Mengenal Aglaonema Adelia Hybrid Lokal dan Harganya

 Salah satu jenis tanaman hias aglaonema yang menurut saya memiliki tampilan yang sangat cantik adalah jenis Aglaonema Adelia, dan ternyata jenis ini menjadi favorit saya pribadi. Yang saya contohkan dibawah ini merupakan jenis Lokal Hybrid asli, yang memiliki karakter daun bercorak seperti batik warna hijau dan didominasi warna pink.

Ciri aglonema hybrid lokal


 Dari bentuk daunnya agak oval memangkok ke atas dengan tangkainya berwarna pink juga, untuk dibelakang daunnya berwarna agak kemerahan terlihat paduan warna yang cantik seperti kompak. Aglaonema Adelia ini sebenarnya pertama kali realis sekitar tahun 2000 an, dan pada saat itu memiliki harga yang lumayan mahal mungkin karena waktu itu harga ditentukan dari banyaknya daun. Jadi waktu dulu semakin banyak daun maka harganya berbanding lurus semakin mahal.

Mungkin kalau masa-masa sekarang mungkin harganya sudah turun dan mulai murah kisaran dengan ukuran seperti gambar di atas yang berumur sudah dewasa dengan daun berjumlah sekitar 7 daun nan, mungkin dibandrol dengan harga berkisar Rp 75.000,- sampai Rp 125.000,- tergantung dari banyaknya daun. Mungkin juga bisa mencapai harga Rp 250.000,- kalau memiliki daun yang sudah sangat rimbun.

Dan selain yang hybrid ini, saya memiliki beberapa jenis tanaman aglaonema adelia yang lainnya. Tentunya masih sama berjenis adelia namun memiliki perbedaan pada warnanya, disinalah keunikan yang saya sukai dari jenis aglaonema lokal yang memiliki mutasi warna. Secara sepintas kalau kita lihat, sangat jauh berbeda walaupun masih dalam satu jenis aglaonema adelia.

Warna Daun Aglonema Adelia Hybrid


Ada juga seperti jenis aglaonema adelia dengan ciri khas warna daun yang sektoral atau belang, maksudnya yaitu warna daun di satu sisi bagian pohon berwarna dominan merah muda dan separuh sisi daun pohon berwarna standar seperti batik dominan  hijau dengan bercak warna merah muda. Pada jenis ini merupakan satu keunggulan dari aglonema adelia lokal yang memiliki mutasi warna yang sangat unik dan cantik.

Dari berbagai jenis aglaonema adelia sendiri memiliki patokan pembuat harga yang berbeda beda, biasanya dipengaruhi dari mutasi warna, perubahan bentuk pohon/daun, karakteristik yang bagus, dan lain-lain. Kalau yang masih standart biasanya dibandrol dengan harga berkisar Rp 75.000,- sampai Rp 100.000,- dan untuk yang  jenis mutasi bisa mencapai harga yang lumayan tinggi hingga berkisar Rp 500.000,- sampai Rp 1.500.000,- dan ini juga tergantung dari ukurannya.

Banyak orang yang menanyakan, kok harganya berbeda jauh sih padahal masih sama-sama jenis adelia???

Disitulah keunikannya , mungkin kalau yang adelia berjenis standart banyak orang yang sudah memilikinya dirumah dan tentunya mudah dikembang biakkan. Kalau yang mutasi, selain tampilannya yang sangat cantik, jenis mutasi sangat unik sangat jarang dimiliki orang dan memiliki daya tarik yang kuat. Proses terjadinya mutasi ini pun tidak segampang kita buat, biasanya proses mutasi dilakukan secara alami sehingga tidak banyak orang yang bisa mengembangkannya. 


Pembiakan Adelia Hybrid


Untuk kita mendapatkan keturunan adelia yang mutasi, kita harus membeli satu pohon yang jenis mutasi full berukuran dewasa atau besar. Dengan ukuran yang besar ini biasanya akan segera menghasilkan anakan tumbuh disektitar indukannya, dan rata-rata anakan yang tumbuh juga menuruni genetik yang mutasi juga. 

Apabila anda ingin benar-benar memperbanyak adelia yang full mirip dengan indukannya, bisa kita kembangkannya dengan penanaman menggunakan batang, dari cara ini 100% keturunannya akan sama persis dengan mutasi indukan yang kita beli tadi. Tapi kelemahannya kita harus merelakan indukan yang kita beli dengan harga mahal, kita potong-potong batangnya untuk  kita kembangkan. 

Apabila anda membeli dari anakan, pastikan adelia mutasi ini benar-benar turunan atau anakan dari adelia dewasa yang mutasi. Tapi semuanya itu tidak ada jaminannya apabila kita membeli dari anakan. Mengingat proses mutasi ini terjadi secara alami, bisa saja adelia anda seiring berjalan waktu bisa berubah kembali menjadi warna yang standart atau juga berubah menjadi adelia mutasi yang lebih bagus.

Daun aglonema

Aglaonema Adelia Hybrid Lokal



Dan Satu hal lagi, kalau anda mencari aglaonema adelia yang  mutasi, tentunya juga sangat susah dicari karena memang jenis ini sulit untuk dikembangkan.


Post terbaru

Ikan Buntal Air Tawar Tidak Beracun dan Berbahaya