Mata Kucing Berair terus dan cara menyembuhkan

Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang pengobatan masalah kucing dengan kondisi matanya yang berair terus seperti lendir. Untuk para pemula dalam memelihara kucing tentunya dengan kondisi tersebut akan khawatir dan takut kenapa-napa. Dari berbagai cerita dan pengalaman para cat owners, sebenarnya mata kucing itu ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang.

Kondisi mata kucing berair dan perlahan akan mengering menumpuk di sudut kelopak mata, membuat kucing sangat menderita. Kucing akan kesulitan membuka matanya, dan membuat efek lanjutan seperti kehilangan semangat beraktifitas dan turunnya nafsu makan dan menjadi kucing yang stress.

Mata Kucing Berair terus dan cara menyembuhkan


Penyebab Mata Kucing Menjadi Berair


- Pada penyakit mata kucing kondisi berair terus ini penyebabnya adalah bisa jadi dikarenakan iritasi saat kita membersihkan mata kucing dengan cara yang agak kasar dan menggunakan tisu atau kain  yang kotor juga kasar jadi membuat matanya iritasi.

 - Penyebab lain mata berair pada kucing adalah terkena debu dan polusi yang berterbangan di sekitar kandangnya,debu yang berterbangan ini selain membuat mata kucing berair juga bisa berakibat membuat pernafasan kucing terganggu.

- Penyebab selanjutnya adalah terkenanya mata kucing oleh cairan yang berbahaya atau bahkan shampoo saat kita memandikannya, tanpa sengaja mengenai mata kucing. Agar hal ini tidak menjadi parah, ketika mata kucing terkena shampoo, sesegera mungkin kita lakukan pembilasan dengan air mengalir agar shampoo tadi benar-benar hilang.

- Suhu udara yang kondisinya terlalu ekstreem seperti penyalaan AC di dalam rumah yang terlalu dingin, atau membiarkan suhu yang ada di dalam ruangan kucing tinggal kondisinya sangat pengap ataupun lembab. Perubahan suhu udara secara ekstreen ini selain membuat mata kucing menjadi berair, juga membut kucing tidak betah di lingkungannya.

- Terganggunya sistem pengeringan air mata kucing secara alami. Sistem yang terganggu ini membuat kucing tidak bisa mengendalikan prosuksi air matanya. Pabila kita ke dokter hewan biasanya akan diberikan obat tetes mata yang bertujuan mengembalikan sistem yang terganggu tadi.

- Penyebab umum lainnya adalah, mata kucing kemasukan benda asing dan sulit untuk dikeluarkan. Apabila anda kesulitan mengeluarkan benda tersebut, bawalah ke dokter hewan agar mendapat pertolongan yang terbaik.

- Kelainan dan bawaan dari lahir. Pada kasus ini memang sulit sekali disembuhkan atau bahkan tidak bisa disembuhkan.

- Infeksi luka yang terletak di daerah dekat mata yang bisa membuat mata kucing berair terus dan kalau dibiarkan akan memperparah kondisinya sehingga bisa membuat kebutaan pada kucing.

- Kelainan pertumbuhan rambut mata kucing. Pada kucing normal rambut akan tumbuh dan memanjang mengarah ke luar menjauhi bola mata, namun sering juga yang ditemui dengan kelainan tersebut ada yang tumbuh tidak menjauhi bola mata namun malah masuk mengenai bola mata kucing, sehingga mata kucing seperti iritasi atau kelilipan dan menjadi berair.

- Over produksi air mata. Ini bisa dikatakan juga sebagai kelainan dari mata kucing, karena produksi air mata yang dihasilkan melebihi normalnya.

- Cacing Mata yang ada pada mata kucing. Cacing mata ini membuat mata kucing bisa berair terus, perpindahan cacing ke mata kucing ini bisa disebabkan kucing bermain atau berinteraksi dengan kucing liar, hewan ternak ataupun hewan liar lain. Gejala dari cacing mengenai mata yaitu kucing terlihat sangat sensitif apabila terkena cahaya yang terang.



Cara Pengobatan Mata Kucing Yang Belekan & Bengkak 


Untuk pengobatan mata kucing yang sakit seperti ini kita perlu menggunakan salep mata "Terramycin" dan kita persiapkan kapas yang lembut dengan juga menyediakan air yang sudah dihangatkan.

Terramycin untuk mata kucing berair


Kita lakukan pengobatan mata kucing berair ini bisa dilakukan setelah 1 hari kita temui mata kucing yang sedang berair. Jangan melihat sekali mata kucing berair langsung terburu-buru pemberian obat, kita sabar dan tunggu dahulu kira-kira 1 hari, barangkali sebelum 1 hari sudah sembuh secara mandiri karena iritasinya masih ringan. Dan untuk diperhatikan lagi jangan memberikan obat setelah berhari-hari sikucing menderita mata berair, selain kasihan melihat kucing menderita, takutnya bisa membuat luka yang lebih parah apabila penangannya terlambat.

Apabila kita sudah lakukan pengobatan menggunakan Terramycin dengan tempo pemberiannya yaitu dalam 1 hari 2 kali pengolesan salep pada waktu pagi dan malam hari, ini akan memberikan efek yang positif pada keesokan harinya. Untuk penyembuhan total mata kucing berair terus ini efektif dilakukan 3 hari. Pengobatannya harus sabar seperti saat megobati kucing yang sakit flu.

Cara pemakaian salep Terramycin ini yaitu dengan urutan bersihkan dahulu mata kucing yang bengkak dan berair menggunakan tisu yang sudah kita basahi dengan air hangat tadi, kemudian pegang kucing dalam posisi ter nyaman agar kucing tidak memberontak saat proses pengobatan.

Kondisi air mata kucing yang sudah mengering, biasanya membuat lengket dan perih saat kucing membuka mata. Kita bersihkan secara perlahan dan jangan membuat kucing menjadi panik.
Setelah cairan mata yang sudah kering tadi dibersihkan, lanjutkan dengan pemberian salep Terramycin dengan cara di oleskan sedikit saja pada kelopak mata kucing  memakai jari kita. Lakukan pengolesan secara hati-hati agar tidak mencederai mata si kucing.






Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen