Makanan untuk Anak Kucing 1 - 2 - 3 - 4 bulan

Makanan terbaik untuk anak kucing berumur 1 sampai 4 bulan - Pada anak kucing masih usia kecil seperti ini kita memang harus selektif dalam memilih jenis dan merk atau bahkan meracik bahan makanan anak kucing sendiri. Ketika anak kucing yang masih berumur 1 bulanan tentunya dia masih kesulitan untuk mengunyah makanan, walaupun makanan tersebut dari bahan yang sangat lunak.

Secara kesehatan anak kucing yang masih berumur 1 bulan wajib untuk mendapatkan suplai susu dari induknya secara full untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh anak kucing tersebut. Dari situ apabila anda memiliki niatan untuk mengadopsi anak kucing yang masih berumur 1-3 bulan tentunya saya sarankan untuk bersabar dan jangan memaksakan dahulu.

Bahan Terbaik Makanan Untuk Anak Kucing


Sebaik-baiknya makanan entah merk,harga yang mahal atau bahan yang berkualitas tinggi yang kita berikan terhadap anak kucing yang berumur 1-3 bulan, tentu masih kalah bagusnya dengan susu dari induk kucing. Sebenarnya  anak kucing layak kita adopsi ketika sudah berumur 3 bulan lebih, karena dengan usia 3 bulan lebih anak kucing sudah memiliki kemampuan untuk mencerna makanan basah atau kering dengan baik.

 Namun untuk pengecualian kalau kita menemukan anak kucing yang masih berusia dibawah 3 bulan yang tanpa induk, atau bahkan tidak dirawat oleh induknya sendiri dengan alasan yang sulit dimengerti, maka kita harus mengetahui makanan apa yang bagus dan baik untuk anak kucing tersebut.

Apabila terpaksa anak kucing tidak mendapatkan perawatan dari induknya maka susu yang baik untuk diberikannya adalah susu formula yang rendah laktosa, atau kita bisa membelinya dengan Merk Top Growth (kitten milk replacer). Pemberiannya bisa kita lakukan dengan takaran sesuai panduan yang ada di kemasannya. Pemberiannya harus fresh penyajian, untuk menghindari kondisi susu terkontaminasi bakteri atau virus yang membahayakan anak kucing.


Ketika anak kucing mulai tumbuh dan menginjak pada proses belajar untuk mengenal makanan, anda bisa membantunya dengan pemberian makanan yang baik. Makanan yang baik untuk anak kucing yang baru belajar tentunya tidak berbahan yang keras seperti biskuit untuk kucing dewasa. Kalau kita paksakan pemberian biskuit kucing dewasa biasanya anak kucing ini akan kesulitan. Baca juga : perbedaan antara makanan kucing Royal canin dengan Proplan

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba mengenalkan dan share penggunaan makanan untuk anak kucing yang berumur 2, 3, dan 4 bulan menggunakan merk whiskas yang kita campuri dengan tahu. Kenapa harus tahu? Biasanya orang kan mencampurnya dengan tempe?

Bahan tahu yang saya pakai ini sudah saya riset bahwa kandungan dan nilai gizinya sama dengan tempe, dan tahu memiliki tekstur yang lebih lunak dan bersahabat dengan alat pencernaan kucing , seperti :

- gigi yang masih belum kuat

- mulut dan tenggorokan anak kucing yang belum terbiasa menelan,

- lambung kucing belum terbiasa dan masih belajar menyesuaikan mencerna dari susu ke jenis makanan

- usus anak kucing yang belum sempurna

- dan anak kucing buang air besar dengan umur 3 bulan kebawah masih berupa gumpalan yang semi cair, kalau kita pakai tempe takutnya menjadi mengeras dan membuat kesakitan anak kucing.

whiskas Makanan untuk Anak Kucing terbaik


Baca juga : Makanan untuk kucing dewasa merk felibite dan bolt
Pada brand Whiskas ini, dia menyediakan makanan anak kucing khusus yang masih berumur 2 bulan sampai 12 bulan, dan kita bisa membelinya dengan kisaran harga Rp.6.500,-
Penggunaan tahu yaitu tahu putih sebanyak 3 potong saja untuk pencampuran 1 bungkus whiskas.

Cara Meracik Makanan Anak Kucing 


Dalam pelaksanaan pembuatan makanan kucing satu ini kita lakukan penghalusan tahu putih terlebih dahulu. Kemudian kalau dirasa tektstur tahu sudah lembut barulah kita mencampunya dengan whiskas yang sudah kita beli tadi.

Ingat whiskas yang kita gunakan yang berjenis junior untuk usia 2 bulan lebih yaaa jangan keliru. Selanjutnya kita mencampur antara whiskas dengan tahu yang kita haluskan hingga merata. Setelah itu siap untuk disajikan terhadap anak kucing kita. Pemberiannya bisa kita lakukan 3 kali sehari dengan porsi yang sedikit dahulu karena ini masih dalam proses belajar makan, tentunya sering tidak habis apabila kita berikan dalam jumlah banyak.

Membuat Makanan untuk Anak Kucing


Pada saat melakukan pengolahan sebaiknya kita menggunakan sarung tangan plastik untuk menjaga kebersiahan makanan kucing.
Ingat anak kucing usia ini masih belajar makan, alat pencernaan juga belum sempurna, apabila ada kotoran dalam makanan bisa membuat anak kucing menjadi sakit diare/mencret. Diare pada kucing atau anak kucing bisa membahayakan nyawanya, maka kita harus berhati-hati.




Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya