Hidroponik Vertikultur Permasalahan Dan Solusinya

Buat teman-teman yang penasaran dengan adanya sisitem hidroponik vertikultur, sebenarnya bercocok tanam dengan sistem ini sama dengan cara bercocok tanam hidroponik teknik yang lainnya. Yang membedakan hanya pada cara memposisikan media pipa paralon untuk tempat tumbuh kembang tanaman sayur secara vertikal. 

 Sebenarnya tujuan utama dibuat sistem vertikal ini yaitu untuk mendayagunakan lahan atau tempat bercocok tanam yang sempit agar bisa lebih optimal menghasilkan. Sebenarnya teknik hidroponik verikultur bisa menggunakan beberapa tempat atau wadah, semisal pot, botol plastik, pipa paralon,  dan lainnya yang bisa disesuaikan juga dikembangkan secara keinginan dan kreatifitas dalam membudidayakan tanaman.
Hidroponik vertikultur adalah


Tidak berbeda dengan hidroponik sistem lainnya, saat menerapkan teknik vertikultur juga tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Media yang digunakan tersebut juga sama dengan media hidroponik seperti arang, rockwool, cocopad, serta yang lainnya. Baca juga: Pengganti rockwool hidroponik

Permasalahan Hidroponik Vertikultur


Syarat utama untuk memulai hidroponik vertikultur dengan pipa paralon yaitu harus menyakinkan konstruksinya kuat dan tidak mudah roboh. Untuk mencapai kekuatan agar tidak mudah roboh instalasinya, bisa didesain alas atau pondasinya pipa paralon dirangkai rata mirip seperti cakar ayam.

Karena instalasinya yang berbentuk vertikal, tentunya sistem pengairan tidak memakai konsep mendatar seperti hidroponik pada umumnya, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan baru tentang pangairan instalasi seperti air bocor dan keluar dari lubang net pot sehingga tidak masuk ke dalam instalasi dan berrotasi lagi, apabila berlangsung dalam waktu yang lama, pastinya tanaman akan kekurangan nutrisi.
     
                   -  Pengertian Hidroponik Rakit Apung

Solusi Masalah Pada Hidroponik Vertikultur


Untuk mengantisipasi permasalahan hidroponik vertikultur ini yang konsepnya air naik ke atas dan turun ke bawah untuk memenuhi nutrisi tanaman, pada sela lubang-lubang net pot sering kali ada rembesan air. Untuk mengatasi permaslahan tersebut kita bisa menyumbat lubang netpot yang sudah teridentifikasi ada rembesan air menggunakan busa, kapas atau kain flanel. 

Pengertian Hidroponik Vertikultur

Kebocoran pada hidroponik vertikultur


Sebagai cara antisipasi sebelum terjadi kebocoran, pada lubang tempat netpot kita bisa akali dengan cara meliliti semua netpot yang akan kita gunakan pada lubang pipa paralon menggunakan kain flanel atau sejenis kain dacron sampai berdiameter pas atau span dengan diameter lubang pipa paralon. Dengan meliliti netpot menggunakan kain flanel ini kita tidak khawatir dikemudian hari ada terjadi kebocoran pengairan instalasi.

Fungsi lain dari kain flanel ini yaitu sebagai pengendap nutrisi, atau penyimpan nutrisi cadangan saat terjadinya pemadaman listrik sehingga tanaman masih mendapatkan nutrisi hingga listrik hidup kembali. 

Cara pelubangan pipa paralon saat akan mulai bercocok tanam hidroponik vertikultur ini juga sangat berpengaruh terhadap kebocoran pengairan. Biasanya lubang yang dibuat ternyata pecah, kemiringannya kurang pas, diameter lubangnya tidak sesuai dengan netpot yang digunakan dan lain-lain. 

instalasi hidroponik vertikultur

Pembuatan lubang pipa paralon bisa menggunakan cara dipanasi terlebih dahulu pipa paralon bisa menggunakan win gass portable ataupun hair dryer Pemanasan pipa paralon jangan berlebihan yang berakibat terbakarnya pipa, dan jangan terlalu sebentar pemanasannya karena kalau lubang di bengkokkan akan bisa berakibat pipa pecah. Pelubangan ini memang membutuhkan skill dan kebiasaan yang sudah terlatih, apabila anda baru pertama kali mencoba mungkin akan terjadi lubang pecah atau terbakar, hal ini bisa dikatakan lumrah. Yang pasti anda harus mengasah kebiasaan dan terus belajar pelubangan paralon tersebut sehingga bisa membuat lubang instalasi paralon vertikultur yang bagus dan tidak bocor.

Masalah lain yang timbul proses bercocok tanam vertikultur ini yaitu, dalam tempo yang lama instalasi paralon bisa terjadi kerusakan misalnya pecah pada lubang netpot. Pecahnya lubang paalon tempat netpot ini bisa berakibat bocornya juga pengairan nutrisi. Untuk memperbaikinya kita bisa mengelem menggunakan lem "plastic stell" yang bisa sangat rekat terhadap paralon sehingga kebocoran akibat pecah bisa di atasi. 





Post terbaru

Ikan Koki Ranchu Buffalo Ciri Khas dan Harga