Cara menjinakkan kucing liar dan galak menjadi penurut

Bagaimana cara menjinakkan kucing liar ? Kucing liar yang terbiasa hidup mandiri tanpa campur tangan manusia entah pemberian pakan atau perawatan yang lain biasanya sangat sulit didekati. Ketika kita memaksakan untuk mendekatinya, kucing tersebut akan kabur bahkan melakukan perlawanan dengan mencakar atau menggigit. Anda jangan mencoba memaksakan untuk menyentuh apalagi menggendongnya.

Jadi kali ini kita akan sharing tentang bagaimana membuat kucing liar tersebut nurut sama kita dan apabila kita panggil dapat segera mendekat.

Cara menjinakkan kucing liar dan galak menjadi penurut


Tahap-tahap dan cara menjinakkan kucing liar agar nurut


Tahap pertama yang anda harus lakukan untuk menarik perhatian kucing liar tersebut adalah dengan cara memanggilnya dengan lembut dan berulang kali. Setelah kita melihat ada respon dari si kucing, bisa kita mencairkan keteganan suasana perasaan kucing liar, dengan memberinya makanan. Seringkali kucing liar yang pertama kali kita beri pakan kondisinya sangat lapar, sehingga berilah makanan yang cukup banyak.

Pada proses selanjutnya sambil kita memberi kucing makanan lakukan belaian pada bagian kepala belakan si kucing liar tersebut. Ingat lakukan secara perlahan saja untuk awal sentuhan, dan anda harus waspada kalau kucing liar tersebut kaget spontan bisa menggigit ataupun mencakar tangan anda. Kalau belaian tangan kita tidak mendapatkan respon negatif dari kucing tersebut, maka lanjutkan saja belaian tersebut.

Baca juga : Cara merawat anak kucing yang baru lahir 

Cara tersebut di atas bisa kita lakukan lebih dari 3 kali dan setelah itu akan besar banget perubahannya. Yang tadinya kucing liar tersebut kalau melihat manusia akan segera kabur, secara perlahan dengan pembiasaan kita memanggilnya dan memberinya makanan secara otomatis, kucing tersebut mulai berani mendekati kita walaupun kita tidak sedang memberinya pakan.

Secara naluri, kucing paling seneng mendapat sentuhan pada bagian belakang kepala dan bawah dagunya. Maka dari itu setiap anda mendekati kucing liar usahakan sentuh dan belai pada bagian tersebut. Dan perlu anda ketahui juga, kucing paling sensitif apabila kita sentuh pada bagian perut dan ekor, mungkin karena bagian perut adalah bagian yang ringkih bagi kucing.

Kadang kala perut kucing yang terkena tendangan atau benturan benda lain, kucing akan merasakan sakit yang agakk lama dan berbulan-bulan. Pada bagian ekor kucing kalau kita tarik dengan kencang respon spontan kucing yaitu mencakar dan menggigit kemudian kabur menjauhi kita, mungkin ekor ini pusat dari keseimbangan kucing dan sangat pengaruh sekali apabila kita tarik dan berikan tekanan.

Untuk sentuhan pada bagian perut kucing yang kondisinya masih bener-bener liar, itu akan selalu mebdapatkan respon negatif. Namun ternyata apabila kalau hubungan kucing liar tersebut sudah terjalin baik dengan kita dan perlakuan sentuhan tangan kita ke perut kucing tersebut akan sangat disenangi dan responnya manja-manja terhadap kita, kalau pun menggigit itu kondisinya seperti bermain dan bercanda saja, jadi tidak bakal melukai tangan kita. Ketika kucing liar menggigit manja jangan sekali-kali menarik tangan kita, tarikanini membut kucing menggigit dan mencengkram dengan kuat dan gigi juga kukunya bisa melukai tangan.

kucing galak dan liar dijinakkan


Perawatan lanjutan agar kucing tambah jinak


Setelah semua cara di atas dilakukan dan berjalan dengan baik, anda bisa mengadopsi dan dibawa pulang ke rumah. Di rumah, bisa kita berikan perawatan lanjutan misalnya membersihkan bulu, kuku, penyembuhan penyakit kulit atau lainnya, pemberian vitamin dan lain-lain. Dengan pendekatan kita sambil melakukan perawatan yang baik, maka lambat laun kucing liar tersebut jinak dan ketergantungan dengan kita. Ketergantungan ini maksudnya ialah sering mencari belaian dan manja terhadap kita, juga mulai berani meminta makanan.

Baca juga : Tanda dan ciri-ciri kucing akan mati

Seiring berjalannya waktu anda bisa mulai mengajarkan kucing liar mandi. Pembiasaan mandi ini dilakukan karena kucing yang baru kita adopsi masih menyesuaikan dengan kebiasaan lama sering berburu liar dan bermain dengan kucing liar, hal ini sangat beresiko kucing tersebut membawa virus dan berbagai penyakit.

Proses memandikan kucing liar untuk pertama kalinya memang sangat susah, karena pasti kucing tersebut takut air dan akan meronta-ronta. Pemaksaan bisa dilakukan dengan cara mecari teman pembantu untuk memegangi kaki-kaki kucing agar tidak melukai saat dimandikan. Gunakan air hangat supaya kucing tidak terlalu kaget dan ketakutan.

Apabila memandikan kucing tersebut dilakukan secara rutin, otomatis akan membuat kucing menjadi rileks dan biasa saja responnya saat dimandikan. Dari proses yang berliku cara menjinakkan kucing liar ini, apabila sabar akan menuai hasil. Hasilnya kucing liar tersebut sangat manja dengan kita dan sewaktu-waktu kita panggil akan segera datang menghampiri. Apalagi kalau kita pergi jauh dan lama, kucing liar yang sudah jinak ini akan melakukan menunggu kepulangan kita di depan rumah. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bagi kita, seperti ada yang memperhatikan dan merasa bisa bersahabat dengan kucing yang kita jinakkan tadi.




Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen