Ikan Molly Hamil Ciri Ciri Dan Tanda Mau Beranak

 Tanda dan ciri yang biasa terlihat ketika ikan molly kesayangang kita  sedang mengalami hamil mau beranak sangat gampang dibedakan. Memang jenis ikan hias air tawar yang satu ini sangat populer dipelihara dan dikembangbiakkan karena kemudahan dalam perawatan. Bentuknya yang lucu dengan kombinasi dan variasi warna yang beragam menjadikan daya tarik untuk dipakai pelengkap aquarium. 

 Ikan molly bergerak secara bergerombol, jadi sangat perlu kita pelihara dalam satu aquarium lebih dari 5 ekor agar nampak cantik. Selain itu ikan ini mudah sekali untuk berkembang biak, jadi persiapkan saja wadah yang baru untuk pemijahan. 

Menurut pengalaman, kalau kita membeli ikan ini dari toko dengan jumlah banyak, maka jenis kelamin yang kita peroleh akan bervariatif. Ketika kita pelihara di aquarium rumah kita, seringkali kita mendapatkan anakan ikan molly yang baru lahir dalam jumlah banyak. Memang kalau kita baru beli, kemungkinan besar ikan molly tersebut sudah melakukan perkawinan. Tanpa kita prediksi anakan yang baru lahir tersebut biasanya akan mati entah dimangsa ikan jenis lain di aquarium atau indukannya sendiri. 

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Sebelum hal buruk itu terjadi, sebaiknya kita harus mengetahui dahulu tanda dan ciri-ciri indukan ikan molly yang sedang hamil atau bunting. Dengan mengetahui ciri dan tanda ikan yang hamil maka kita bisa melakukan tindakan pemindahan atau pemisahan ke aquarium khusus untuk pembiakkan. Hal ini penting dilakukan untuk menyelamatkan calon anakan yang biasanya sekali dilahirkan jumlahnya bisa puluhan ekor. 

Ciri ikan molly hamil


Ciri Fisik dan Sifat Ikan Molly Balon Hamil 

Ukuran ikan molly balon dewasa bisa mencapai 5 sampai 7cm, dengan bentukk perut yang buncit memang mirip balon. Dengan bentuk perutnya yang buncit dan besar ini banyak para pemelihara yang terkecoh ikan ini dalam kondisi hamil atau tidak. Jika tahupun ikan ini hamil, kadang juga masih sulit diprediksi waktu melahirkannya.  Jenis-jenis ikan molly

Ciri-ciri ikan molly balon sedang hamil bisa dilihat dari segi fisik, dan sifat ikan dalam aquarium. Kalau dari segi fisik akan menampakkan bentuk yang berbeda dari biasanya. Bentuk perutnya lebih mengembang ukurannya dan ketika kita sentuh akan terasa lebih lunak. Perbedaan ikan yang perutnya membesar karena makanan, dan besar karena hamil adalah dengan cara menyentuhnya. Apabila disentuh perutnya terasa keras dan kaku itu berarti perut membesar karena kekenyangan.

Tanda ikan molly balon sedang hamil yang lain adalah melihat sifat dan perilakunya. Biasanya ketika sore hari ikan ini akan berenang memojok ke sudut aquarium atau kolam. Kemungkinan ikan hamil ini sedang mencari ketenangan dan mengurangi pergerakan.

Jenis ikan guppy cendolan 

Ikan molly berkembang biak secara melahirkan, perlu diketahui juga ikan ini mengandung selama 6 sampai 8 minggu. Dalam satu kali periode kehamilan saja ikan molly mampu melahirkan anakan hingga puluhan ekor sekaligus. Ketika beberapa hari saja setelah proses melahirkan, indukan molly mampu untuk hamil kembali. Hal ini terjadi karena ikan molly memiliki kemampun menyimpan sel sperma. 

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mau Beranak / Melahirkan

Indukan ikan ini akan mau melahirkan ketika melihat lingkungan sekitar dirasa sudah cocok dan dianggapnya aman dari predator. Ikan molly balon dalam usia kehamilan lebih dari 1 bulan akan tetap menahan anaknya untuk tidak dilhirkan apabila melihat lingkungannya dirasa tidak aman atau kurang nyaman. Dengan hal tersebut bisa kita analisa dan persiapkan wadah atau tempat yang baru untuk kebutuhan kelahiran anakan molly balon ini.

Persiapkan kolam atau aquarium khusus untuk pemisahan indukan yang sedang hamil, pemijahan yang bagus dengan kondisi suhu air, kebersihan air, dan kadar pH air dan kadar oksigen terkontrol. Semua itu harus kita siapkan untuk membuat indukan menjadi merasa nyaman dan mau melahirkan anak-anaknya. Untuk menambah kenyamanan tempat pemijahan, kita juga bisa menambahkan tanaman air seperti eceng gondok, frogpit, bunga teratai, atau tanaman bambu air.


Saat ikan mau beranak atau melahirkan sikapnya selalu berenang di dasar aquarium atau kolam dan sedikit berdiam diri. Fungsi dari tanaman ini bisa membuat ikan indukan menjadi nyaman berteduh dan juga tempat berlindung saat anakan baru dilahirkan. Memang indukan yang baru melahirkan anakannya biasanya di taruh di sekitar akar tanaman air yang menggantung. Jika anakan sudah semua di keluarkan dari perut, maka kondisi induknya akan kembali mengecil seperti sebelum saat dibuahi.

Tanda ikan molly  mau melahirkan

Ikan molly hamil mau melahirkan

 

Setelah melahirkan, indukan harus diberikan makanan yang bagus agar fit kembali. Pisahkan indukan dari kolam atau wadah pemijahan jadikan satu lagi dengan pejantan di kolam yang lain. Dalam hitungan minggu saja ikan molly hamil kembali dan siap kita pijahkan lagi. Hal ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba peluang usaha membiakkan ikan hias jenis ini. 

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya