Kandang kucing kayu bertingkat desain bagus

Kandang kucing kayu bertingkat - Kandang untuk kucing memang sangat diperlukan untuk kita pemelihara kucing yang jumlahnya lebih dari satu ekor. Fungsi dari kandang ini sangat banyak ya teman-teman, diantaranya adalah bisa berguna untuk ruang isolasi penyembuhan saat kucing sedang sakit, proses persilangan perkawinan kucing agar tidak bercampur dengan kucing yang lain, observasi, mencegah kucing pergi kemana-mana atau outdoor takutya tertular kutu kucing liar dan lain-lain.

Kandang kucing kayu bertingkat


Perlukah kita mengandangi kucing ?

Saat mengandangkan kucing dengan tujuan observasi ini memang sangat membantu kita mengamati kucing mau makan atau tidak, kondisi pupnya mencret / diare atau tidak. Dan dari cara kita mengandangkan kucing ini kita bisa mengerti kondisi kucing kita sedang sakit atau tidaknya.

Semisal kondisi kucing tersebut diare / flu / kutuan / atau penyakit lainnya yang menular ketika kita lakukan pemeliharaan secara pengumbaran tentunya akan rawan sekali menular terhadap kucing yang lainnya. Ketika kucing kita yang lain tertular, tentunya akan sangat kesulitan bagi kita untuk menangani seluruhnya.

Namun perlu diketahui juga mengandangi kucing itu jangan dilakukan dalam waktu yang lama, ini juga sangat tidak baik untuk kondisi kucing itu sendiri, misalnya kurang gerak, kucing sangat jarang melakukan peregangan otot-otot, kurangnya olahraga dan aktifitas si kucing tentunya juga tidak bagus. Pengandangan dalam waktu yang sangat lama juga berakibat meningkatnya kondisi stress pada kucing.

Satu lagi fungsi dari mengandangi kucing adalah ketika di rumah kita kondisi ada wanita sedang hamil, dan secara medis yang mengatakan bahaya memelihara kucing untuk wanita dalam kondisi hamil memang harus kita antisipasi dengan mengkandangkan kucing sementara waktu.

tips kandang untuk kucing


Bahan kayu untuk kandang kucing




Pembuatan Kandang Kucing Dari Kayu Bertingkat


Pada kali ini saya menggunakan bahan kandang dari kayu karena saya rasa lebih hemat,murah dan tentunya mudah kita buat. Sebenarnya dengan bahan dan budged yang minimalis ini kita bisa desain kandang kucing kayu tingkat yang sangat bagus dan menarik. Kita bisa desain dengan model berlantai 2, 3, 4 dan seterusnya.

Bahan kandang dari kayu juga memiliki keuntungan yaitu apabila kucing mencakar, menggigit dan memberontak, kucing tidak terluka akibat pergerakan tersebut berbeda saat menggunakan bahan kandang darilogam.

Untuk ukuran ideal kandang agar kucing merasa nyaman menempatinya yaitu satu ruangan berukuruan  panjangnya 1 meter dan lebarnya 70 cm, dan kalau desain bertingkat bisa kita sesuaikan ruangan tersebut.

Gunakan bahan kayu sengon yang biasanya dijual oleh toko berupa kayu usuk bangunan dengan ukuran ketebalan 4x7 cm. Kayu sengon dengan ukuran tebal segitu sudah kuat untuk kandang yang berdesain tingkat, dan bobotnya tidak terlalu berat untuk memudahkan kita memindah-mindahkan lokasi kandang.

Alat dan bahan yang kita siapkan dalam pembuatan kandang ini tentunya sangat sederhana, seperti :

- Kayu
- Meteran
- Paku usuk atau reng
- Palu
- Papan
- Ram kawat
- Penggaris
- Pensil

Sebagai pelengkap perabot dari kandang, kita sediakan wadah tempat makanan dan minuman kucing dan litter boxes (tempat kotoran kucing) dengan pasir yang khusus. Tempatkan wadah makanan dan minuman menempel pada dinding kandang supaya tidak terkotori dan terinjak-injak kucing.

Untuk menjaga kesehatan kucing selama dikandangi yaitu dengan rutin membersihkan kandang, termasuk litter box/ wadah kotoran kucing yang bisa menimbulkan berbagai penyakit apabila terus menumpuk.

Wadah makanan juga harus sering dibersihkan untuk mencegah kucing terkena sakit diare yang disebabkan terkontaminasinya makanan kucing dengan berbagai kotoran.

Perawatan kandang kucing dari bahan kayu memang harus sering dilakukan karena bahan kayu lawan terbesarya adalah rayap. Apalagi kayu ayng kita gunakan dari pohon sengon yang teksturnya sangat empuk dan disukai rayap. Awasi pada kaki-kaki kandang dari rambatan rumah rayap, atau bisa kita berikan kaleng yang diberi oli untuk merendam kaki kandang dan tidak dijangkau oleh rayap. Rayap yang meakan kayu sengon sangat cepat menghabiskannya.



Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya