Budidaya Ikan Molly Balon di Kolam dan Aquarium

 Tips yang baik diterapkan dalam budidaya ikan molly jenis balon di media aquarium ataupun kolam yang potensial mengingat besarnya peluang. Saat ini banyak sekali penggiat hobi aquarium dan ikan hias dengan berbagai farisi. Dari aquascape, ikan koloni, ikan tarung, ikan hias, dan masih banyak lagi. Tentunya ikan molly permintaan di pasaran ikut meroket yang tidak diimbangi dengan jumlah penyedia atau pembudidaya. 

Padahal dibandingkan kalau kita memelihara ikan dengan trend yang berharga mahal seperti, ikan koi, arwana, lauhan, dan lainnya akan tidak seimbang dihitung dari ongkos produksi dan perawatannya. Waktu yang dibutuhkan untuk membiakkan ikan mahal tersbut juga sangat lama, setelah bisa di budidaya ehhh malah kemampuan daya beli masyarakat sangat rendah. Tentu hal tersebut hanya sebagai pengalaman dan pembelajaran pribadi agar jernih melihat peluang.

Ternak ikan molly di kolam


Dari hal tersebut ternyata bisa menjadikan kita berfikir lebih baik untuk mengembangkan ikan jenis molly balon yang sangat banyak peminatnya. Orang menyukai ikan ini karena bentuknya lucu, imut-imut, dengan bentuk kecil berperut buncit dan warnanya yang sangat indah. Pemeliharan ikan molly juga hanya sederhana, kita bisa menyiapkan kolam seadanya ataupun wadah dan aquarium. Lahan yang kita butuhkan untuk memproduksi ikan ini juga tidak perlu lebar-lebar, 

Untuk meningkatkan hasil produksi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membudidaya ikan jenis ini. Tentunya agar mampu mengejar kebutuhan pasar dan tetap mempertahankan kualitas ikan hasil budidaya kita.

Tips Memaksimalkan Budidaya Ikan Molly Balon

Cara yang tepat kita gunakan adalah mempercepat indukan ikan molly untuk beranak. Molly akan bisa beranak ketika memasuki usia mencapai 4 bulanan ke atas. Setelah usia ikan tercapai maka segeralah untuk melakukan pengawinan dengan teknik perbandingan 2:1.  Maksud perbandingan 2:1 adalah, kita sediakan pembiakkan secara masal atau pasang-pasangan dengan jumlah perbandingan setiap ada 2 ekor betina kita sediakan ikan pejantan 1 ekor saja. 


Cara mengawinkan ikan molly



Setelah melakukan tahapan pengawinan ikan molly, sebaiknya anda wajib mengetahui Ciri ikan indukan betina kondisi hamil atau tidak. Salah satu ciri yang mudah dilihat adalah nampak terlihat perut indukan betina yang berbentuk bulat membesar mirip bola. Tanda yang nampak lain adalah seperti terlihatnya bintik-bintik hitam sekitaran perut yang membuncit. Kalau kita sudah menemui tanda-tanda tersebut itu tandanya pemijahan kita sudah berhasil.

Tips yang selanjutnya untuk meningkatkan hasil produksi yaitu cara mempercepat atau memersingkat waktu kehamilan. Agar ikan mampu melahirkan di usia kandungan 25 hari sampai 30 hari, maka kita harus melakukan perawatan ekstra. Berikan pakan secara teratur dan berikan asupan nutrisi yang baik untuk ikan. Makanan yang baik dan kaya nutrisi bagus diberikan ketika indukan hamil adalah cacing sutra dan kutu air. 

Budidaya ikan molly balon di terpal



Pemberian pakan tersebut harus dilakukan 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Siapkan tempat khusus anakan yang baru dilahirkan bisa di aquarium yang tidak terdapat ikan besar atau jenis lain yang bisa membahayakannya. Perlu di ingat ikan molly dewasa akan memangsa ikan molly yang baru saja dilahirkan, maka dari itu segeralah pindahkan dan pisahkan dengan indukannya. 

Sediakan kolam atau aqiuarium yang memiliki kualitas air bagus, kolam yang kotor akan membuat ikan sulit berkembang. Kolam yang kotor dan keruh banyak mengandung kuman dan ini akan membahayakan kesehatan atau membunuh ikan molly.  Pembudidaya harus rajin-rajin membersihkan atau mengganti air kolam dengan yang baru. Pembersihan atau penggantian air baik dilakukan 1 atau 2 minggu sekali. Jenis-jenis ikan molly 

Kondisi air yang jernih dan bersih akan mempercepat pertumbuhan anakan molly yang baru dilahirkan. Dan apabila anda cukup dana bisa menambahkan selang oksigen dan di alirkan ke aquarium sehingga kualitas air budidaya benar-benar bagus. 

Ternak ikan molly di aquarium

Pembesaran ikan molly






Setelah pengembangan anakan tadi sudah terlaksana anda bisa melakukan program ulang untuk pengawinan ulang lagi indukan molly yang tadi. Lakuakan semua sistem pembiakan tadi secara berulang, maka proses budidaya ikan molly balon di aquarium ataupun kolam bisa maksimal.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya