Aglonema Tisu Harmoni Indah Mempesona

 Tanaman hias yang sangat pas dipajang di depan rumah kita adalah jenis bunga aglonema tisu harmoni. Jenis aglonema yang satdeeeersgak susah dan jarang ditemukan di toko tanaman hias. Ketika aglonema kita sudah nampak tingggi pongkol batangnya kira-kira 10 cm tingginya, maka bisa kita lakukan pembibitan. 

Pengembangbiakan yang akan kita lakukan dengan cara pencangkokan. Terlebih dahulu kita bersihkan batang pohon dari daun-daun tua. Tujuan dari kita melakukan pembersihan dau adalah agar batang utama mudah ditumbuhi akar. Sehingga mempermudah kita dalam melakukan pencangkokan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Keindahan aglonema tisu


Alat pecangkokan yang kita perlukan adalah bisa menggunakan toples bekas atau botol bekas air mineral yang sudah di sobek satu sisinya. Setelah botol bekas sudah kita sobek, maka masukkan botol mengelilingi batang utama dari aglonema tisu harmoni kita dan kita tali secara kuat. Apabila penalian sudah dirasa kuat maka berlanjut kita isi botol bekas/toples bekas dengan media tanam (tanah) sampai memenuhi botol. Dengan memasukkan media tanam tersebut nantinya akan tumbuh akar pada batang utama dan siap kita potong setelah 1 bulan dari awal pecangkokan.

Stek Batang Aglonema Tisu Harmoni

Cara lain untuk memperbanyak aglonema kita, bisa menggunakan cara stek batang pucuk. Cara ini memang dibiang lebih beresiko dibandingkan dengan cara pecangkokan seperti di atas. Namun keberhasilannya juga bisa kita peroleh dengan berbagai cara. Jenis-jenis aglonema lokal harga murah

Praktek stek batang pucuk pada aglonema bisa langsung kita potong dengan menggunakan pisau tajam agar tidak membuat luka disekitaran batang. Kemudian kita sediakan pot yang sudah kita isi separuh pot dengan media tanam dari kombinasi tanah biasa atau tanah humus yang belum kita kasih pupuk. 

Setelah semua siap maka, taruh hasil stek batang pucuk aglonema tegak lurus di atas tanah separuh pot tadi yang kemudian kita urug media tanah lagi. Proses penanaman stek ini tidak boleh kita langsung menancapkan ke media tanah karena berkabat adanya gesekan antara tanah dengan luka habis stek. Sehingga jaringan batang atau akar menjadi rusak dan tunas akar tidak bisa tumbuh.

Setelah proses penanaman stek selesai dikerjakan, maka sebisa mungkin jangan melakukan penyiraman air yang membuat kondisi media tanam benar-benar basah. Basahnya media tanam secara terus menerus akan berpotensi membusukkan batang stek aglonema. 

Apabila indukan aglonema tisu kita sudah berumur lama dan berukuran tinggi, maka cara memperbanyak nya bisa dengan stek batang lagi sepanjang sekitar 10 cm atau kira-kira sudah ada dua ruas tunas akar. Setelah kita potong-potong bataang aglonema tadi kita diamkan sekitar 30 menitan agar getah-getah yang keluar bisa mengering. Setelah mengering, potongan batang tadi kita lakukan penanaman ke media tanah. Pendam potongan tadi separuh bagian dengan catatan possisi mata tunasnya berada dibagian atas.  Mengenal aglonema jenis adelia hybrid

Aglonema tisu harmoni

Aglaonema tissue

memperbanyak aglonema


Kesimpulan dari berbagai cara mengembangbiakkan aglonema tisu harmoni di atas, bisa dilihat lebih efektif dan bisa maksimal apabila kita melakukan stek batang. Dibandingan dengan pencangkokan stek batang memperoleh bibit aglonema tisu yang banyak sekaligus.

Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya