Perbedaan kucing anggora dan persia mudah dipahami

Perbedaan kucing anggora dan persia memang sangat perlu diketahui untuk anda yang ingin mengadopsi salah satu dari jenis kucing tersebut. Banyak sekali orang yang sangat awam tentang perbedaan spesifik dari kedua ras kucing ini. Memang secara penglihatan sepintas bentuk dan bulunya hampir sama, namun yang pasti dua jenis ini benar-benar beda dan berasal dari ras yang sangat berbeda.

Sebenarnya apasih perbedaan kucing jenis anggora dan persia ini ?


1. Asal Muasal dan Ras Yang Berbeda

Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing ras tertua yang ada di dunia dan dia merupakan salah satu kucing yang berasal dari daerah Ankara  atau Anggora di Negara Turki yang diketahui sejak tahun 1600 an.

Kucing persia juga merupakan jenis kucing yang memiliki bulu panjang yang berasal dari negara Persia, Kalau sekarang nama negaranya yaitu Iran. Pada awalnya kucing persia diperkenalakan secara umum atau kontes di negara Italia.
Kedua jenis kucing ini memang memiliki kecantikan dan daya tarik yang kuat sehingga disukai banyak orang di dunia dan akhirnya bisa sampai ke Indonesia hingga saat ini.
Baca juga : Ciri-ciri kucing anda sedang dalam kondisi birahi 

2. Bentuk Atau Struktur Wajah Yang Berbeda

Kucing Anggora biasanya memiliki struktur wajah kurang lebih mirip seperti bentuk segitiga dengan hidung yang mancung, dan kalau kita perhatikan bentuk wajahnya hampir mirip dengan kucing kampung atau kucing domestik. Namun tentu saja kalau kucing domestik ini berbulu yang pendek tidak seperti anggora.

Pada kucing persia ini memiliki bentuk wajah yang sedikit lebih bulat, den memiliki hidung yang pesek (peak nose) pada jenis pure persia, dan mancung pada persia medium.

3. Perbedaan kucing anggora dan persia dilihat dari postur tubuh

Pada perdaan postur tubuh ini memang sangat mudah dipahami, kalau kucing  anggora ukuran dari tubuhnya bisa dibilang lebih langsing dengan otot tubuh tidak menjendol. Tinggi tubuh kucing anggora terlihat lebih tinggi dari persia.

Kemudian postur tubuh yang dimiliki kucing persia yaitu nampak lebih gemuk atau bulat pada bagian badan atau perut dibanding kucing anggora, dan juga tinggi badannya lebih pendek. Postur tubuh ini bisa kita jadikan patokan yang lumayan akurat karena kucing persia rata-rata memiliki ciri khas kaki yang pendek-pendek dan ini menjadi salah satu ke unikannya.

4. Beda dari kelebatan bulu

Jadi pada bulu yang dimiliki oleh kucing anggora biasanya memang lebat, namun tidak selebat dari bulu kucing persia. Sepintas memang sulit membedakan kalau melihat dari bulu badan. Namun apabila kita lihat dari kelebatan bulu pada bagian ke 2 ekor kucing ini akan nampak jelas sekali perbedaannya.

Pada panjang dan kelebatan bulu ekor kucing anggora sangat berbeda dengan panjang bulu badannya, sehingga ekor kucing anggora nampak seperti kemoceng yang berbulu lebat dan panjang. Sedangkan bulu ekor yang dimiliki kucing persia memang sangat lebat dan panjang, namun kelebatannya rata-rata sama dengan bulu pada badan.

Perbedaan kucing anggora dan persia mudah dipahami
Ciri Kucing Anggora

Bedanya  kucing anggora dan persia mudah dipahami
Ciri Kucing Persia

Perbedaan dari hal lain anggora dan persia


Secara jumlah populasi dan keaslian keturunan kucing anggora memang mudah sekali menjamin ke asliannya, karena dari daerah asalnya atau Negara Turki sangat melarang adanya kegiatan ekspor jenis kucing anggora ini. Dari adanya larangan ekspor keluar Turki ini memang sangat menjaga keturunan aslinya dari kucing anggora. Sedangkan kucing jenis persia populasinya di negara kita saja Indonesia sudah sangat banyak dan sangat sering sekali mendapatkan tindakan persilangan entah dengan kucing kampung atau jenis lain.

 Dari banyaknya persilangan jenis kucing persia sehingga menjadikan sangat sulitnya mendapatkan keturunan kucing persia yang benar-benar asli di Indonesia, kalau pun ada harnganya tentu mahal. Apabila kita bandingkan perbedaan kucing anggora dan persia dari masalah harga di pasaran kucing anggora berkisar 800 USD, dan inipun tidak ditemukan semudah itu. Harga dari kucing persia sangat terjangkau oleh masyarakat indonesia, mungkin karena jumlah populasinya sangat banyak di Indonesia.  Baca juga Ciri-ciri kucing persia keturunan asli

Perbedaan jenis penyakit yang diderita oleh kucing persia lebih banyak,

diantaranya :

- Ring worm
- Dental Malocclusions
- Cherry eye
- Sesak nafas
- Entropion
- Exessive
- Heat sensitivity
- Polycystic kidney desease
- Seborrhea sicca
- Seborrhea Oleosa

Dan penyakit yang di derita oleh kucing anggora adalah :

- Hypertrophic Cardiomyopathy dan
- Ataxia

Perbedaan yang lain mengenai cara perawatan dan grooming, untuk kucing persia karena bulunya sangat tebal dan panjang tentunya kan membuat mudah kotor dan sulit untuk membersihkan kutu yang ada di dalamnya. Kita harus ekstra peduli dan rajin merawat bulu kucing persia ini agar tetap bersih dan sehat, karena dari kondisi bulu yang kotor akan memicu berbagai penyakit.
Baca juga : Lacto B untuk mengobati kucing diare agar cepat sembuh

Kalau bulu yang ada pada kucing jenis anggora memang berukuran panjang namun tidak begitu tebal, sehingga perawatannya bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan kucing persia. Namun bukan berarti kita jarang melakukan perawatan, kita juga harus sering menjaganya agar bulunya lampak bersih, lembut dan sehat.


Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah