Dekorasi Aquarium Ikan Koki Desain Dengan Pasir dan Hiasan

 Pada umumnya pemelihara ikan koki menggunakan aquarium tanpa melakukan dekorasi atau pemberian komponen penghias seperti pasir dengan alasan keamanan dan kesehatan. Banyak yang mengatakan penggunaan pasir aquarium dapat menjadikan penimbunan kotoran di dasar dan tidak tersaring filter serta timbul boom amoniak.  Hal tersebut memang benar akan membahayakan terhadap ikan mas koki peliharaan kita. 

Untuk mensiasati cara memperindah tampilan ikan koki dengan penambahan desain yang bagus pada aquarium kita lakukan dengan beberapa cara. Tips untuk memilih jenis pasir dan bebatuan untuk aquarium adalah tidak boleh sembarangan. Pasir yang digunakan adalah yang cenderung bertekstur halus, misalnya pasir silica atau pasir pantai. Sebenarnya pasir malang pun bisa kita gunakan untuk dekorasi mempercantik aquarium. Namun pasir malang harus kita saring terlebih dahulu dan kita gunakan yang berukuran lembut.

Penyakit mematikan pada ikan mas koki

Pemilihan dasaran aquarium menggunakan pasir atau bebatuan kasar akan menjadikan kotoran ikan atau sisa makanan ikan akan tersangkut. Kotoran tersebut kalau lama mengendap akan mudah menimbulkan berbagai bakteri penyakit yang membahayakan ikan mas koki.

Dekorasi aquarium ikan koki


Dekorasi Aquarium menggunakan pasir halus kotoran tidak akan mengendap?

Pertanyaan tersebut memang wajar dan benar kotoran akan mengendap di dasar. Namun apabila menggunakan pasir halus, kotoran atau sisa makanan akan sangat terlihat oleh ikan. Setelah terlihat oleh ikan kotoran dan sisa makanan tadi akan diamakan atau dimuntahkan kembali menjadi hancur. Hancurnya kotoran tersebut akan larut dengan air aqurium dan otomatis tersedot oleh sistem filterasi. Teori tersebut sudah saya praktekkan dan terbukti penggunaan pasir halus akan tetap bersih kondisi dasar aquariumnya. Pasir juga akan mempercantik tampilan aquarium bila dkombinasi dengan bebatuan alami. Cara merawat ikan mas koki tanpa oksigen

Tips yang selanjutnya memilih hiasan dekorasi adalah menggunakan batu kali. Pemilihan batu kali karena permukaannya halus dan tidak tajam. Jangan menggunakan bebatuan yang kasar dan runcing, melihat perilaku ikan koki cenderung bergerak terus takutnya akan menggores atau melukai tubuhnya. Pemakaian batauan diusahakan jangan terlalu banyak yang berakibat seperti tadi menghambat atau mengendapkan kotoran untuk di filter. 

Tips Makanan ikan koki agar warnanya tetap cerah

Untuk mempercantik aquarium bisa menambahkan lagi dengan pemakaian tanaman. Usahakan tanaman yang kita pakai adalah tanaman asli bukan plastik atau tanaman hias palsu. Dengan tanaman asli aquarium ikan koki akan lebih cantik seperti desain aquascape. Fungsi tanaman asli juga berguna untuk memperkaya kandungan oksigen di dalam air sehingga ikan lebih sehat dan kualitas air tetap terjaga.

Pembuatan Ukuran Aquarium

Kebutuhan ikan mas koki yang seperti mencontoh kehidupan di alam liarnya, merupakan ikan yang mobilitasnya tinggi atau banyak melakukan pergerakan. Dengan demikian dekorasi yang tepat dalam pembuatan aquarium harus memperhatikan ukuran agar garak-geriknya bisa leluasa. Misalnya untuk ukuran aquarium 1,5m x 1m x 1m kita bisa pelihara maksimal 10 ekor. Apabila kita paksakan dengan jumlah yang banyak, maka seringkali ikan mudah mati mendadak.

Penerapan hiasan yang berlebihan hingga mengurangi gerak mobilitas ikan juga berpengaruh terhadap kesehatan ikan. Pilihlah hiasan yang simpel dan berdimensi kecil saja supaya kotoran tetap tersaring dengan baik. Agar tampilan air tetap fresh berikanlah lampu atau pencahayaan yang banyak sehingga kesan jernih pada air akan tetap  terlihat.

Cara mengawinkan ikan koki 99% berhasil


Tips Melakukan Perawatan 

Perawatan memang wajib kita lakukan agar tampilan desain aquarium ikan koki tetap bersih dan cantik. Berbagai perawatan bisa kita lakukan dengan berbagai cara, misalnya:

- Pembersihan media mekanik filter

Di bagian ini, dalam waktu 2 minggu saja kotoran sudah menumpuk pada kapas filternya, maka dari itu setiap 2 mingguan kita harus membersihkan kapas filternya. Dengan pembersihan ini aquarium akan tetap bersih dan enak dipandang. 

Sayuran yang bagus untuk ikan mas koki

- Lakukan Water Change

Penggantian air atau pengurasan air wajib dilakukan dengan tempo tertentu minimal 3 minggu sekali. Penggantian air tidak harus dilakukan secara full 100%, namun kita bisa ganti sebanyak 30% dari volum keseluruhannya saja. Penggantian sebanyak 30% ini baiknya dilakukan 2 minggu sekali. 

- Sipon atau Membersihkan Dasar aquarium

Sipon pasir ini perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan terhadap kotoran yang masih menyangkut. Sipon dilakukan bisa berbarengan saat dilakukan water change agar tidak memberantakkkan pasir. 

- Jangan terlalu berlebihan pemberian pakan

Pakan boleh dilakukan secara banyak, namun tidak dilakukan sekaligus harus ada tahapannya.Pakan yang diberikan terlalu banyak dengan tempo sekaligus, akan berdambak mengotori aquarium dan mengurangi kualitas air. Pakan terlalubanyak juga bisa membahayakan ikan koki menjadi mati kekenyangan. Berikanlah pakan dengan bijak dan pas sesuai takaran dan waktunya.

Cara membersihkan



Jenis jenis ikan koki berdasarkan bentuk fisik


Dasar aquarium dengan pasir

desain aquarium ikan mas koki

Dekorasi Aquarium ikan koki



Cara membedakan ikan koki jantan dan betina

Sebenarnya dalam pemeliharaan ikan koki keindahan dekorasi desain aquarium tidak menjadi kebutuhan utama. Karena ikan ini merupakan ikan yang membutuhkan kualitas air yang bagus dan bersih sehingga banyaknya komponen penghias akan menjadikan kualitas air menjadi mudah berkurang. Berbeda kalau anda memiliki banyak waktu yang longgar dan sempat untuk rutin melakukan pembersihan, maka banyak dekorasi dan desain bisa diterapkan.


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya