maru Surathani berasal dari negara Thailand yang berwana agak kehijauan juga seperti warna cahnna jambi. Corak pola jenis ini sangat eksotis dan tidak ditemukan pada jenis ikan channa lainnya dan pastinya harganya bisa sangat mahal. Pada ukuran yang masih kecil 10 atau 12 cm keindahannya kurang menarik, namun di usia dewasa keindahannya sangat mempesona. 

Jenis Surathani


Sebenarnya diantara jenis ikan channa maru yellow dan red masih banyak lagi jenis yang bisa didefinisikan, untuk artikel ini hanya ini yang bisa saya share berdasarka pengetahuan yang saya miliki.


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya