Cara Merawat Ikan Koki Tanpa Oksigen Aerator Tetap Hidup

 Banyak yang menanyakan tentang cara merawat ikan koki di aquarium tanpa oksigen agar tetap bisa hidup. Mungkin pertanyaan tersebut maksudnya adalah bisakah memelihara ikan koki tanpa menggunakan alat bantu aerator. Karena saya pikir semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bernafas, jangankan ikan, manusiapun sangat membutuhkan oksigen.

Memang banyak penghobi yang menggunakan aerator dalam pemeliharaan ikan mas koki untuk menjaganya supaya hidup sehat. Namun diluar itu ada mitos yang beredar bahwa ikan mas koki mampu hidup tanpa oksigen dari aerator. Sebelumnya kita bahas dahulu apasih kegunaan aerator dalam aquarium? 

Aerator ini adalah alat yang dipakai untuk menciptakan gelembung udara di dalam air aquarium. Alat tersebut bukan dipakai hanya sebagai penghias aquarium saja, namun ada fungsi penting yang bisa dimanfaatkan. Gelembung udara yang dihasilkan oleh alat yang dinamakan aerator terbut akan membuat percikan air di atas kolam ataupun aquarium.  Sehingga dengan terjadinya percikan, pergerakan atau riak air membuat oksigen bisa masuk ke dalam air dengan lebih mudah.

7 Cara merawat ikan koki di aquarium 

Cara merawat ikan koki tanpa oksigen / aerator


Tips Cara Merawat Ikan Koki Tanpa Oksigen ?

Dengan masuknya udara oksigen yang mudah kerana pergerakan percikan air maka dapat dimungkinkan ikan koki anda bisa hidup sehat. Kebutuhan pernafasan dari ikan ini dapat tersuplay dengan baik apabila ada gelembung udara secara terus menerus.

Namun jangan salahnya aerator bukanlah alat penghasil oksigen, dia hanya berfungsi menghasilkan gelembung udara dan mempermudah air bercampur udara beredar dalam aquarium. Banyaknya udara yang masuk dalam aquarium memang banyak kandungannya, termasuk juga kadar oksigen ada didalamnya. Pakan sayuran alternatif untuk ikan mas koki

 Kalau penghasil oksigen sendiri memang diperlukan oleh pemelihara ataupun pembudidaya yang digunakan untuk kepentingan pengiriman atau penjualan. Oksigen tersebut diperoleh dari membeli tabung gas oksigen dan bukan dihasilkan dari alat aerator.

Kembali pada cara merawat ikan koki tanpa oksigen / Aerator memang sesuai selera dari pemelihara. Kadang ada pemelihara yang tidak suka dengan adalanya alat aerator di dalam aquarium karena berbagai alasan, salah satunya adalah suara yang berisik. Atau yang malas menggunakan aerator karena boros dalam pemakaian listrik.

Jenis penyakit pada ikan mas koki dan cara mengobatinya

Tanpa penggunaan aerator pun sebenarnya ikan mas koki masih bisa hidup sehat dengan memperhatikan beberpa aspek. Kalau kita perhatikan ikan koki hidup di alam liar dengan sehat karena disebabkan oleh beberpa poin penting. Nah poin penting tersebut diantaranya :

-Tempat pemeliharaan yang besar dan luas

- Kolam atau tempat hidup airnya yang berkedalaman dangkal

- Kadar oksigen yang tercukupi

- Kualitas air yang baik

- dan lain-lain

Cara merawat ikan koki


Tips pemeliharaan tanpa aerator

Berdasarkan perilaku atau kebutuhan hidup ikan koki di alam liar tersebut bisa kita aplikasikan di dalam aquarium tanpa penggunaan aerator. Cara yang bisa kita terapkan terlebih dahulu adalah penggunaan air yang berkualitas baik bersih dan natural. 

Yang ke dua adalah penyediaan Filtrasi yang berkualitas baik dapat menjaga ikan koki tetap tumbuh sehat. Filtrasi bisa kita desain dengan output hasil saringan air kondisinya mengucur sehingga menciptakan gelembung. Gelembung yang masuk hasil kucuran air filtrasi akan memecah dan menimbulkan percikan air di dalam aquarium. Dengan demikian kemudahan udara di dalam air akan lebih mudah masuk.

Yang ke tiga adalah pemberian pakan terbaik. Pakan terbaik ini akan berpengaruh tentang kualitas air di dalam aquarium. Pilihlah pakan yang bagus agar kotoran ikan tidak mudah merusak kualitas airnya.

Yang ke empat, Jumlah idealnya ikan yang berda di dalam aquarium. Jumlah ikan yang terlalu banyak akan berkibat kepenatan dan kurangya kadar oksigen yang diperoleh ikan koki per ekornya .Ketika jumlah ikanya banyak kalau dipaksakan hidup dalam 1 aquarium memang bisa hidup, namun harus membutuhkan aerator dan supalai oksigen bantu. 

Nah dengan demikian cara merawat ikan koki tanpa oksigen adalah tidak mungkin bisa diterapkan. Kalau memelihara ikan koki tanpa aerator masih bisa kita terapkan dengan memperhatikan beberpa aspek penting tentang kebutuhan hidup ikan mas koki tersebut.

Post terbaru

Penyebab Warna Ikan Mas Koki Pudar Di Aquarium