4 Cara Membedakan Ikan Koki Jantan Dan Betina Dengan Akurat

Kali ini kita bersama akan belajar tentang bagaimana cara membedakan jenis kelamin jantan atau betina dari ikan koki. Bagi pecinta ikan ini pastinya tidak akan puas hanya sampai fase pemeliharaan saja, kemungkinan bahkan terobsesi untuk mengembangbiakkannya. Cara awal untuk membiakkan ikan koki dimulai dari mengetahui dan membedakan antara ikan jantan dan betinanya. Setelah perbedaan tersebut diketahui barulah kita mulai untuk menyiapkan pemijahan dan pembiakan.

Pembibitan ikan yang bagus kita awali dengan pemilihan indukan yang bagus pula, hal ini penting dikemudian hari untuk menciptakan anakan berkualitas. Misalnya untuk memperoleh anakan koki berjenis yang murni dari keturunan tertentu, kita juga harus memilih indukan yang tepat. Jangan asal memilih jenis indukan yang nantinya dapat menurunkan kualitas dari keturunannya. Terkecuali kita mau memudidaya dengan target produksi masal, atau mau melakukan percobaan persilangan. 

Untuk membakan koki jantan dan betina bisa kita lakukan dengan berbagai cara, misalnya :

1. Melihat secara fisik postur tubuh

2. Tampilan bentuk anus yang berbeda

3. Tekstur sirip ikan bagian depan

4. Meraba bagian perut ikan


Penyakit mematikan pada ikan mas koki


Tips Cara Mudah Membedakan Ikan Betina Dan Jantan Pada Koki

Dari 4 metode di atas bisa kita pakai semuanya, namun untuk mengetahui secara masal hal tersebut tidak mungkin semua ikan kita periksa satu persatu. Pilihlah beberapa cara yang dirasa tepat dan mudah untuk kita lakukan. Tentang akurasi dalam pemilihan mungkin dalam proses belajar masih kurang tepat, namun secara terus menerus akurasi membedakan jenis kelamin tersebut bisa menjadi terasah.

Cara yang benar merawat ikan koki di aquarium 


Melihat Secara Fisik

Biasanya untuk metode ini bisa menjadi sangat akurat, namun dilain sisi masih banyak terjadi salah tebak. Untuk pengamatan sepintas saja, ikan koki yang berkelamin jantan memiliki tektur tubuh ukuran badan lebih panjang dibanding betina. Pada jantan bentuk perut terlihat lebih ramping dan sedangkan pada betina berbentuk bulat buncit. 

Sayuran yang baik untuk ikan mas koki

Namun secara umum bentuk ikan koki memiliki perut yang membuncit, jadi kalau memang masih tahap belajar kurang memahami karena perbedaan gemuk antara betina dan jantan sangat tipis. Apabila cara melihat secara fisik masih kurang meyakinkan, bisa melanjutkan dengan cara melihat dan meraba bagian sirip.

Tekstur Sirip Bagian Depan

Bagian depan sirip ikan sangat akurat untuk membedakan antara betina dan jantan. Pada ikan jantan, sirip bagian depan terlihat ada bintik-bintik putih, dan apabila kita raba akan terasa kasar seperti ada pasirnya.  Kalau jenis betina, sirip depan apabila kita pegang akan terasa halus dan tak nampak bintik-bintik. Cara ini memang harus dengan cara mengambil ikan dari aquarium, kelemahannya apabila kita ingin budidaya dalam jumlah banyak akan menjadi lebih repot.
 

Cara membedakan Ikan koki jantan dan betina


sirip betina






Meraba Perut Ikan Mas Koki

Sama halnya dengan cara di atas, meraba perut ikan koki, kita harus langsung berinteraksi dan mengambil ikan dari aquarium. Namun tidak apa-apa yang penting sekali mengambil ikan dari aquarium bisa langsung kita praktekkan beberapa metode sekaligus. Cara membedakan saat meraba perut ikan koki, pada jenis betina apabila kita sentuk akan bertekstur lebih gembur dan lembut. Perutnya nampak seperti sebagai kantung. Sedangkan pada perut ikan mas koki jantan, perutnya apabila kita sentuh akan terasa mengeras dan kencang.

Bentuk Anus

Cara yang paling akurat dalam membdedakan jenis kelamin pada ikan mas koki menurut saya pribadi adalah metode melihat bentuk anus ikan. Kemungkinan 90% cara ini tepat dan layak untuk kita gunakan tanpa membuat ikan terlalu lama kita pegang. Dengan demikian kondisi ikan koki tidak terlalu streess ketika mendapatkan sedikit sentuhan. 
membedakan ikan koki jantan dan betina
jenis jantan



anus ikan koki betina
Jenis betina


Dekorasi aquarium untuk ikan koki


Pemantauan anus pada ikan jantan akan terlihat rata dengan bagian perut di sekitarnya. Sedangkan anus pada ikan koki betina akan terlihat menonjol dibandingkan bentuk perut yang ada di sekitar anus. 
Nah mudah sekali bukan, kita lakukan dan praktek tentang cara membedakan ikan koki jantan dan betina tanpa melukai. Dengan demikian proses pembiakan dan budidaya kita akan berjalan lebih mudah tanpa harus menebak-nebak yang tak pasti.


Post terbaru

Penyebab Warna Ikan Mas Koki Pudar Di Aquarium