6 Penyebab Ikan Mas Koki Mudah Mati Mendadak di Aquarium

Beberapa penyebab ikan mas koki yang anda pelihara di aquarium mudah mengalami mati satu ekor atau lebih sekaligus. Memang bagi para pemula hal itu sering dijumpai pada masa-masa awal pemeliharaan. Jangan kapok dan teruslah mencoba memelihara ulang, berjalannya waktu akan menjadi lebih perpengalaman untuk menemukan cara mengantisipasinya. 

Apabila tidak mau mengalami kegagalan terlalu dini dan takut merugi, maka bisa kita sharing berbagi pengalaman. Menurut pengalaman pribadi, ada beberapa penyebab yang sering banget membuat koki kita manjadi mati, diantaranya :

Penyebab ikan koki mudah mati mendadak


Penyebab dan Antisipasi Ikan Mas Koki Mati Mendadak

Memberi pakan jumlahnya terlalu banyak

Ketika kita memberikan pakan terlalu banyak, maka akan bertumpuk dengan kotoran. Hal tersebut bisa menjadi penyebab timbulnya zat ammonia yang tentunya membahayakan kesehatan ikan mas koki kesayangan kita. Pakan terlalu banyak juga bisa ber efek membuat ikan mati kekenyangan. Kenapa demikian, dalam pengamatan saya sendiri pakan ikan tertentu kalau di diamkan di air dalam hitungan menit ukurannya bisa menjadi mengembang. Padalah ikan koki kita memakan pakan tersebut masih dalam kondisi kering namun dalam jumlah banyak. Sehingga pakan tersebut akan mengembang di dalam perut ikan koki hingga melebihi kapasitas tampung perut ikan dan akhirnya mati.

Jenis-jenis ikan koki berdasarkan bentuk fisik

Jumlah ikan tidak sesuai kapasitas aquarium



Kapasitas aquarium ikan koki


Untuk memperhitungkan jumlah ikan yang kita pelihara, sangat penting untuk memperhatikan kapasitas maksimal. Di alam liarnya ikan koki menyukai habitat perairan yang luas dan biasanya dia leluasa untuk berenang. Mempelajari juga dari habit liarnya, koki hidup pada perairan yang memiliki air beriak dan banyak mengandung udara. Sehingga dalam jumlah kapasitas terlalu padat, daya pompa dan aerator seringkali tidak bisa mengimbangi dengan kebutuhan ikan mas koki.

Cara mengawinkan ikan koki

Menggunakan air yang mengandung klorin

Kesehatan ikan mas koki ditentujak juga dari kondisi kualitas air yang dipakai. Kandungan klorin dalam jumlah sedikit mungkin ikan mas koki mampu bertahan dalam beberapa waktu, namun tidak demikian kalau jumlahnya lumayan banyak. Ikan koki kita bisa-bisa mati mendadak dalam hitungan jam bahkan menit dari waktu pembelian. Selain itu volume air aquarium juga harus mencukupi dengan jumlah ikan yang dipelihara.


Tidak mempertahankan suhu air yang tepat.

Memang keberhasilan beternak atau memelihara ikan mas koki 70% terletak pada tata pengelolaan air, maka dari itu kita harus persiapakan dengan matang. Ikan koki dapat tumbuh sehat di suhu air berkisar antara 15 sampai 22 derajat celcius. Antisipasi yang bisa kita lakukan dengan pemberian termometer di aquarium dan juga menyediakan alat water heater.

Ikan mas koki mati mendadak


Penyebab warna ikan mas koki menjadi pudar


Segera buang ikan yang terlanjur mati

Ketika ada ikan koki atau ikan yang lain mati di dalam aquarium maka segeralah buang. Ikan mati di air akan lebih cepat membusuk, dan bila dibiarkan akan mengundang berbagai bakteri penyakit seperti jamur dan virus. Sehingga rawan bagi ikan mas koki yang masih dalam keadaan sehat.

Penyakit mematikan pada ikan mas koki


Penyakit mematikan ikan koki


Tidak mempertahankan pH yang tepat

Pengontrolan ph air harus diperhatikan dan kita kontrol terus menerus supaya kondisi ikan tetap sehat.

Dari beberapa point tentang penyebab ikan mas koki mudah mati mendadak saat di aquarium bisa kita ambil beberapa antisipasi. Antisipasi tersebut juga harus di imbangi dengan emberian berbagai vitamin, pakan yang sehat dan rutin melakukan pembersihan juga penggantian air

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya