Ikan Molly Jantan Dan Betina Cara Membedakan Secara Visual

 Dalam permulaan pemeliharaan ikan hias jenis molly banyak yang masih kebingungan dalam membedakan antara jantan dengan betina. Memang dalam proses permulaan pengembangbiakan ikan hias tidak bisa dilakukan sama dengan ikan ternak produksi. Sebelum melakukan pengembangbiakkan kita harus mempersiapkan beberapa hal, misalnya memilih indukan pejantan dan betina yang berkualitas. 

Ikan molly memang merupakan ikan hias yang banyak diminati orang-orang karena bentuk ukuran yang kecil buncit dan lucu serta paduan warna sisik yang sangat bagus. Di masyarakat awam cara pengembangbiakannya belum terlalu se populer seperti ikan hias jenis lain. Jadi bagi anda yang berminat untuk memulai peluang usaha dengan prospek yang bagus, tidak ada salahnya untuk mencoba beternak ikan mollly.

Ikan molly balon

Ciri dan tanda ikan molly sedang hamil dan mau melahirkan

Ikan molly merupakan kategori ikan yang kuat, tahan dengan berbagai penyakit ikan, dan sangat mudah beradaptasi dengan tempat pemeliharaan anda. Bentuk ikan ini memang sangat mirip dengan ikan guppy karena masih dalam satu keluarga poecilideae dengan panjang ukuran tubuh rata-rata 5 sampai 7cm. Keindahan ikan molly nampak dari variasi warna tubuhnya dari hitam mengkilat, kuning keemasan, dan kombinasi hitam putih (murble).

Jenis ikan molly sangat banyak, jadi penggemarnya tidak mudah bosan dalam memelihara serta seringkali mencoba melakukan berbagai persilangan antar jenis. Skala perkembangbiakan ikan ini sangat cepat dan banyak dalam satu kali periode pembiakan. Jumalahnya bisa sangat banyak apabila anda memilih pembiakan secara massal di banyak tempat pemijahan. Sebelum memulai pembudidayaan anda harus wajib tahu tentang perbedaan ikan molly jantan dan betina.

Cara Membedakan Ikan Molly Jantan Dan Betina

Perbedaan ikan molly jantan dan betina


Memang kalau masih pemula masih sangat kebingungan dalam membedakannya dan seringnya hanya bisa menebak-nebak. Kalau hanya mengira-ira kemungkinan besar masih banyak menemui kesalahan, dan ketika kita taruh di tempat pemijahan, pembiakan pastinya akan gagal karena tidak terjadi perkawinan. Jenis-jenis ikan molly 

Yang pertama kita pelajari dahulu perbedaannya, dengan cara visual melihatnya dari bagian atas aquarium atau wadah. Jenis ikan jantan bisa terlihat sangat berbeda dengan jenis betinanya yaitu pada pejantan memiliki tubuh lebih ramping dibanding betina. Tubuh ikan betina nampak bulet membesar dibagian perut dan ukuran tubuh lebih besar dibanding dengan pejantan.

Pada bagian kepala ikan molly jantan ukurannya lebih kecil dan jarak mata dengan ujung mulut lebih dekat. Pada betina memiliki mulut yang besar mengikuti bentuk tubuhnya dan juga jarak mulut dan mata lebih jauh karena mulut betina lebih maju ke depan.

Warna tubuh ikan betina ditemui lebih banyak variasinya namun tidak terlalu cerah agak gelap dan kurang menarik. Sedangkan pada pejantan warnanya tidak beragam namun warna tubuhnya sangat cerah. 

ikan molly betina



Bentuk sirip ikan molly mirip dengan ikan cupang, namun tidak terlalu lebar. Pada pejantan ukuran sirip belakang lebih panjang dan lebar warnanya berseri-seri. Sirip belakan pada betina tentunya lebih pendek dan tidak lebar dengan warna yang tidak terlalu cerah atau berseri-seri kadang hanya dominan memiliki satu warna. 


Untuk meyakinkan dan saya rasa sangat akurat dalam membedakan antara pejantan dan betina dengan melihat sirip dibagian bawah perut. Pada pejantan terlihat memiliki sirip dibagian bawah perut dengan bentuk lancip meruncing sedangkan pada ikan betina melebar mirip dengan kipas. Cara ini sangat mudah diterapkan saat kita memilihnya di toko ikan karena hanya melihat sepintas saja bisa tau perbedaanya. 

Pemijahan ikan molly


Dalam cara pengembangbiakkannya kita selanjutnya memilih indukan ikan molly yang berkualitas. Untuk persiapan indukan betina yang memiliki umur antara 4 sampai 5 bulan. Pilihlah pejantan dengan kondisi sehat ditandai dengan pergerakan yang gesit dan warna tubuhnya yang cerah. Pilih indukan dengan warna yang bagus karena anakan pasti akan menurun dari warna induknya. 

Dari sisni kita sudah mengetahui berbagai cara membedakan antara ikan molly jantan dan betina yang akan kita siapkan untuk dipijah. Untuk pembahasan cara pemijahan ikan molly bisa kita share di artikel selanjutnya.


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya