Mata kucing berselaput putih faktor penyebabnya

Sebenarnya banyak para pecinta kucing yang bertanya-tanya kenapa kondisi mata kucingnya berselaput putih, bahaya atau tidak ? Dan bagai mana cara mengobati mata kucing berselaput ini?



Secara medis dan pernyataan dokter hewan, mata kucing yang mengalami berselaput putih dinamakan dengan sebutan Third Eyelid, yang artinya munculnya suatu membran tertia palpebra yang terdapat pada mata kucing tersebut.


 Secara alami sebenarnya membran ini berfungsi sebagai pelindung bola mata, dan secara fungsi normalnya tertia palpebra tidak akan muncul dan terlihat saat kucing sedang terjaga kondisinya. Namun ketika membran tertia palpebra ini kelihatan saat kucing sedang melakukan aktifitas biasa, bisa menjadi indikator bahwa kondisi mata kucing sedang sakit.



Penyebab munculnya selaput putih pada mata kucing


Mata kucing berselaput putih dan penyebabnya


Selaput putih yang muncul di mata kucing memang suatu hal yang aneh dan berbeda dari kondisi lainnya. Selaput putih ini merupakan salah satu jenis gejala sekunder yang dialami kucing dari penyakit yang lainnya. Selaput putih mulanya muncul pada pojok sudut mata, dan kemudian bisa melebar dan menutupi mata hingga separuh bagian.

Penyebab dari timbulnya selaput putih ini diantaranya adalah :



- Dehidrasi

- Konjungtivitis

- Kemasukan benda asing

- Luka

- Kista dermoid

- Sindrom Haw

- Kanker



Dari berbagai faktor di atas bisa kita bahas satu persatu, sehingga kita bisa memahami tentang penyebabnya dan bisa mengambil langkah untuk segera melakukan tindakan perawatan dan penyembuhan terhadap mata kucing. Baca juga : ciri ciri kucing sedang mengalami stres yang bisa berakibat mengganggu kesehatannya.



- Penyebab karena Kista Dermoid

Kista dermoid merupakan salah satu jenis penyakit kista yang diawalai dan muncul dari kucing dilahirkan. Seiring bertambahnya usia kucing, maka kista dermoid ini akan mbertambah besar pula, temponya lambat tapi pasti.


- Penyebab karena Kelainan genetik

Pengidap penyakit mata kucing berselaput yang dikarenakan faktor genetik sangat sering sekali ditemukan pada kucing berjenis kucing Burma ( burmese ) . Jenis kucing yang satu ini memang sudah terkenal dan sering sakit mata berselaput putih.


- Penyebab dari Sindrom Haw

Penyakit jenis sindrom haw ini pertam kali bagian tubuh yang diserang adalah bagian usus, yang penyebab rahasianya adalah dari parasit jahat. Dari infeksi parasit ini akan berimbas pada kucing mengalami diare yang sangat parah, dan muncul juga selaput putih pada mata kucing. Sindrom hawa ini kalau diniarkan akan membuat selaput putih memiliki tonjolan.


- Penyebab lain ( kemasukan benda asing )

Pada dasarnya selaput mata pada kucing apabila kemasukan suatu benda asing semisal debu, atau kotoran lainnya secara alami dan otomatis selaput mata ini akan melindungi mata kucing, dengan cara menutup keseluruh permukaan agar benda asing tersebut tidak bisa masuk sampai ke dalam bagian mata.


- Faktor dari luka

Trauma yang dialami kucing entah penyebabnya dari luka pukulan atau benturan yang lumayan keras pada bagian wajah ataupun kepala biasanya selaput putih pada mata kucing muncul secara tidak terkontrol. Trauma sehingga selaput mata keluar ini sering disebut dengan THIRD EYELID , yang biasanya akan sembuh setelah luka trauma yang dialami kucing juga sembuh. Jadi alangkah baiknya anda melakukan perawatan juga penyembuhan sesegera mungkin ketika kucing anda terluka pada bagian wajah dan kepala.


- Faktor penyebab karena kanker

Faktor selaput mata yang timbul karena suatu kanker yang dialami kucing sangat jarang ditemui. Namun memang ada kasus yang dahulunya ditemui kanker yang dialami oleh kucing sehingga sel kanker tersebut berakibat tentang munculnya selaput putih pada mata kucing muncul dan menutupi keseluruhan bagian.


- Faktor dari konjungtivitis

Faktor ini disebabkan dari infeksi okular yang sehingga mata pada kucing tertutupi oleh selaput putih. Konjungtivitis ini memeiliki efek lain terhadap mata yaitu, menjadi lakrimasi, berselaput warna merah, bola mata kucing menjadi lebih membesar, dan bahkan sobek.


- Faktor penyebab dari dehidrasi

Selaput mata atau Tertia palpebra akan muncul secara tidak wajar ketika kucing mengalami dehidrasi yang cukup parah. Ketika dehidrasi pada kucing sebenarnya tidak pada selaput putih yang ditakuti namun efek penyakit yang lain yang lebih berbahaya bagi kucing apabila tidak segera mendapat pertolongan. Baca juga : Kucing mengalami sakit flu dan bagaiama cara menyembuhkannya.

Kondisi mata kucing berselaput sebelah


Kadang kala ada kasus tertentu yang membuat mata kucing berselaput hanya separuh bagian saja, entah kanan atau bagian kiri. Ketika itu terjadi sebaiknya langkah awal deteksi secara dini dengan melihatnya menggunakan senter, dan cari tahu penyebab pastinya. Sewaktu melakukan pengawasan selaput mata tersebut anda bisa yakinkan dengan teliti apakah selaput yang muncul kondisinya ada benjolan atau hanya selaput tipis yang disertai degan mata kucing berair.

Dan kalau sudah anda awasi penyebabdari menutupnya selaput tersebut karena debu atau benda asing bisa anda sembuhkan dengan menggunakan obat tetes mata seperti Trixin. Obat ini bisa efektif dan membantu membersihkan kotoran yang ada pada mata kucing.

Obat Mata kucing berselaput putih



 Namun kalau pemeriksaan anda terdapat benjolan yang ada pada kelopak mata kucing, sebaiknya anda segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik, ditakutkan mata kucing terkena infeksi ataupun kanker.


Kemunculan mata kucing berselaput dari berbagai penyebab tadi memang sangat mengganggu aktivitas kucing, kucing yang merasa tidak nyaman dengan selaput putih tadi seringkali mencoba untuk mengukur atau menggaruk matannya, sehingga menambah resiko lagi dari mata kucing sobek terkena cakaran kaki.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya