Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar Tidak Berontak

Tips dan saran cara untuk memotong kuku kucing yang benar - Ketika kucing anda memiliki kuku yang panjang ternyata penting sekali untuk mendapatkan perlakuan perawatan, cara perawatan ini termasuk dengan memotongnya agar bersih dan tidak membahayakan ketika berinteraksi dengan kita. Kuku yang panjang pada kucing dikhawatirkan terdapat berbagai macam bakteri kotoran yang bisa menimbulkan berbagai penyakit pada kucing. Secara alami kucing memang sering melakukan kegiatan menjilati bagian kaki-kakinnya dan ini tentu termasuk menjilati kukunya. 

Nah jelas sekali dari kegiatan kucing tersebut bisa saja berbagai kuman masuk  ke dalam tubuh kucing berawal dari mulutnya, untuk mengurangi potensi resiko kucing terserang berbagai penyakit, kita sebagai owner harus tanggap dan telaten untuk melakukan pemotongan kuku kucing. Pemotongan kuku kucing ini bukan kegiatan yang dianggap mudah dan jangan diremehkan, apabila kurang berpengalaman maka bisa jadi kucing akan berontak dan melakukan penyerangan terhadap kita.

Tips Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar


Sebagai tips dalam melakukan perawatan ataupun  pemotongan kuku kucing, kita harus mengaetahui trik dan cara agar proses pemotongannya berjalan dengan aman dan lancar. Caranya adalah :

1. Perhatikan waktu yang tepat

Kalau anda sering melakukan pengamatan tetang tingkah kucing, pastinya anda mengetahui kapan saja kucing mengalami masa dan jam yang aktif-aktif nya dalam keseharian. Misalnya saat senang bermain, bercanda, berlarian, masa sensitif dan lain-lain itu sebaiknya waktu yang jangan kita lakukan untuk proses pemotongan kuku. Karena apabila kita paksakan saat masa tersebut biasanya kucing akan tidak mute dan bete atau seperti merasa sebal saat waktu tersebut kita sita untuk memotong kukunya. Alangkah baiknya kita gunakan waktu kucing yang digunakan untuk mager atau jam ngantuk-ngantuknya si kucing seperti siang hari. Baca juga : Cara memandikan kucing yang benar

2. Penggunaan alat yang tepat untuk memotong kuku

Alat pemotong kuku yang tepat ini merupakan suatu hal penting yang harus kita perhatikan. Gunakan gunting kuku yang khusus untuk kucing, namun untuk anak kucing bisa saja kita gunakan alat pemotong kuku milik manusia yang berukuran besar. Pada kucing yang berumur dewasa atau berukuran besar kita harus pastikan gunakan alat pemotong yang benar jangan pakai pemotong kuku manusia yang bisa berakibat kuku kucing akan pecah. 

Alat untuk Memotong Kuku Kucing


3. Step atau urutan proses pemotongan kuku

Langkah awal kita harus menyelimutinya dengan handuk atau seperti menggulungnya namun dikeluarkan salah satu kaki kucing yang akan kita lakukan pemotongan. Penggulungan dengan handuk ini berfungsi untuk mencegah kucing meronta dan mencakar kita saat dipotong kukunya. Cara menggulung handuk ini juga jangan terlalukencang sehingga si kucing merasa tidak nyaman. Baca juga: Cara mengobati kucing yang mencret berdarah

Langkah berikutnya kita pegang telapak kaki kucing yang tidak ada bulunya, biasanya berwarna kulit agak pink keputihan. Saat proses ini kita lakukan penekanan pada telapak kaki tersebut sehingga kuku kucing akan muncul dari dalam telapak kaki. 

Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar


Pada saat kuku kucing ini keluar anda bisa melihat, kuku yang berwarna putih dan ada bagian kuku yang ada berwarna pink. Tugas kita yaitu melakukan pemotongan kuku yang berwarna putih saja sepanjang sekitar 3 mm saja. Jangan sampai bagian kuku yang ada warna pinknya kita potong, karena berakibat akan mengeluarkan darah dan kucing akan luka. 

Cara pemotongan pada Kuku Kucing


Sebenarnya pemotongan kuku kucing tidak boleh dilakukan terlalu panjang, kita hanya perlu melakukan penumpulan pada bagian kuku yang sudah tajam.


4. Lakukan Memotong Kuku Secara Bertahap

Biasanya sejinak apapun kucing anda ketika dilakukan pemotongan kuku, maka seringkali meronta dan melakukan perlawanan. Kalaupun kita selimuti dengan handuk seperti cara di atas, itu hanya mengurangi resiko perlawanan saja, yang ditakutkan kucing akan menjadi stress dan hilang mute nya.  Lebih baik kita lakukan secara bertahap, bisa sehari satu kaki dahulu dilanjutkan ke esokan harinya atau selang beberapa jam saat kucing suasana hatinya sedang mute kembali. Baca juga : Cara mudah membuat kucing gemuk dengan bulu yang halus

Apabila terjadi pemotongan kuku yang kita lakukan terlalu panjang dan sehingga kucing terluka dan berdarah, maka sebaiknya anda berhenti dahulu dan istirahat menunggu beberapa jam hingga kucing tersebut sudah lupa akan luka berdarah tadi. Untuk menghindari kucing terluka lagi saat kita kesulitan memotongnya sendiri mungkin dikarenakan ukuran kucing yang besar, bisa saja kita minta bantuan teman atau saudara untuk memeganginya dahulu sambil mengelus-elusnya agar kucing rileks dan tidak merasa kukunya sedang kita potongin. 

5. Pertimbangkan untuk melakukan pemotongan kuku atau tidak

Apabila kucing anda lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah seperti memanjat pohon, mancari makan atau berinteraksi dengan kucing dan hewan liar, sebaiknya jangan lakukan pemotongan kukunya. Kenapa demikian ? 

Kuku kucing merupakan salah satu senjata alami yang dimiliki oleh kucing untuk hidup seperti mencari mangsa, dan melakukan pertahanan perlawanan saat bertarung dengan kucing lain ataupun hewan yang bisa dianggap ancaman buat mereka. Jadi kasihan kalau kucing tersebut tidak memiliki kuku yang panjang dan tajam, bisa-bisa akan membahayakan mereka. Baca juga : Cara membersihkan telinga kucing yang benar


Namun apabila kucing anda merupakan peliharaan secara indoor, tentunya layak untuk kita potong kukunya. Kucing indoor akan sering kali berinteraksi dengan pemiliknya dan bukan tidak mungkin akan melakukan pencakaran terhadap pemelihara, jadi kalau sudah dipotong tidak terlalu menimbulkan luka.

Cara memotong kuku kucing di atas perlu kita perhatikan agar proses pelaksanaannya baik untuk kita dan juga berdampak positif untuk kucing kesayangan kita. Semoga tips dan cara di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen