Cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight efektif

Pada kali ini kita akan berbagi tentang cara memandikan kucing dengan sunlight yang dipercaya efektif untuk menghilangkan kutu membandel. Ternyata kalau kita memandikan kucing dengan menggunakan sunlight, tidak hanya kutu yang bisa bersih namun sunlight bisa juga berfungsi untuk menghilangkan jamur.

Sebelum kita menginjak  proses memandikan kucing, kita bisa siapkan beberap alat-alatnya,  seperti, sisir, sikat(bisa sikat gigi), ember yang lebar, sabun sunlight dan air tentunya. Apabila kucing yang akan kita mandikan sudah berumur lebih dari 3 bulan, kita bisa menggunakan air yang kondisinya dingin. Namun apabila kucing yang akan kita mandikan masih berumur dibawah 3 bulan sebaiknya kita menggunakan air hangat saja.  Biasanya anak kucing kalau di mandikan dengan air dingin, dia akan kaget dan takut. Sehingga anak kucing mandi dengan kondisi stres dan sering meronta.

Cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight


Banyak yang menanyakan kenapasih pakai sabun sunlight ? Apakah sunlight aman digunakan terhadap kucing ?

Menurut pengalaman para pecinta kucing yang telah mencoba dan mempraktekkan membasmi kutu kucing menggunakan sabun sunlight atau sabun cuci piring ternyata sama sekali aman dan tidak membahayakan si kucing. Pada tutorial yang lain banyak cara membasmi kutu antara lain, menggunakan minyak telon, obat-obatan, dengan memandikan menggunakan air yang dicampuri garam, memang garam juga efektif digunakan untuk membasmi kutu kucing tapi terkadang ada efek sampng yang ditimbulkan. Pada kesempatan kali ini kita jangan berlebihan dan mencoba mengkombinaskan antara air garam juga menambahkan sabun sunlight.

Keuntungan cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight


Menurut saya apabila kita menggunakan kedua cara itu sekaligus akan membahyakan kucing tersebut. Takutnya antara garam dengan sabun sunlight ketika dicampur akan menimbulkan kontradiksi atau efek kimia yang bisa menimbulkan efek samping, entah iritasi kulit, bulu kucing rusak dan bahkan efek samping yang lain.

Baca juga : Cara mengobati kucing mencret 

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan air yang dihangatkan terlebih dahulu, karena tujuan saya adalah membuat kucing nyaman ketika kita mandikan. Kucing dengan kndisi merasa nyaman saat dimandikan juga akan memudahkan kita, karena tidak melakukan perlawanan dengan mencakar atau bahkan menggigit kita.

tips dan Cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight


Proses dan tahap memandikan kucing :


1. Letakkan kucing pada ember yang sudah kita beri air hangat yang tadi, dan kita lakukan secara perlahan jangan langsung di ceburin.

2. Guyur kucing dengan tangan dan dilakukan secara perlahan dan lembut hingga membasahi seluruh tubuhnya.

3. Mulai dengan mengguyur menggunakan gayung , jangan sampai air memasuki lubang telinga, apalagi air sabun.  Atau guyur untuk bagain kepala waktu paling akhir saja, sehingga kucing dapat tenang selama dimandikan.

4. Tuangkan sabun sunlight perlahan ke tubuh kucig yang sudah basah tadi.

5. Sikat menggunakan sikat gigi tadi yang sudah kita siapkan hingga busa dari sunlight keluar banyak.

6. Lakukan Proses no 5 tadi merata ke seluruh tubuh.

7. Ketika busa dari sunlight sudah keluar merata, maka kita akan melihat kutu-kutu kucing yang mati dan pingsan.

8. Hilangkan kutu yang mati atau pingsan menggunakan sisir tadi.

9. Setelah dirasa kutu kucing sudah kita bersihkan dengan sisir, maka kita lakukan pembilasan dengan air bersih.

10. Pembilasan bisa dilakukan berulang hingga kita yakinkan kutu atau jamur yang masih menempel bisa benar-benar hilang

11. Proses mandi sudah berakhir dan selesai, maka kita handuki kucing secepatnya agar kucing tidak kedinginan.

12. Keringkan bulu kucing menggunakan hair dryer supaya bulunya tidak mengempal, dan berlanjut kita sisir ulang.

Baca juga : Cara memandikan keseharian kucing sesuai tutorial dokter hewan
                     Scabies pada kucing

Degan menggunakan sunlight kita akan mendapati kutu kucing akan mudah mati, dan saya rasa cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight  lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan cara lain, seperti menggunakan minyak telon, menggunakan garah, obat-obatan dan lain-lain. Saya rasa penggunaan sabun sunlight lebih praktis, efisien, murah dan yang terpenting aman bagi si kucing.

Apabila menggunakan obat ketika kita salah takaran atau kita gunakan secara terus menerus tentunya akan menimbulkan efek samping terhadap kucing. Dan apabila menggunakan minyak telon, bianya kucing akan merasa kepanasan dan aromanya sangat mengganggu, respon kucing biasanya menjilati dan bahkan terkena pada mata. Kalau menghilanggkan kutu kuciing dengan garam, banyak sih yang sudah share setelah memandikan kucing dengan ar garam memang kutunya hilang, namun sering terjadi iritasi kulit pada kucing, bulu kucing menjadi rusak, serta apabila kucing ada luka, akan merasa kesakitan saat dimandikan.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen