Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Dan Memelihara Agar Berhasil

 Banyak orang yang berminat dan mencari tau bagaimana cara budidaya ikan neon tetra yang benar dan berhasil. Ikan jenis ini sangat diminati banyak penghobi aquascape untuk objek pengisi di dalamnya  karena berbagai alasan. Alasan - alasan tersebut misalnya ikan neon tidak bisa tumbuh besar yang maksimal ukurannya hanya berkisar 4 cm. Sifat tenang dan tidak merusak menjadikan tanaman aquascape dapat tumbuh dengan baik. Neon tetra juga tergolong ikan yang sangat kebal terhadap berbagai penyakit karena tidak mudah mati saat dipelihara.


Persiapan Budidaya

Cara memelihara ikan neon tetra

Untuk mengawali proses membudidayakan ikan ini, tentu saja kita harus mempersiapkan beberapa hal. Persiapan ini sangat perlu dilakukan agar proses pembiakan dapat berhasil dengan baik. Siapkan dahulu bakalan indukan pejantan dan betinanya.

 Tips memilih bakalan indukan yang baik berkualitas adalah dengan cara melihat warna ikan tersebut. Ikan yang berwarna cerah cenderung kesehatannya lebih baik dibanding dengan ikan yang berwarna pucat. Kemudian pilihlah bakalan indukan yang memiliki tubuh tidak mengalami cacat fisik. Kriteria yang bagus ikan indukan memiliki ukuran panjang minimal 2,5 cm. Usia ikan yang sudah matang dikembang biakkan minimal sudah berumur 6 bulan lebih. 

Cara Membedakan Ikan Neon Jantan Dan Betina

Pembedaan dan analisa terhadap jenis kelamin ikan bisa kita lihat dengan visual saja. Pada ikan neon pejantan memiliki ukuran tubuh yang kecil namun lebih panjang dibanding betinanya dan warna sisiknya dominan lebih cerah dan kontras. Pergerakan ikan pejantan lebih agresif dan saat musim breeding pejantan selalu mengejar-ngejar betina. 

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Pada ikan neon betina memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan ukurannya lebih pendek, warna sisiknya rata-rata tidak cerah dan gelap. Pergerakannya sangat terlihat berbeda dengan pejantannya, dia sangat lambat dan bergerak seperlunya.

Cara budidaya ikan neon tetra


Persiapan Tempat Pemijahan

Pemijahan bisa kita lakukan diberbagai tempat, seperti bak mandi, baskom, ataupun aqurium. Kalau saya sendiri lebih suka menggunakan media aquarium karena mudah dalam pemantauannya. Untuk ukuran aquarium yang bisa kita gunakan minimal berukuran panjang 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 30 cm. Untuk tempat telur ikan, bisa kita menggunkan berbagai tanaman aquarium atau aquascpae. Pada tanaman tersebut biasanya telur akan ditempelkan oleh ikan. 

Namun tanaman yang akan anda masukkan harus dipastikan benar-benar bersih dan tidak ada partikel asing bahkan hewan yang menempel. Tujuannya untuk menjaga pertumbuhan anakan ikan neon tetra nantinya agar tidak termangsa atau terkena berbagai penyakit yang dibawa oleh tanaman. 

Usahakan selalu menjaga suhu kondisi air aquarium, suhu yang pas untuk pengembangbiakan antara 22 derajat celcius sampai 22 derajat celcius. Tidak hanya suhu air yang kita jaga, namun tingkat keasamanya juga perlu diperhatikan, Sebaiknya gunakan air aquarium dengan kandungan pH antara 6 sampai. Dan untuk mencari air dengan kondisi yang bagus bisa dilakukan dengan cara mengendapkannya terlebih dahulu selama 1x24 jam terlebih dahulu.

Proses Pemijahan

Pemijahan ikan neon tetra


Masukkan seluruh indukan ikan neon tetra ke tempat pemijahan yang sudah kita isi dengan berbagai tanaman hias tadi. Kemudian kita bisa menutup atap aquarium dengan plastik. Tujuannya agar debu tidak masuk ke dalam aquarium dan mengotori sehingga sangat mengganggu proses pemijahan. 

Sebelum menutup aquarium bisa kita berikan dahulu makanan ikan neon tetra yang cukup dan bergizi. Setelah pemberian pakan bisa kita tutup atap aquarium hingga kondisi di dalam aquarium menjadi gelap. Biarkan ikan selama 3 hari , karena ikan neon hamil selama 2 hari tersebut setelah proses perkawinan dengan pejantan. 

Pindahkan pejantan ke tempat yang berbeda dari induk betina ikan neon. Kemudian tutup rapat kembali aquarium tersebut jangan sampai ada cahaya yang masuk. Hal ini diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup telur ikan neon tetra. Tunggu selama 24 jam hingga telur menetas. Perlu diingat, telur yang ada dalam wadah pemijahan tidak mungkin bisa menetas 100% karena tidak sepenuhnya dibuahi oleh pejantan. 

Ikan yang baru menetas tidak usah diberi makan selama 4 hari, dan setelah itu bisa kita berikan pakan dari remukan atau tumbukan roti halus. Setelah ikan menetas juga kita masih harus menutup aquarium selama 1 minggu. Untuk pembesaran bisa kita berikan makanan secara teratur dan bergizi tinggi.

Memang cara budidaya ikan neon tetra bisa kita bilang agak rumit dan sangat sensitif. Namun hal tersebut bisa kita lalui dengan telaten dan kesabaran. Apabila anda budidaya untuk keperluan dijual lagi tentunya ikan ini memiliki nilai ekonomis tinggi karena memiliki banyak peminat di kalangan penghobi aquascape. 


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya