Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Dengan Makanan

Halo cat lovers, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana tips membuat atau melebatkan bulu kucing kesayangan kita. Lebih tepatnya kita akan membuat pertumbuhan bulu kucing kita menjadi maksimal dan cepat bertumbuh panjang bukan membuat panjang, karena kalau kucing kita keturunan dari kucing berbulu pendek seperti kucing kampung, tentunya sulit dan bahkan bisa dikatakan tidak mungkin. Yang perlu kita lakukan pada kucing keturunan bulu pendek yaitu membuat bulunya lebat, nampak lembut dan kuat tidak mudah rontok.

Perlu kita ketahui dan kita ingat bahwa panjang pendeknya bulu kucing sangat ditentukan dari faktor keturunan genetiknya sendiri. Tapi apabila kita baru mengadopsi dari orang lain dan kucing tersebut masih dengan usia yang kecil, kadang kita tidak tahu keturunan indukan bulu pendek ataukah bulu panjang sih anak kucing yang sedang kita adopsi. Jadi kita bisa memberikan pakan tambahan atau perawatan lainnya untuk memaksimalkan pertumbuhan bulu kucing kita. Baca juga : Penyakit kulit yang ada pada kucing

Hati ayam & kuning telur sebagai cara melebatkan bulu kucing


Pada anak kucing yang menginjak usia 1,5 bulan kita bisa mencoba untuk memberinya makanan yang bisa memaksimalkan pertumbuhan bulu. Bahan makanan yang kita berikan untuk pertumbuhan bulu cukup mudah didapatkan di sekitar kita misalnya hati ayam, kuning telur puyuh, dan air. 

Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Dengan Makanan


Cara meracik makanan tambahan ini yaitu pertama kita rebus dahulu hati ayam hingga matang kemudian kita haluskan hingga menjadi seperti adonan. 
Proses selanjutnya kita kupas telur puyuh yang sudah kita rebus dan ambil bagian kuning telurnya saja, berlanjut kita mencampur antara kuning telur puyuh dengan hati ayam yang sudah kita lembutkan tadi. 
Untuk memlembutkan tekstur adonan campuran hati ayam dengan kuning telur puyuh kita bisa menambahkan air putih. 

Takaran penyajian makanan tambahan ini, untuk satu hati ayam bisa saya berikan terhadap anak kucing yang berusia dibawah 4 bulan sebanyak 3 ekor kucing.  Dan apabila untuk anak kucing diatas 4 bulan atau 6 bulan, 1 hati ayam bisa kita sajikan terhadap 2 ekor anak kucing. Untuk usia kucing dewasa biasanya takaran yang saya berikan untuk satu ekor kucing yaitu sebanyak 3/4 hati ayam.

Pemberian makanan tambahan seperti di atas bisa kita berikan setiap hari selama 2 sampai 3 bulan, dan setelah itu bisa kita berikan cukup seminggu 1 kali atau 2 kali saja. Kandungan dalam hati ayam ini yaitu terdapat biotin yang sangat tinggi. Dimana Biotin merupakan salah satu kandungan yang sangat diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan bulu pada kucing. Kandungan protein pada kuning telur puyuh ini cukup membantu perkembangan bulu, apalagi kita kombinasikan dengan kandungan biotin yang ada pada hati ayam maka hasilnya akan lebih maksimal. 

Kucinya dalam proses cara melebatkan bulu kucing adalah kesabaran, karena semua itu perlu proses yang tidak instan dan harus telaten. Agar hasil bulunya sehat dan lembut bisa kita lakukan perawatan tambahan seperti memandikannya seminggu 2 kali agar tambah maksimal.

Untuk mengenai bulu kucing yang rontok, banyak sekali yang menanyakan hal ini. Sebenarnya apasih penyebabnya?

 Sebenarnya kerontokan pada bulu kucing sangat banyak sekali penyebabnya,misalnya :

- Kucing menginjak masa birahi
- Kucing sedang sakit
- Kucing sedang stress
- Ketidak cocokan dengan pakan yang dikonsumsi
- Atau juga memang sedang waktunya rontok masa pergantian bulu
- Musim panas atau ruangan yang ditinggali kucing kondisi suhunya panas

Dari racikan pakan tambahan di atas menurut pengalaman, mengurangi terjadinya kerontokan pada bulu kucing. Pada kasus lain saya menemukan bahwa ternyata tidak semua kucing menyukai hati ayam ataupun kuning telur, sehingga cara saya memberikannya dengan mencampurnya dengan jenis makanan wet food. Dalam kondisi ekstrim kadangkala perlu kita memberikan makanan tambahan ini dengan cara di spet. 

Cara Tambahan Untuk Melebatkan Bulu Kucing


Pemberian mminyak ikan juga ternyata sangat bagus apabila kita berikan karena mengandung OMEGA3 yang baik bagi kesehatan bulu ataupun kulit kucing. Cara pemberian atau menghidangkan terhadap kucing yaitu bisa kita campurkan dengan makanan harian kucing dan mengaduknya dengan rata. Namun alangkah bainya kita bisa mencobanya dahulu diberikan langsung ke kucing, dan lihat responnya kucing suka atau tidak, ketika suka maka pemberian minyak ikan secara langsung saya rasa efeknya lebih bagus.

Pemberian Asupan Vitamin E. Vitamin E ini yang bisa kita gunakan yaitu NatureE dengan fungsi bagi tubuh kucing yaitu menjaga kesehatan kulit dan bulu. Secara pengalaman efek dari vitamin E yang dirasakan oleh kucing dewasa yaitu juga membuat birahinya meningkat.

Proses penjemuran kucing dipagi hari juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang pertulangan kucing dan mengurangi stress kucing. Dengan kondis fresh dan pertumbuhan tubuh yang baik maka mengurangi resiko terjadinya bulu rontok pada kucing.

Royal canin untuk melebatkan bulu kucing


Pemberian pakan pabrikan seperti merk Royal canin yang testmoni dari jutaan pemakai mengatakan bahwa Royal Canin memilki kelebihan memperhalus bulu kucing dan mempercepat pertumbuhan bulu. Makanan jenis ini tidak membuat kucing mudah menjadi obesitas yang tentunya tidak baik untuk kesehatan si kucing. Royal Canin memang salah satu makanan kucing yang memiliki kualitas yang sangat baik, namun bagi anda yang menghendaki penghematan saya sarankan untuk mengkombinasikan dengan jenis pakan racikan seperti di atas tadi untuk menekan biaya.

Post terbaru

Pengganti Rockwool Hidroponik Harga Murah