Hidroponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique)

 NFT (Nutrient Film Technique) Hidroponik sistem, merupakan suatu konsep bercocok tanam hidroponik dengan mengalirkan nutrisi ke akar tanaman secara tipis atau film dengan tujuan supaya akar tanaman tersebut menerima nutrisi makanan, air dan juga oksigen secara cukup. Ternyata sistem hidroponik NFT ini sangat cocok sekali dipakai untuk bercocok tanam sayuran dalam skala besar atau industri dibandingkan dengan sistem hidroponik yang lainnya.

Cara kerja Hidroponik Sistem NFT


Penggunaan sistem ini direkomendasikan memilih tanaman sayuran yang memiliki masa panen yang pendek semisal jenis sayuran seperti selada. Pada umumnya desain dan bentuk instalasi yang diterapkan orang-orang untuk sistem ini berbeda-beda, namun konsep dan cara kerjanya tetap sama. Sistemnya yaitu cairan air yang telah dicampuri nutrisi akan dialirkan secara tipis menggunakan alat pemompa secara terus menerus dan disirkulasi. Baca juga : Sistem hidroponik teknik DFT

Dari suplai nutrisi yang secara continue terus menerus akan membuat sayuran tersebut lebih subur dan tentunya akan lebih cepat panen dengan kondisi yang sangat bagus. Disini dari sistem NFT ada beberapa keunggulan yang bisa kita ketahui, diantaranya : 


Keunggulan Hidroponik Sistem NFT 


A. Pertumbuhan pada tanaman dirasa lebih cepat 

Penyebab tumbuhnya tanaman sistem NFT lebih cepat karena, akar tanaman yang ditanamam menggunakan media tanam dan net pot langsung menyentuh pada dasar GULLy sehingga kebutuhan nutrisi, air, oksigen dan kebutuhan lainnya sangat tercukupi secara terus menerus. Penyebab cepatnya tumbuh pada sistem ini adalah media dasar GUlly yang berukuran lebar akan mengakibatkan akar tanaman lebih leluasa untuk menyebar berfungsi menyaring atau menyerap nutrisi secara maksimal.


B. Kemudahan Kita Mengontrol Suplay Kandungan Nutrisi Tanaman

Semua metode tanam hidroponik keberhasilannya terletak pada kandungannutrisi yang diserap oleh tanaman, Instalasi sistem NFT ini memang bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan kontrol dan penyuplaian nutrisi tanaman dengan baik. Dengan terserapnya nutrisi yang dibutuhkan tanaman secara maksimal tentunya tanaman akan tumbuh lebih baik, subur dan lebih cepat. Proses kontrol kita dapat dilakukan degan melihat gully atau wadah bak penampungan nutrisi yang diletakkan bawah instalasi. Posisi dibawah instalasi ini tentu sangat memudahkan kita dalam pengontrolan tanpa menyentuh media tanam ataupun tanamannya. 


C. Keseragaman Pertumbuhan Tanaman

Instalasi NFT yang miring dan berfungsi menjaga aliran air dan nutrisi tetap lancar membuat penyerapan nutrisi tersebut di semua tanaman entah yang berada di atas ataupun bawah akan memperoleh nutrisi dengan jumlah yang sama, sehingga pertumbuhannya sangat merata. Dengan pertumbuhan tanaman yang seragam ini bisa menjadi suatu kelebihan lagi yaitu tidak ada tanaman berukuran lebih besar dan dominan yang biasanya mengganggu pada tanaman yang berukuran lebih kecil. Dengan demikian pemanenan dapat kita lakukan secara serentak, cocok untuk dikelola secara industri yang membutuhkan produksi yang banyak dengan kualitas yang merata.


D. Sangat Minim Terjadinya Pengendapan Kotoran

Pada sistem hidroponik yang lain sering sekali terjadi pengendapan nutrisi yang ada pada wadah atau gully karena cairan tersebut hanya ditampung pada wadah tanpa ada pergerakan dengan tempo yang lama. Kalau sistem NFT pergerakan air dan nutrisi akan digerakkan dengan alat pemompa secara continue dan terus menerus membuat residu dan kotoran tidak sempat mengendap pada gully. Nutrisi yang bergerak terus tersebut jadi habis terserap dengan maksimal oleh tanaman.

mekanisme Hidroponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique)



 Kelemahan Bercocok Tanam Hidroponik NFT


Kalau kita fikir semua sistem pertanian yang ada pasti akan memiliki kelibhan dan kelemahan, namun sangat beruntung bagi kita kalau sudah mengetahui berbagai kekurangan dari sistem yang kita gunakan, sehingga bisa memikirkan berbagai rencana solusi yang akan diterapkan untuk mengantisipasinya. Berikut beberapa kelemahan dari sistem hidroponik NFT  :


A. Penyebaran Peyakit Tanaman Lebih Cepat

Dibalik dari keuntungan saat menyebarkan nutrisi terhadap tanaman yang sangat cepat dan merata, ternyata sistem ini bisa membuat berbagai penyakit tanaman seperti jamur dan lainnya, bisa menular dengan cepat beredar dan semua tanaman dalam instalasi tersebut akan terpapar. Jadi apabila kita lihat satu tanaman terkena penyakit bersiaplah untuk memberikan obat atau antisipasi yang lain supaya tidak berangsur-ansur sehingga tanaman dalam 1 instalasi menjadi mati semua.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan hidroponik sistem Wick / Sumbu


B. Modal Pembuatan Instalasi Relatif Mahal

Hidroponik Nft membutuhkan penopang dengan tekstur permukaan pada bawahnya harus rata. Padahal harga gully dan pembuatan instalasi NFT ini tergolong sangat sulit didapatkan, dan sistem perangkaian instalasi ini membutuhkan ongkos yang mahal. 


C. Sangat Tergantung Dengan Penyaluran Listrik

Mengetahui sistem ini menggunakan cara penyuplaian nutrisi air dan nutrisi menggunakan alat pemompa elektrik, tentu saja harus ada aliran listrik yang mengalir terus menerus. Ketika terjadinya pemadaman listrik yang tanpa kita pikirkan antisipasinya semua tanaman pada instalasi tersebut akan sangat kekurangan air dan nutrisi karena pompanya mati. Tanaman dalam waktu yang lama tidak memperoleh nutrisi akan mengering, layu dan bahkan mati, padahal kalau kita lakukan sistem ini dengan sekala besar tentunya kerugian yang sangat besar ada di depan mata.

Berbeda hidroponik dengan sistem wick yang tidak membutuhkan aliran llistrik yang tetap bisa menyerap nutrisi melalui sumbu yang terhubung dengan wadahnya. 

Kelebihan dan kelemahan Hidroponik NFT


Demikian metode bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik NFT yang bisa kita ketahui kelebihan dan kekurangannya semoga dapat bermanfaat untuk menjadikan pertimbangan untuk dipergunakan di rumah anda.


Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya