Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak Dan Subur

 Sahabat pecinta tanaman hias pasti sangat tertarik dengan keindahan Aglaonema dan penasaran juga bagaimana cara merawat agar ia cepat beranak namun tetap kondisi subur. Mungkin akhir-akhir ini aglaonema sedang naik daun peminatnya sehingga banyak yang berburu untuk memilikinya. Jadi, kenapa tidak untuk anda mengambil kesempatan dengan mengembangkan berbagai jenis aglaonema.

Pembahasan kali ini kita akan memfokuskan tentang bagaimanasih cara merawat agalaonema supaya kondisinya sangat subur serta cepat tumbuh tunas anakan baru. Sebenarnya perawatan aglaonema sangatlah mudah tidak serumit menanam tanaman hias lainnya. Hal-hal yang harus kita perhatikan adalah dalam pemilihan media tanam. Mengenal Aglonema hybrid lokal

Cara merawat aglaonema Agar Cepat beranak


Cara Pemilihan Media Tanam Membuat Aglaonema Cepat Beranak

Media tanam yang bagus kita pakai adalah bertekstur poros/gembur sekali. yaitu kombinasi antara sekam, kompos dan juga ada tanah biasa juga. Dengan pemilihan media tanam yang seperti ini tanpa perawatan yang rumit anakan tunas mudah sekali muncul di setiap bonggolnya. 

Kadang kita juga berikan kombinasi media tanam dengan paduan sekam yang sudah dibakar, pupuk kandang, kompos , cocopit, akar pakis. yang terpenting kita rajin-rajin menyiangi tanaman liar yang tumbuh di sekitar pot aglaonema, supaya pertumbuhannya tidak terganggu.

Untuk pengetahuan saja, dalam penyiraman aglaonema tidak bisa kita lakukan sehari 2 kali seperti tanaman lainnya. Penyiraman yang terlalu sering akan berkibat pembusukan bonggol tunasnya, dan pabila kita teruskan akan berkibat matinya aglaonema. Penyiraman yang benar untuk tanaman hias aglaonema adalah 5 hari sekali dengan catatan media tanam yang dipakai seperti contoh di atas.

Apabila penaman menggunakan media tanah saja ketika penyiraman kurang, maka akan berubah tekhsturnya menjadi kering , keras dan padat sehingga akan membuat tidak subur. Media tanam yang kering dan padat menghambat cara cepat beranaknya aglaonema. Keindahan aglaonema tisu harmoni

Dengan media tanam gembur, ketika menghadapi cuaca panas yang sangat terik bisa kita lakukan penyiraman 3 hari sekali. Namun untuk masalah penyiraman sendiri sebenarnya fleksibel dengan kondisi sebenarnya di lingkungan anda masing-masing. Kadang kalau kita menaman di dataran tinggi seperti pegunungan, tidak khawatir penyiramannya jarang. Namun kalau di tanam di daerah dataran rendah seperti pesisir beda lagi ceritanya. Intinya kita harus sering-sering melihat kondisi aglaonema yang kita tanam. Pastikan media tanam tetap gembur sehingga bonggol anakan tunas mudah tumbuh dan beranak. Jenis-jenis aglonema lokal harga murah

Pemupukan Dan Cara Merawat Yang Benar

Cara merawat aglonema agar cepat beranak dan subur


Selain pembahasan tentang penyiraman, tentunya kita juga harus memberikan pupuk pada Aglaonema. Pada pengalaman saya sendiri, boleh ditiru atau tidak, saya tidak menggunakan pupuk jenis NPK. Dahulu saya sering memakai pupuk khusus daun yaitu gandasil D, Namun akhir-akhir ini saya lebih suka menggunakan pupuk bahan organik.  Pengecekan daun bagian belakang aglaonema harus rajin kita pantau. Seringkali bagian belakang daun dan tangkai ini diserang hama seperti kutu daun, ulat dan lain sebagainya. Jika aglaonema ditemui sedang diserang hama, harus segera ditangani agar tidak menyebar ke tanaman yang lain.

Ketika hama yang menempel pada daun adalah kutu putih, kita hanya perlu membersihkannya saja dengan kain dan air. Dalam praktek pemindahan tanaman aglaonema dari media pot satu ke yang lain agar kondisinya tidak stres, bisa kita berikan vitamin B1. 

Pada proses pemupukan yang selanjutnya, saya berikan pupuk hayati yang cair PM3. Pupuk ini merupakan microba yang mengandung hormon aucin, sitokinin, hibrelin, zettin, dan etilen. Hormon-hormon tersebut sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan anakan aglaonema dan juga bisa menumbuhkan daun baru dari atas. 

Kira-kira cara merawat aglaonema agar cepat beranak dan tumbuh subur hanya itu saja. Ringkasnya adalah pemilihan media tanam, penyiraman harus teratur, pemupukan, dan perawatan intens terhadap kondisi tanaman agalonema. Kalau ada hama segera diatasi dan apabila tidak ada berarti kondisi aglaonema anda sudah subur dan sehat.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya