Instalasi Hidroponik Paralon Sederhana Yang Bagus

 Cara yang saya gunakan untuk membuat instalasi hidroponik dengan bahan paralon secara sederhana menganut sistem DFT (Deep Flow Technique) Hidroponik. Lubang yang saya terapkan pada pipa paralon berjumlah sekitar 150 lubang. Dengan jumlah lubang tersebut kita bisa susun paralon menjadi 6 tingkat, namun bisa juga disesuaikan terhadap tersedianya lahan atau kondisi dari teman-teman. Baca juga : Hidroponik sistem DFT

Untuk ketinggian baja ringan yang saya pakai untuk penopang instalasi paralon sekitar 165 cm, dengan lebar sekitar 75 cm, dan untuk rangkaian penopang baja ringan bagian depan setinggi 70 cm Model instalsi yang saya buat bisa menghabiskan bahan baja ringan model kanal C sebanyak 4 batang dan 4 batang tipe reng baja ringan. Kenapa tidak menggunakan bambu atau kayu ???

Menurut saya bahan baja ringan memiliki banyak keunggulan, seperti praktis, mudah dibua, terlihat rajin, dan yang paling penting adalah awet tahan lama terhadap perubahan musim. Baca juga : Hidroponik NFT

Instalasi hidroponik paralon


Untuk input nutrisinya kita buat sendiri menggunakan manipol buatan sendiri menggunakan pipa berukuran 2 inch, dan kita lubangi sebanyak 6 lubang. Pada sistem outputnya karena kita memakai sistem DFT yang harus ada air nutrisi yang menggenang di dalam instalasi paralaon, maka cara pembuatannya kita pakai dop pipa 2,5 inch atau pasangan dari ukuran paralon yang kita gunakan untuk media tanam.

Dop tersebut kita lubangi berukuran diameter 0,5 inch hingga pipa paralon outputnya pas terhadap lubang pada dop tersebut. Lubang pada dop tidak boleh terlalu bawah sehingga tidak terjadi genangan akibat tersalur semua nutrisinya ke pipa output.

Langkah Awal Pembuatan Instalasi Hidroponik 


Untuk langkah yang pertama kita harus melubangi pipa paralon yang berukuran 2,5 inch, tapi terlebih dahulu kita potong shock nya sepangjang 10 cm dari ujung shock. Gunakan gergaji besi untuk lebih mudah pemotongannya. 




Pada proses pelubangan pipa menggunakan mesin bor dengan mata pisau jenis hall saw berukuran 44 mm, untuk tempat net pot berukuran 5 cm. Kita terlebih dahulu mengikat seluruh pipa yang kita pakai, di setiap ujungnya dengan isolasi secara sejajar, hal ini bermaksut agar saat proses pengeboran pipa paralon dapat lurus sejajar rapi dan tidak berkelok-kelok sehingga instalsi dapat dialiri air nutrisi dengan baik tidak tumpah di tengah-tengah. Baca Juga : Pakcoy Hidroponik

Selanjutnya kita akan melakukan pengukuran untuk pembuatan lubang. Untuk lubang pertama kita buat ukuran jarak 7 cm dari ujung paralon, dan untuk lubang berikutnya dan seterusnya kita beri jarak 15 cm. 

Jarak Lubang Hidroponik Paralon



Ketika proses pelubangan pipa paralon dengan jarak lubang 15 cm sudah selesai, kita berlanjut untuk pemotongan baja ringan dengan ukuran 

a. panjang 165 cm sebanyak 4 potong, 
b. panjang 180 cm sebanyak 4 potong 
c. panjang 75 cm sebanyak 8 potong

Proses pemasangan kuda-kuda instalasi kita harus memerlukan bantuan, minimal 2 orang karena sangat sulit apabia kita pasang sendirian. Jarak antar kaki kuda-kuda adalah 125 cm, dan ketika suah selesai kita berlanjut membuat tatakan pipa paralon supaya tidak jatuh.

Penggunaan pompa air untuk mengalirkan nutri ke instalasi hidroponik, kita pilih yang bisa mengangkat air dengan ketinggian 6 meter, sehingga air nutrisi tanpa kendala tersalur pada instalasi pipa paralon yang paling atas. Biasanya besar watt pompa ini berkisar 108 watt. Saya pilih pompa air yang berkekuatan besar ini bermaksut karena dia memompa instalasi dengan jumlah lubang tanam yang lumayan banyak.
Pompa air instalasi hidroponik


Saya gunakan venturi untk memperbanyak kandungan oksigen pada nutrisi. Selain itu venturi saya gunakan untuk memutar atau mengatur nutrisi walaupun masih ada sisa-sisa atau kotoran bisa terangkat lagi. Kita berikan stopkran yang kita pasang tiap pipa untuk mengatur dan membagi arus air nutrisi. 

Contoh Instalsi Model Hidroponik


Untuk hasil panen dengan instalasi ukuran ini bisa tergolong sangat efektif dan produktif, sangat cocok untuk diterapkan di rumah anda. Kita juga bisa menerapkan berbagai model instalasi yang saya rasa sangat powerfull apabila dipraktekkan pada lahan yang sempit. Model instalasinya berbentuk segitiga dengan kedua sisi bisa dipakai untuk menaruh pipa-pipa paralon untuk media tanam. Dengan model segitiga ini bisa memproduki 2 kali lipat sayuran yang ditanam, namun membutuhkan pompa air yang bertenaga lebih.


Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah