Selada Hidroponik Harga Jual dan Cara Budidaya

Dalam artikel kali ini saya akan menjabarkan bagaimana tips dalam bercocok tanam sayur Selada Hidroponik agar subur dan hasil panen yang berkualitas. Untuk lebih detailnya saya akan menjelaskan dari 4 tahapan dalam bercocok tanam selada ini. Dari pertama yaitu proses penyemaian, yang ke dua penanaman, ketiga pembesaran dan yang ke empat yaitu cara pemanenan.

Selada hidroponik harga jual



Tahapan Bercocok Tanam Selada Hidroponik 


1. Tahap Penyemaian 

Pada tahap pertama ini kita memang harus mempersiapkan alat dan bahan untuk menumbuhkan selada. Alat dan bahan yang akan kita perlukan untuk tahap penyemaian diantaranya adalah :

a. RockWool

b. Gergaji Besi

c. Sprayer

d. Benih Selada

e. Lidi / Tusuk sate

f. Wadah baskom atau nampan

Selada disemai Rockwool hidroponik


Setelah alat dan bahan sudah kita sediakan maka kita berlanjut untuk memotong Rockwool tadi dengan gergaji besi yangsudah kita sediakan dengan ukuran tebal 2-3 cm, setelah itu maka kita bagi lagi rockwol yang tadi sudah kita potong berukuran 2 atau 3 cm ,dibagi menjadi 18 bagian dengan cara kita menggaris bagian pendek menjadi 3 bagian dan bagian yang panjang menjadi 6 bagian.

 Berlanjut irislah garis yang sudah kita buat tadi dengan gergaji sedalam kurang lebih 1 cm saja, yang penting rockwool jangan sampai putus dan terpisah. 

Kita lubangi rockwool dengan kedalaman antara 0,5 cm dengan menggunakan tusuk sate atau lidi yang tadi.

Seteah setiap bagian rocwool sudah kita lubangi dengan lidi, maka kita lanjutkan dengan memasukkan benih selada ke lubang. Dalam setiap satu lubang kita berikan satu biji selada.

Untuk mempermudah kita memasukkan biji ke lubang rockwool kita bisa membasahi lidi dengan air untuk mengambil dan memasukkan benih biji ke lubang rockwool. 

Setelah kita pastikan semua lubang terisi benih maka kita bisa melanjutkan untuk membasahi rockwool dengan spayer yang sudah kita sediakan. Membasahi rocwool ini cukup menggunakan air biasa saja, yang terpenting kondisi rockwool benar-benar basah dan lembab.

Kita letakkan semaian bijik selada ke tempat yang cukup terkena sinar matahari secara langsung. Pada saat tahap ini kita harus sering kontrol kondisi rockwool agar tetap basah dan lembab jangan sampai kekeringan. 

Perkembangan benih selada hidroponik dalam waktu 3 hari setelah penyemaian akan mulai terlihat tunas daun keluar dari rockwool, dan hari ke empat biasanya sudah ada daun kecil selada sebanyak 2 lembar kecil. Se
telah semaian benih sudah berjalan selama sepuluh hari maka, kita bisa berlanjut ke tahap pindah tanam. Baca juga : Hidroponik sistem Wick yang sederhana


2. Tahapan Pindah Tanam Selada Hidroponik

Ketika benih selada sudah berumur 10 hari, maka saat itu layak dilakukan pemindahan atau penanaman ke instalasi hidroponik. Pada umur 10 hari ini benih selada sudah memiliki 3 daun  atau 4 daun. Cara pemindahannnya kita persiapkan dahulu net pot yang sudah kita kasih kain flanel/sumbu dan sistem instalasi hidrponik.

Cara Menananm Selada sistem hidroponik

 Sumbu atau kain flanel ini berfungsi untuk menaikkan air dan nutrisi dari baskom atau intalasi, dan untuk kali ini kebetulan saya menggunakan sistem hidroponik yang sangat sederhana dengan bahan baskom atau bak yang digunakan untuk wadah air dan nutrisi juga menggunakan alat perabot yang berguna untuk wadah/tempat netpot. Air dan nutrisi yang kita gunakan terlebih dahulu kita seting kepekatannya diatara 300 sampai 500 ppm, dan PH air sudah kita ukur menggunakan alat TDS meter sebesar kira-kira mencapai 400 an. Baca juga cara pengaturan PH air untuk hidroponik.

Langakah pertama saat akan kita pindahkan bibit selada yaitu pisahkan bagian-bagian rockwool yang sudah kita bagi dengan gergaji besi pada tahap awal penyemaian tadi dengan cara memotong rockwool dengan pisau cutter.

Kita pilih tanaman selada yang paling baik tumbuhnya, dan berlanjut untuk meletakkan selada rockwool yang sudah terpisah ke dalam netpot sampai menyentuh kain flanelnya dan kita masuukan netpot ke dalam instalasi sistem hidroponiknya. Ulangi langkah tersebut hingga terpenuhi lubang yang ada pada instalasinya. 

Jika semua lubang instalasi sudah terpenuhi dengan netpot maka kita pastikan lagi, kain flanel yang ada pada net pot benar-benar menyentuh air dan nutrisi yang ada di bak.


3. Tahapan Pembesaran Selada 

Pada tahap pembesaran ini kita harus sering melakukan pengecekan bisa dilakukan dalam tempo setiap 1 atau 2 hari untuk melihat kepekatan nutrisi yang ada pada baskom/bak apakah sudah mulai berkurang atau tidak. Dan apabila sudah berkurang maka anda harus segera menambahkan kepekatannya.


Selada ditanam hidroponik


Pada hari ke 17 kita akan lakukan peningkatan kepekatan nutrisi air menjadi 800 ppm, Sedikit tips saja, apabila kondisi air nutrisi sudah kotor, maka alangkah baiknya kita lakukan penggantian yang baru dan lebih bersih. 

Pada hari ke 21 kita juga akan menaikkan lagi kepekatan nutrisi airnya hingga mencapai 1000 ppm. Seperti pada hari ke 17 tadi apabila air dan nutrisi juga sudah terlihat kotor, kita ganti saja dengan air yang baru.

Pada Hari ke 31 kita naikkan lagi kepekatan nutrisi airnya mencapai 1200 ppm. Pada hari ke 30 dan sampai masa panen kita intensifkan pengecekan terhadap air dan nutrisinya karena cepat habis yang disebabkan dari penyerapan tanaman. 

Baca juga : Media tanam Aquaponik 

4. Tahap Pemanenan Selada Sistem Hidroponik


Selada hidroponik yang sudah layak panen, berumur antara 35 sampai 40 hari. Untuk kalian yang untuk dikonsumsi sendiri bisa dilakukan kapanpun sesuai dengan selera anda, yang terpenting jangan sampai selada berumur terlalu tua. Selada yang berumur terlalu tua saat dipanen akan membuat rasanya menjadi pahit. 

Pemanenan dilakukan dengan hati-hati agar netpot dan alat-alat yang lain bisa nanti gunakan lagi. Ambil rockwool dari netpot secara perlahan, apabila kesulitan bisa kita potong dahulu tanaman seladanya sehingga tidak rusak dan mengurangi kualitasnya. Apabila kita jual di pasaran harga tanaman sayur selada ini dipasaran sangat menjanjikan, sehingga layak untuk kita kembangkan secara masal dan industri. 


Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah