Ciri-ciri Kucing Stres Penyebab Dan Cara Menyembuhkan

Ciri ciri Kucing Stres - Pernahkah kalian merasa diposisi yang bingung dan stres? Pastinya semua orang pernah mengalami hal ini  dan tidak mungkin dalam masa hidupnya akan bahagia terus. Namun bagi yang sedang menderita stres seringkali tidak merasa sedang dalam kondisi tersebut. Stres pada manusia bisa ditandai dari bimbang, sedih, bingung dan mudah sekali emosi dan mudah sekali tertawa terlalu lepas juga mudah sekali menagis.

Kalau kita sebagai manusia pernah mengalami hal tersebut, ternyata kucing juga sering mengalaminya lho. Apabila kita ingin membuktikannya sendiri, amati dan perhatikan secara seksama perkembangan hidup kucing kesayangan kita sejak kecil hingga dewasa, disitu pasti anda mengerti perilaku stres dari kucing.

Ciri ciri Kucing Stres Penyebab Dan Cara Menyembuhkan

Tanda, penyebab dan ciri - ciri kucing stres


Setelah kita melakukan pengamatan dengan seksama kita bisa menemukan beberapa kondisi kucing yang sedang stres, dan ini bisa disebabkan oleh banyak hal yang pastinya kita tidak mungkin mengetahui secara spesifik apa yang menjadikan kucing stres. Untuk ciri kucing yanng sedang stres diantaranya :

1. Kucing selalu menyendiri

Terkadang kucing sering hanya nampak terdiam di dalam kandang saja atau bersembunyi di ruang-ruang tertutup. Kondi dan tanda seperti ini biasanya di iringi dengan sikap kucing yang sangat cuek dengan lingkungan sekitar seperti mengabaikan adanya orang asing, maupun majikannya. Selain kucing suka menyendiri, terkadang kucing terdiam secara mendadak yang kemungkinan suatu pertanda turunnya mental si kucing. Apabila sikucing terkena serangan mental yang berat, maka secara efek lain yang timbul kucing menjadi sakit dan stres. 

Tanda Kucing Stres dan Penyebabnya


2.Menginjak masa birahi namun tidak memiliki pasangan

Kucing yang sedang mengalami masa birahi namun tidak memiliki pasangan untuk kawin bisa membuat kondisi mental kucing berbahaya dan akibatnya depresi. Dari kondisi tersebut kucing pejantan ataupun betina sama saja ketika masa birahi tidak memiliki pasangan maka akan sering pergi ke luar rumah untuk mencari pasangan kawin, dan biasanya jarang pulang. 

3. Tanda selanjutnya kucing sering mengalami muntah dan mencret

Tanda stres dan mencret ini sebenarnya sama yang di alami oleh manusia ketika kondisi stres. Pada kucing muntah dan mencret saat stres dikarenakan masalah pencernaan hal ini biasanya disebabkan oleh makan yang diberikan kepada kucing. Para pemeliharakucing sebaiknya memperhatikan dan memberikan makanan yang sehat dan baik untuk kucing. Namun ketika kita sudah berikan makanan yang disukai kucing dan baik kandungannya, sikucing tetap saja mencret itu pertanda kucing anda sedang stres. 

4. Grooming yang berlebihan

Memandikan dan Grooming ini memang sangat baik dilakukan terhadap kucing kesayangan kita. Namun ketika grooming dilakukan secara berlebihan dan tidak teratur bisa berakibat fatal untuk kucing itu sendiri. Jika kita temui kucing sedang menjilati bulu-bulunya secara berlebihan hingga bulu-bulunya rontok, dan kucing menggaruk kulitnya secara berlebihan hingga terjadi lecet pada kulit, ini pertanda kucing sedang stres. 

5. Tanda Kucing Stres yang lain adalah kucing kencing di luar litter boxes

Secara pengalaman memang ketika kucing kencing di luar litter boxes yang sudah kita sediakan akan membuat kita jengkel karena baunya bauk dan mengotori lingkungan. Tapi sebenarnya kucing kencing di luar litter boxes ini bisa diartikan kucing menyampaikan pesan bahwa kondisinya sedang stres. 

6. Ciri yang selanjutnya yaitu mengeong secara berlebihan

Ciri kucing stres yang satu ini bisa kita lihat, Biasanya bisa juga menandakan hal lain yang sedang dirasakan kucing, entah penyakit dalam atau lapar. Namun ketika kita periksakan ke dokter hewan kucing anda tidak ditemukan penyakit dalam dan sudah kita berikan makanan yang cukuap, namun tetap saja mengeong terus dan berisik, ini tandanya kucing lagi stress.

7. Kucing melakukan tidur dengan waktu yang lama

Para pecinta kucing pastinya sudah tau dengan kondisi kucingnya jam berapa biasa tidur, dan jam berapa saat mereka bangun. Ketika kucingmu tidur lebih lama dari yang biasanya kemungkinan ada yang dirasakan oleh kucing anda entah kucing sedang sakit flu dan lainnya ataupun sedang stres. 

8. Kucing menjadi sangat agresif

Kondisi stress pada kucing membuatnya berperilaku mudah marah dan agresif. Kucing dengan kondisi ini selalu menegakkan atau mengangkat ekornya ke atas seperti mau bertarung. Saat seperti ini kita walaupun adalah pemiliknya yang terbiasa merawat kucing tersebut, ketika menyentuhnya akan mendapatkan serangan entah cakaran atau gigitan yang bisa melukai kita.

Dari berbagai tanda dan ciri ciri kucing stres tadi untuk mengantisipasi agar kondisinya lebih parah, anda bisa lakukan pemenuhan kebutuhan si kucing, seperti jodoh untuk dikawinkan, perlakuan yang baik terhadap kucing, dan hal yang sangat menghibur kucing adalah diajak main oleh majikannya.

Penyediaan jodoh untuk kucing ini sangat efektif dan bermanfaat banget untuk menghindari kucing menjadi strees. Namun pada proses alami kadang kala kucing pejantan yang kalah bertarung dalam merebutkan kekuasaan teritorial, tidak bisa mengawini betina yang ada di teritori tersebut. Sehingga membuat kucing pejantan yang kalah tadi akan stress yang lumayan parah karena beban kekalahan dan juga tidak bisa menyalurkan hasrat birahinya. Umumnya pejantan yang kalah, akan pergi dari teri tori pejantan dominan tadi dan kemungkinan besar tidak akan kembali.  


Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya