Cara mengobati kucing flu pilek agar cepat sembuh

Cara mengobati kucing flu dan pilek - Pada saat musim hujan dan pancaroba tiba banyak sekali orang yang terkena penyakit flu, demikian juga kucing bisa terkena penyakit tersebut. Lalu bagaimana sih gejala, penyebab dan cara mengatasi apabila kucing kita terkena penyakit flu? Nah nanti kita bahas bersama.

Pada masa pancaroba, suhu udara dan kelembapan akan mudah berubah drastis sehingga apabila tubuh kita ataupun tubuh kucing kesayangan kita yang tidak dalam kondisi yang fit maka, akan mudah sekali terpapar dengan berbagai infeksi, entah itu infeksi jamur, infeksi bakteri dan paling bahaya itu adalah infeksi firus. Berbagai infeksi tersebut akan membuat kita terkena penyakit yang memang adalah penyakit-penyakit yang biasa dialami saat musim pancaroba.

Untuk kucing yang sudah mengaami vaksinasi biasanya kondisi daya tahan tubuhnya lebih bagus dan lebih kuat dari serangan bakteri dan juga virus. Jadi kucing yang sudah divaksin jangan terlalu kita khawatirkan kondisinya saat menjalani pergantian musim ini.

tanda dan cara mengobati kucing flu


Tapi kalau kita antisipasi atau melakukan tindakan preventif juga sangat diperukan meskipun kucing kita sudah mendapatkan vaksin. Kita berikan makanan yang sehat, kita jaga kondisi kebersihan rumah, jaga sirkulasi udara rumah, dan jangan lupa kita berikan tambahan vitamin.

Cara mencegah dan mengobati kucing flu


Vitamin apa yang harus kita berikan ? intinya bebas saja jenis vitamin apa yang kita berikan terhadap kucing,  yang intinya vitamin tersebut dapat berfungsi baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tidak perlu anda membelikan vitamin dengan harga yang mahal, kalau dirumah ada vitamin seperti Nutri Plus Gell ini sudah sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kucing Atau juga bisa diberikan imboost. Yang paling sederhana adalah kita harus sering memberikan madu yang kaya akan fluktosanya untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh anak kucing kita saat menghadapi musim pancaroba.
Baca juga : Cara menjinakkan kucing liar dan galak

Bagai mana kalau anak kucing kita sudah mengalami terlanjur drop sakit flu atau pilek?


Tanda-tanda yang bisa kita tahu kalau kucing kita sakit flu atau pilek hampir sama yang dialami manusia, yaitu hidungnya meler, matanya ber air dan kucing sering bersin-bersin. Kalau saya biasanya akan mengamati apakah dikondisi kucing yang sedang drop ini, kehilangan selera makan dan stimuli pada mainannya. Apabila respon kucing kalau kita ajak main namun cuek saja, dan kita kasih makanan favoritnya hanya dibiarkan saja, anda harus tanggap dan segeralah bawa ke dokter hewan. 

Cara mengobati kucing flu pilek agar cepat sembuh


Kondisi tersebut adalah tanda kondisi kucing sakit atau terinfeksi Virus yang lumayan berat juga parah, maka pemeriksaan dokter adalah tidakan yang paling tepat untuk mengetahui penyakit apasih yang sebenarnya di derita kucing.

Berbeda kalau kucing sedang sakit flu, walau pun kita tau gejalanya seperti mata berair, dan hidung yang ingusan, kucing sakit flu ini apabila kita kasih mainan masih akan merespon mau diajak maian dan ketika kita beri makanan kesukaannya masih mau memakan walaupun sedikit.

Baca juga : Pemberian lacto B untuk kucing sakit diare agar cepat sembuh

Cara mengobati kucing flu ini yaitu langkah pertama kita harus pisahkan kucing yang sakit flu ini dari kawanannya yang sehat atau kandang teman-temannya supaya virusnya tidak menular. Selanjutnya kita jaga badan dan sirkulasi udara ruangan tempat kucing berada supaya mereka bisa merasakan segar virusnya di udara berkurang.

Pastikan kucing mengkonsumsi air minum yang bersih dan cukup, karena konsumsi air yang bersih yang cukup ini dapat berguna untuk  menghindarkan kucing dari dehidrasi, dan membantu saluran pernafasannya.

Baca juga : Virgin Coconut Oil (VCO) untuk kucing

Kita harus rajin membersihkan saluran pernafasan kucing dan matanya dari cairan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Pembersihan ini dapat membantu melancarkan saluran pernafasan kucing.

Cara membantu untuk mengobati anak kucing kita terkena flu ringan yang lain adalah sangat sederhana, yaitu dengan cara menjemur anak kucing pada terik matahari pagi sebelum pukul 09:00 .
Lakukan penjemuran kucing tadi tidak terlalu lama, kira-kira hanya 10 menitan saja sudah cukup membantu untuk mengatasi flu ringan yang sedang diderita si kucing.

Kemungkinan kalau kucing kita masih dalam kategori Aman menderita sakit flu, biasanya dalam waktu periode 3 sampai 5 hari kondisi sakit flu nya sudah bisa hilang tanpa menggunakan obat-obatan dan perawatan dokter. Namun apabila kondis dalam periode tersebut belum ada tanda kesembuhan si kucing, segeralah bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penangan lebih lanjut dan pemberian antibiotik.

Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya