7 Cara Merawat Ikan Koki Di Aquarium Agar Tidak Mati

 Dulu ketika saya masih pemula dan sering menemui kesulitan dalam cara merawat ikan koki di aquarium , sering terjadi mati mendadak. Dalam waktu hitungan hari, minggu dan bulan selalu menemui kegagalan dalam memeliharanya. Pertanyaan saya sebagai pemula adalah, apa karena air, ukuran aquarium, pakan, atau sistem filtrasinya. Memang di masyarakat banyak yang memfonis memelihara ikan mas koki sangatlah sulit, mudah mati dan sering terkena penyakit. 

Namun bagi saya pecinta ikan mas koki, sangat tidak menghiraukan pernyataan masyarakat tersebut. Berulang kali gagal dan mati ikan koki saya, namun selalu mencoba kembali karena ketertarikan terhadap ikan ini. Keindahan dari bentuk tubuh ikan, warna sisiknya, ekor, banyak jenis, dan kelucuan gerak geriknya sangat menarik hati sanya untuk selalu mencoba. 

Jenis Penyakit pada Ikan Koki


Ikan Koki oranda


Setelah mengalami banyak kegagalan dan mempelajari berbagai kegagalan tersebut, sedikit demi sedikit saya menemukan solusinya. Ternyata setelah sekian lama mencoba saya sendiri menyimpulkan bahwa memelihara ikan mas koki di aquarium sangatlah mudah. Yang perlu kita lakukan adalah  :

1. Pemilihan pakan terbaik

2. Menjaga kualitas air

3. Menyediakan alat aerator 

4. Pemberian sistem filterasi air di atas (Top Filtrasi)

5. Kuota atau kapasitas jumlah ikan di dalam aquarium

6. Pemberian lampu UV (ultra violet)

7. Heater (pemanas air)


Cara Merawat Ikan Koki Di Aquarium Mudah Dipraktekkan

Dari 7 point di atas bisa kita praktekkan sendiri dan diterapkan dengan mudah tanpa memerlukan tenaga ahli. Bahan-bahan tersebut juga sangat mudah kita dapatkan di toko ikan dekat rumah kita atau bahkan pembelian secara online. 

Pemilihan pakan terbaik

Pakan ikan koki terbaik bisa kita pilih dengan pemilihan jenis makanan kering. Yang terkenal dan selama ini saya pakai terbukti awet adalah ber merk Takari. Namun dari merk yang lain bisa teman teman pilih seperti Agaru dan Asahi, yang terpenting dari pakan pabrikan ini kita pilih yang berbulir kecil. Kenapa pilih yang berbulir kecil? sepengalaman saya ketika ikan koki memakan makanan pabrikan tersebut dengan bulir besar akan berakibat fatal. 

Kalau kita amati pakan pabrikan yang kita diamkan di air, akan mengembang ukurannya dan bayangkan saja kalau koki kita memakannya dengan jumlah yang banyak, rata-rata ikan anda akan mati kekenyangan. Dengan pemilihan bulir kecil dan pemberian yang tidak terlalu banyak akan menyehatkan atau ramah terhadap saluran pencernaan ikan.

Pemberian pakan terlalu banyak juga bisa berdampak pada penurunan kualitas air. Air yang kotor karena makanan akan menimbulkan beberapa bakteri yang membahayakan kesehatan ikan koki. Lebih baik berikan pakan sedikit atau pas tapi langsung habis dimakan ikan. 

Setelah pakan pabrikan diberikan bisa kita selingi dengan pemberian paka tambahan semisal sayuran atau cacing beku. Sayuran yang bagus dikonsumsi untuk ikan koki adalah sayur brokoli dan seldri. Pengaplikasian pemberian pakan sayuran untuk ikan mas koki.

Menjaga Kualitas Air dengan Sistem Filtrasi


Sistem penyaringan air di dalam aquarium (filtrasi) bukan hanya dibutuhkan oleh ikan koki saja, namun semua ikan hias aquarium sangat membutuhkan. Pada pemeliharaan ikan koki sistem filtrasi ini sangat bagus menjaganya agar tetap hidup sehat. Dasar kehidupan ikan koki di alam liarnya membutuhkan air yang bersih dan air yang mengalir. Di aquarium kita mengganti sistem tersebut dengan pompa filter. 

Yang terpenting di dalam pemeliharaan ikan koki di aquarium adalah terpenuhinya kandungan oksigen di dalam air. Percikan saringan output air dari filter yang jatuh mengucur di aquarium sangat membantu memasukkan kandungan oksigen di dalam air. Sehingga ikan akan merasa seperti di habitat aslinya seperti di sungai dengan air bersih hasil saringan filter. 

Penggantian media saring filter harus sering kita lakukan agar kualitas air tidak menurun. Namun apabila kita sudah mengganti media filter tetapi air masih terlihat keruh, maka selayaknya dilakukan pengurasan dan penggantian air bersih yang baru.

Pengguanaa Alat Aerator

Sebelumnya pengertian alat aerator di pergunakan di dalam instalasi aquarium adalah sebagai penghasil gelembung udara di dalam air. Dengan pecahnya gelembung udara di permukaan aquarium akan membuat  kepadatan air juga berkurang dan terisi bulir-bulir gelembung kecil yang berisi udara. Udara di dalam bulir tersebut pasti ada kandungan oksigen yang sangat dibutuhkan ikan mas koki.

Nah dilihat dari fungsi aerator tersebut, saya simpulkan sendiri bahwa alat tersebut memang wajib dibutuhkan ketika anda tanya cara merawat ikan koki di aquarium. Banyak yang mengatakan di luar sana, ikan koki bisa hidup tanpa aerator ? memang iya, namun gelembung air tersebut diakali dengan kucuran deras dari hasil air filter.  Cara memelihara ikan koki tanpa oksigen aerator

Sistem aerator ikan koki



Kuota Jumlah Ikan Aquarium

Ketika terlalu bersemangat, banyak penghobi yang memelihara ikan koki dengan berbagai jenis dan jumlah yang sangat banyak. Padahal ukuran Aquarium yang dimiliki hanya kecil, hal tersebut tidaklah sesuai. Bayangkan saja kalau kita hidup di dalam kamar ukuran 3x3 di isi lebih dari 10 orang, pasti akan terjadi tekanan stress. Hal tersebut sama halnya ikan mas koki anda jadi kita sesuaikan dengan ukuran aquarium yang kita miliki. Stress pada ikan koki dapat berakibat fatal dan bisa mati mendadak.



Penggunaan Heater (pemanas)

Cara merawat ikan koki di aquarium


Saya sendiri juga sangat menyarankan anda menggunakan pemanas atau heater ini, tujuannya tak lain adalah menjaga suhu air aquarium. Sebenarnya heater tidak harus kita pakai, namun berguna dalam kondisi yang bertujuan untuk menyehatkan kondisi ikan koki yang sakit. Kondisi yang bagus air dalam aquarium adalah bersuhu 25 - 30 derajat celcius. Pemulihan ikan yang sakit akan tercapai dalam waktu yang lebih cepat. Dengan meningkatkan suhu air bisa berguna untuk membutuhkan bakteri-bakteri

Penggunaan lampu Uv juga disarankan untuk  meningkatkan kecerahan warna sisik ikan koki. Fungsi lain lampu ini adalah pengganti sinar matahari alami. Sehingga pertumbuhan ikan koki kita dapat berjalan dengan baik. 

Ketika kita menemui salah satu ikan koki kita terkena penyakit jamur atau terkena parasit lain, maka segeralah karantina dan pisahkan dari yang lain. Sebenarnya cara merawat ikan koki di aquarium dan tidak mudah mati sangatlah mudah yang terpenting tetap konsisten 7 poin di atas.



Post terbaru

Penyebab Warna Ikan Mas Koki Pudar Di Aquarium