Cara Membersihkan Telinga Kucing Dengan Baby Oil

Cara Membersihkan Telinga Kucing - Setiap cat lovers pasti sering mendapati kondisi dimana telinga kucing yang sangat kotor dan bau tak sedap. Apabila kotoran pada telinga kucing terus kita biarkan, maka akan terjadi tumpukan yang menjadi seperti laspisan lilin dan bisa-bisa tumpukan ini mengisi lubang yang ada pada telinga. Konstruksi bentuk telinga yang ada pada kucing sangatlah rumit, jadi apabila ada benda masuk ataupun kotoran yang terlanjur masuk ke dalam, akan sulit dikeluarkan. Apabila kita tidak melakukan perawatan dan pembersihan teratur, ditakutkan akan terjadi rasa gatal dan berujung infeksi yang lebih parah.
Baca juga : Cara menyembuhkan kucing yang sedang sakit flu

Tips Cara Membersihkan Telinga Kucing Agar Terhindar Infeksi


Kondisi telinga kucing yang sangat kotor akan berakibat infeksi yang bisa lebih parah. Sebagai pengetahuan buat kita tanda-tanda terjadinya infeksi pada telinga kucing adalah sebagai berikut :

- Tentunya ada kotoran yang kadang berwarna kuning ke hitaman

- Terjadinya pembengkakan di saluran telinga atau diawalai dengan kulit telinga yang ruam kemerahan

- Bau yang tidak sedap bersumber dari telinga kucing apabila kita dekati

- Nampak adannya gumpalan pada sekitar telinga kucing

- Secara perilaku kita amati, kucing sangat sering sekali menggaruk-garuk bagian telinga atau sekitar telinga

- Adanya kotoran yang berupa serpihan bubuk berwarna hitam mirip dengan serbuk kopi, yang ini biasnya juga sebagai pertanda pada telinga kucing sudah terdapat tungau

- Tumpukan lilin yang terlihat pada bagian lubang ataupun saluran telinga

- Apabila kita panggil, kucing kita sulit merespon kemungkinan sudah mengalami gangguan pendengaran

- Efek berlanjut yaitu kucing nampak sering kehilangan keseimbangan (disorientasi)

Sebelum terjadinya efek seperti di atas sebaiknya lakukan perawatan rutin terhadap telinga ataupun bagian lain yang bisa mengurangi resiko kucing kita terkena penyakit, dan ditakutkan lagi penyakit tersebut bisa menular ke pemelihara si kucing. Apabila anda merasa ragu untuk melukukan pembersihan telinga kucing sendiri dikarenakan takut, jijik, takut melukai dan lain-lain  alangkah baiknya dibawa ke dokter hewan atau jasa grooming kucing yang profesional.
Baca juga : Cara mengobati kucing sakit mencret berdarah

Dan apabila anda menginginkan untuk mencobanya sendiri di rumah tentang cara membersihkan telinga kucing dengan berbagai teknik atau bahkan dengan minyak baby oil bisa kita simak sebagai berikut.
Untuk memulai membersihkan telinga kucing, kita harus mempersiapkan alat-alat dan bahan, diantaranya adalah ;

1. Ear Cleaner : Produdk tetes telinga ini juga cocok digunakan untuk membersihkan telinga anjing, dan biasanya terjaual di petshop-petshop terdekat atau di toko online shop langganan anda.

Obat untuk Membersihkan Telinga Kucing


2. Cutton bud : Seperti yang digunakan oleh manusia cutton bud ini berfungdi untuk mengambil kotoran-kotoran yang ada di dalam telingan si kucing. Apabila menggunakan alat lain selain ini saya tidak merekomendasikan kare takut melukai dari telinga kucing tersebut.

3. Kapas : Digunakan untuk pelapis cutton bud dan lap permukaan telinga kucing, atau juga sebagai alat pembersih finishing.


Proses pelaksanaan pembersihan telinga kucing


Tips waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan telinga kucing adalah ketika mute si kucing yang lagi bagus, atau tidak pada waktu yang sedang aktif-aktifnya, sehingga ketika saat kita lakukan pembersihan kemungkinan kucing akan meronta-ronta, hal ini tentunya sangat beresiko melukai kucing tersebut dan juga orang sedang membersihkan telinga kucing. Lakukan pembersihan telinga tersebut ketika kucing sesudah kita kasih makan. Kondisi perut kucing yang kenyang membuat efek rileks dan ngantuk dan saat ini adalah paling tepat untuk melakukan pembersihan.

Cara Membersihkan Telinga Kucing


 Langkah awal yaitu kita ambil dahulu cutton bud dan kapas, kemudian kapas kita gulung untuk melapisi cutton bud yang berfungsi agar permukaan alat pembersih akan lebih lembut dan tidak melukai telinga kucing saat dimasukkan ke dalam.

Ambil Ear cleaner yang sudah kita beli tadi dan kita baca petunjuk aturan pakainya. Di kemasan tersebut cara pemakaiannya adalah dengan meneteskan ear cleaner sebanyak 2 sampai 3 tetes kedalam lubang telinga kucing, selanjutnya kita berikan pemijitan pada bagian telinga kucing yang berguna untuk menambah rileks sikucing dan kotorannya mudah terangkat setelah kita pijit. Pijitan ini kita lakukan selam sekitar 10 detik dan jangan berlebihan.

Berlanjut kita ambil cutton bud yang sudah dilapisi kapas tadi, dan kita tetesi dengan cairan pembersih telinga (Ear Cleaner) sehingga nampak basah. Selanjutanya kita lakukan pembersihan telinga seperti caranya saat kita membersihkan telinga kita dengan cutton bud. Lakukan proses ini dengan teliti hingga kotoran yang ada pada telinga kucing benar-benar bersih.
Baca juga : Cara merawat dan memberi makanan yang tepat untuk anak kucing

Apabila dirumah kita tersedia minyak baby oil sebenarnya bisa kita pakai, namun saya sarankan penggunaan minyak baby oil ini kita pakai untuk pembersihan daun telinganya saja, atau bagian luar kuping. Jangan samakan dengan ear cleaner yang dipakai dengan cara di teteskan kedalam lubang telinga. Kandungan baby oil sebenarnya dirancang bukan untuk digunakan seperti ear cleaner, namun baby oil sangat bekerja baik dalam pembersihan bagian luar telinga kucing. Permukaan telinga kucing yang sudah kita olesi dengan minyak baby oil akan membuatnya lembab, sehingga kotoran pada bagian luar telinga mudah terangkat apabila kita bersihkan dengan cutton bud ataupun kapas.

Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen