Steril Kucing Jantan dan Betina Bagus Fungsinya

Keunggulan dan fungsi tentang Steril kucing jantan atau betina - Kalau kamu memiliki kucing, kamu pasti sering mendengar pernyataan tentang kebiri / steril atau pertanyaan "Kucingnya udah dikebiri belum?"  Mungkin maksudnya adalah sterilisasi pada kucing. 

Kebiri merupakan hal yang wajib diketahui dan sebaiknya dilakukan khususnya oleh para pemilik kucing. Tapi, kebiri itu sendiri apa sih, sebenarnya? 
Kebiri adalah tindakan untuk menghilangkan fungsi dari organ reproduksi. yang pada kali ini khususnya pada kucing. Hasilnya, kucing menjadi mandul, atau bahasa ilmiahnya menjadi steril sehingga kucing tidak bisa lagi menghasilkan keturunan.

Steril Kucing Jantan dan Betina


 Secara umum, kebiri dibagi menjadi dua yaitu Neuter dan Spay. Neuter merupakan proses kebiri atau steril kucing jantan dengan cara menghilangkan testis si kucing. Spesifiknya, proses ini disebut dengan Castrate. Kalau Spay merupakan proses pada kucing betina dengan menghilangkan ovarinya. 

Proses Spay itu juga lebih kompleks daripada Neuter. Pada orang awam yang mungkin baru pemula dalam pemeliharaan kucing, sering berpendapat " kasian kucing kalo disterilisasi, kan efeknya menjadi gak bisa punya keturunan lagi!?" 

Tapi tenang, ada alasan yang sangat kuat untuk melakukan kebiri. Justru, alasan ini berkaitan banget dengan kesehatan dan kehidupan si kucing. Malah, kebiri bisa membuat kucing kamu hidupnya lebih baik lagi.

Alasan dan Manfaat Steril Kucing Jantan / Betina


 Berikut adalah 5 alasan untuk melakukan kebiri/steril Kebiri bisa membuat kucing lebih aman dari serangan kanker dan tumor, terlebih jika dilakukan sejak kecil. Pada kucing jantan, kebiri akan mengurangi risiko kanker testis. 

Sementara, pada kucing betina bisa mencegah kanker uteri, penyakit pyometra, dan tumor kelenjar mamari. Kucing betina yang tidak dikebiri memiliki risiko 7 kali lebih besar untuk terkena kanker dan tumor daripada kucing yang sudah dikebiri atau di-spay.

Alasan Sterilisasi Kucing Jantan dan Betina


 Dengan kebiri, risiko risiko penyakit tersebut bisa berkurang secara signifikan. Kebiri memang paling optimal dilakukan ketika umurnya dibawah 2 tahun, Meski begitu, kucing yang lebih tua tetap bisa dikebiri dan juga tetap bermanfaat, kok. Tapi sebaiknya konsultasi dulu ya, sama dokter hewan. 
Hal ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya, dimana kucing yang dikebiri akan memiliki risiko penyakit yang lebih sedikit daripada yang tidak dikebiri. Hasilnya, harapan hidup si kucing akan meningkat. Baca juga : Bahaya memelihara kucing untuk wanita

 Penelitian menunjukkan, Bahwa rata-rata kucing yang dikebiri berumur lebih panjang daripada kucing yang tidak dikebiri. Kalau dibandingkan, kucing betina bisa hidup 1.6x lebih panjang dan kucing jantan bisa hidup 2x lebih panjang daripada kucing yang tidak dikebiri. Baca juga : Manfaat VCO untuk si kucing

Kelemahan Kalau Kucing Jantan Tidak Steril 


Kalau kamu punya kucing, kamu pasti pernah mengalami hal ini. Kucing yang sedang dalam musim kawin biasanya agak mengganggu dan menyusahkan. Baik untuk kamu, atau bagi si kucing itu sendiri. Kucing bisa kehilangan selera makan, bulunya rontok, dan bertingkah yang merepotkan seperti melolong seharian dan menggesek-gesek tubuhnya ke kamu. 

Kalau dia dikebiri, hormon yang bergejolak itu bisa diredam. Hasilnya, si kucing akan lebih nyaman dan tidak perlu lagi menderita ketika musim kawin. Bagus, kan? Kucing yang nggak dikebiri akan memiliki sifat-sifat yang buruk terutama bagi si pemilik kucing. 

Misalnya aja, sifat mereka yang suka pipis kecil atau spraying sembarangan untuk menandai teritori mereka Kucing yang dikebiri biasanya nggak akan spraying sembarangan seperti itu lagi Meskipun 5-10% masih tetap melakukan hal itu. Tapi paling tidak udah mengurangi secara signifikan. 

Kucing jantan yang sedang dalam musim kawin akan cenderung melakukan segala cara untuk mendapatkan pasangan. Salah satunya adalah berusaha kabur keluar rumah untuk mencari kucing betina lainnya. 

Hal ini bisa menyebabkan hilangnya si kucing atau kabur ke jalan raya yang sangat berbahaya bagi kucing. Nah, kalau kamu sudah pernah merasakan, kamu setuju dong, kalau tindakan  Steril kucing jantan sangat bagus? Kucing betina bisa melahirkan banyak kitten/anak kucing ketika lahiran. Namun, nggak semuanya akan bertahan atau tumbuh sehat.

 Sementara itu, si kucing betina udah hamil lagi. Hadeh Kalau kamu punya kucing indoor, tentu kamu harus mempertimbangkannya juga. Rumah kamu akan semakin padat dan ramai dengan tambahan beberapa kucing Belum lagi kamu harus mikirin biaya yang harus dikeluarkan dan usaha dalam merawatnya. Baca juga : Cara memotong kuku kucing yang aman 

Melahirkan satu generasi tentu bukan larangan. Tapi dengan manfaat yang sudah disebutkan, alangkah baiknya kamu sangat mempertimbangkan untuk melakukan kebiri pada kucing kalian. 

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya