Cara memandikan anak kucing persia umur 1 & 2 bulan

Cara memandikan anak kucing persia yang masih berumur 1 atau 2 bulan memang susah-susah gampang, kita harus telaten dan berhati-hati dalam melakukannya. Kucing yang masih berumur sangat muda ini rentan sekali terkena penyakit, dia sering sekali terserang parasit, jamur,scabies dan bahkan kutu sehingga kita harus membersihkannya dengan cara memandikan.

Proses memandikannyapu tidak boleh sembarangan, karena tubuh kucing yang masih kecil juga sangat rapuh, kita harus lembut melakukannya. Kita sebelum memandikan harus mempersiapkan hal-hal yang harus dibutuhkan, misalnya:

tutorial memandikan anak kucing persia


- 2 Ember berdiameter yang lebar ( satu untuk air yang ada sabun dan satunya digunakan pembilasan)

- Air hangat

- Handuk

- Minyak herba sinergi (terjual bebas di petshop) fungsinya untuk membersihkan kerak-kerak yang ada di sekitar mulut kucing.

- Kapas/cutton bath (untuk membersihkan telinga kucing)

- Sabun / shampoo khusus kucing

Baca juga: Cara memandikan kucing dewasa sesuai anjuran dokter


Proses Cara Memandikan Anak Kucing Persia 


Pada langkah pertama untuk memandikan anak kucing berumur 1 atau 2 bulan yaitu kita lakukan sebelum memandikan dengan membersihkan terlebih dahulu telinga, mata ataupun kerak-kerak / jamur yang menempel pada mulut kucing dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak herba tadi, caranya di oles dan di lap pada bagian mulut dan wajah kucing secara telaten.

Cara memandikan anak kucing persia


Hal ini dilakukan sebelum mandi karena bekas minyak herba yang menempel tadi bisa bersih apabila kita mandikan. Berbeda apabila kita lakukan setelah mandi, yang membuat bulu kucing menjadi lepek. Kondisi bulu lepek oleh minyak sangat mudah sekali kotor , ditempeli debu atau kotoran lainnya saat anak kucing beraktifitas.

Langkah berikutnya yaitu kita campurkan shampoo atau sabun kucing lainnya pada 1 ember yang sudah disiapkan dan diisi air hangat.  Sistem memandikan anak kucing ini dilakukan dengan cara merendamnya ya teman-teman, jadi bukan dilakuakan disiram. Pada anak kucing apabila memandikannya di siram, akan membuat anak kucing panik dan bahayanya air bisa masuk ke dalam telinga.

Baca juga : Cara membersihkan kutu kucing menggunakan sabun Sunlight

Proses perendamannya harus berhati-hati dan perlahan menjaga mute dari anak kucing tetap tenang. Bagian kepala anak kucing tetap biarkan kering terlebih dahulu, atau bisa dikerjakan pada proses akhir supaya lancar kita memandikan anak kucing ini tanpa ada perlawanan.

Penggunaan pencampuran sabun atau shampoo mandi kucing jangan terlalu banyak, karena apabila terlalu banyak shampoo saat proses pembilasannya lama dan sulit.  Bersihkan pada bagian perut anak kucing, pada bagian itu sering banget terserang jamur dan kutu. Jamur dan kutu pada anak kucing kalau dibiarkan akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Setelah kita pastikan seluruh tubuh anak kucing sudah bersih, makan kita berlanjut pada proses pembersiahan atau pembilasan. Pembilasan ini tetap menggunakan air hangat ya teman-teman, dan lakukan hingga sabun atau shampoo benar-benar hilang. Setelah pembilasan dirasa sudah cukup bisa kita lakukan pengeringan anak kucing dengan handuk dan lebih bagus lagi pakai hair dryer supaya lebih cepat kering.

Baca juga : Cara merawat anak kucing tanpa induk

Tapi pada pengalaman yang lain, banyak yang mengatakan bahwa kucing dengan umur dibawah 2 bulan tidak boleh dimandikan secara basah atau seperti cara yang di atas tadi dengan alasan apapun. terkecuali karena anak kucing sudah terserang jamur. Anak kucing yang berumur demikian memang pertahanan tubuhnya masih belum bagus, dan kekebalan tubuhnya belum kuat.

Kalau memang kondisinya terpaksa dan anak kucing harus dibersihkan, kita bisa lakukan dengan cara mandi kering. Apa itu mandi kering?

Mandi menggunakan taburan bedak kepada tubuh kucing, bedak yang kita gunakan adalah bedak bayi ya teman-teman, merknya bebas. Bedak yang kita taburkan jangan sampai mengenai mata dan hidung anak kucing ya teman, karena pasti membuat tidak nyaman si kucing.

Setelah kita taburkan bedak secara merata ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan lemak-lemak yang menempel pada tubuh kucing bisa terserap oleh bedak dan dapat diangkat. Cara mengangkat bedak yang sudah menyerap kotoran, bisa menggunakan kain lap atau tisu basah di lap kan pada badan kucing. Setelah kita sudah lap keseluruhan maka kita berlanjut kita bersihkan juga menggunakan hair dryer dengan setingan hangat.


Post terbaru

Contoh Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen