Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya

Sistem pertanian dengan aquaponik merupakan cara bercocok tanam menggunakan media tanam kolam ikan. Instalasi atau desainnya pada umumnya kolam ikan berada bawah tanaman yang kita budidaya. Keuntungan dari kita menggunakan mediatanam ini, tentunya akan mendapatkan 2 hasil panen, yaitu perikanan dan pertanian sekaligus dalam satu kegiatan.

Kelebihan Dari Media Tanam Aquaponik 

Pada instalasi kolam, kita bisa budidaya berbagai jenis ikan tergantung minat kita misalnya bisa lele, nila, gurame atau lainnya. Setelah kolam ikan yang sudah terlebih dahulu kita budidaya, maka akan tercipta kotoran ikan yang bisa bermanfaat untuk pemupukan pada tanaman yang kita kembangkan. 

Media Tanam Aquaponik


Pembuatan modul atau instalasi pipa sebagai wadah tanaman yang kita siapkan bisa mirip dengan sistem bercocok tanam hidroponik, yaitu menggunakan pipa paralon. Pipa paralon ini kita taruh atau rakit di atas persis dari kolam ikan yang terlebih dahulu sudah kita siapkan. Lakukan penyuplaian air kolam ikan yang sudah ada kotorannya dengan menggunakan pompa air dengan setingan yang pelan, namun selalu megalir mirip dengan sisitem NFT pada bercocok tanam hidroponik. Baca juga sistem bercocok tanam dengan sistem Wick Hidroponik yang sederhana.

Sirkulasi air kolam ini yang kita pakai ini merupakan sumber nutrisi buat tanaman yang kita budidaya. Nutrsi tersebut berupa kotoran ikan ataupun sisa makanan ikan yang tidak habis. Sistem aquaponik ini bisa dikatakan sebagai sistem bercocok tanam organik yang lebih sehat kalau dikonsusmsi, karena sama sekali tidak menggunakan zat kimia untuk penyuburannya.


Kalau kita lihat sistem perakaran tanaman saat kita ambil contoh net pot kita angkat, bisa kita lihat warna akar tanaman akan berwarna kecoklatan. Warna kecoklatan ini bukan berarti tanaman terserang hama penyakit, namun  akar tadi benar-benar menyerap nutrisi makanan seperti lumpur, kotoran ikan, dan segala macam.


Sebagai contoh kita saat bercocok tanam sayuran seperti selada wangi, bisa kita panen menjelang 30 hari. Apabila kita lihat lebih dekat, sayuran selada wangi ini terlihat sedikit mengalami defisiensi, dan ini sangat wajar terjadi karena kita tidak menggunakan AB mix sama sekali, tapi kita hanya memanfaatkan air kolam sebagai sumber nutrisinya. Tanaman terlihat defisiensi yang berwarna agak kuning pada tanaman ini, namun kondisinya sangat sehat sekali karena sumber nutrisinya murni hanya dari kotoran ikan dan sisa pakan.


Kekurangan Bercocok Tanam Aquaponik

Mungkin kendala bercocok tanam menggunakan media tanam aquaponik adalah kita harus tepat dari memilih pakan ikannya, selanjutnya yaitu kita harus menggunakan banyak sekali sumber pompa untuk mensuplai sumber oksigen di air kolam agar ikan tetap hidup sehat. 

Pada ikan nila,lele, mujair dan lainnya yang kita pakai untuk sumber kotoran sebagai nutrisi tanaman bisa kita panen setelah lebih 3 bulan. Pada waktu pemanenan ikan kita bisa pastikan terlebih dahulu sudah memanen tanaman, karena kalau kita panen ikan namun tanaman yang kita budidaya masih belum siap dipanen, maka tanaman kita akan kesulitan mendapatkan nutrisi dan air.

Kelebiahan dan Kekurangan Aquaponik


Media tanam aquaponik memang dirasa membutuhkan modal yang lebih besar karena kita juga harus menyiapkan modal bibit ikan juga modal pakan ikan. Instalasi pembuatan sisitem ini juga membutuhkan peralatan yang lebih banyak, seperti menggabungkan modal bercocok tanam hidroponik dan juga modal untuk pembuatan kolam ikan. 


Sebenarnya untuk kita bisa sangat menguntungkan bila kita bisa melihat peluang pemasaran dari hasil sayur tanaman aquaponik, karena sisitem ini bisa digolongkan sayuran organik yang memiliki ekonomis tinggi. Apabila pemasaran yang tepat akan mudah bagi kita untuk memperbanyak keuntungan dari penggabungan budidaya ikan dan tanaman sayur-sayuran. Baca juga analisa kelebihan dan kekurangan bercocok tanam dengan hidroponik.


Perawatan dari instalasi media tanam aquaponik kita cukup memastikan aliran air kolam berjalan lancar untuk diserap tanaman. Kelancaran ini tergantung dari pompa-pompa air juga pipa paralon yang masih bagus kondisinya. Setelah itu kita harus mempersiapkan antisipasi apabila seawaktu-waktu terjadinya pemadaman listrik PLN. Pemadaman listrik dengan waktu yang lama bisa berakibat tanaman kita tidak mendapatkan suplai makanan, sehingga banyak potensi membuat tanaman layu atau mungkin mati. 


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen