Takaran makanan kucing yang ideal dan sehat

Kali ini kita akan membahas tentang porsi takaran pemberian makanan untuk kucing yang bagus dan ideal. Semua pecinta kucing pasti menginginkan kucingnya tampil gembul, cantik, bersih, dan sehat. Nah makanan merupakan faktor penting untuk menentukan kesehatan kucing kita tersebut, tapi kadang kita mengalami kebingungan tentang apakah porsi makanan yang kita berikan sudah tepat atau belum.

Takaran makanan kucing yang ideal dan sehat


Tips Memberikan Takaran Makanan Kucing Yang Benar


Pemberian jenis makanan yang salah apabila kita berikan sejak usia anakan dan berlangsung terus menerus akan membuat perkembangannya kurrang maksimal. Sebelum pembahasan yang lebih lanjut, saya akan beri tahu apa saja yang mempengaruhi porsi makanan anak kucing kita. Karena tentu saja porsi yang kita berikan terhadap kucing berbeda-beda tergantung beberapa faktor, seperti :

- Umur kucing. 

Anak kucing/kucing dewasa/kucing manula tentu saja memiliki porsi dan selera makan yang berbeda, maka dari itu jangan kita paksakan memberinya porsi makan yang berdasar pada kucing dewasa.
 Jenis kucing persia himalaya yang unik dan berharga mahal


- Berat badan. 

Berat badan kucing ternyata sangat berpengaruh dengan metabolisme tubuhnya, jadi misalnya kucing yang memiliki berat tubuh 2kg tentu kebutuhan makanannya berbeda denga nkucing yang berbobot 4kg dan seterusnya.

- Jenis makanan.

 Kalori ideal pada makanan kering dan juga basah tentunya juga sangat berbeda, dan lagi antara makanan jenis basah dengan roll food juga berbeda pula. Jadi penting kita harus tahu tentang tiap-tiap jenis makanan sesuai dengan kalori yang ibutuhkan kucing setiap harinya.

- Aktifitas Kucing Kita. 

Kucing Indoor yang berada di dalam ruangan dengan aktifitas yang sedikit, tentunya membutuhkan kalori yang jelas berbeda lebih sedikit dibanding dengan kucing kita pelihara secara outdoor yang aktivitasnya lebih banyak.

- Kondisi khusus yang dialami kucing.


Kondisi yang dimaksud adalah seperti kucing sedang sakit,pasti membutuhkan kalori dan nutrisi yang berbeda. Kucing hamil, dan kucing menyusui itu juga membutuhkan nutrisi dan kalori yang jelas berbeda.  Makanan kucing anggora yang bagus

Nah para pecinta kucing untuk menentukan takaran yang ideal buat kucing kita kita harus memiliki patokan, pernah saya mendapatkan informasi dari animal madical center yang berada di New York City yang mengatakan bahwa rata-rata, kucing sehat itu membutuhkan 60 kalori/kg berat badan per hari. Jadi semisal kucing kita memiliki berat badan 1 kg , dia tentunya membutuhkan 60 kalori, dan kalau 2berat kucing kita 2 kg , ia membutuhkan 120 kalori, dan seterusnya.
Perbandingan Proplan vs Royal canin

memberikan makanan kucing yang sehat


Nah patokan tersebut yang secara biasa kita gunakan untuk pemberian makan kucing, meskipun pada akhirnya kalori yang terkandung di dalam dry food itu berbeda-beda semua. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus rajin dan sering membaca dari kemasan dry food yang kita beli. Dan biasanya informasi dari tiap kemasan dry food itu berbeda-beda, kadang ada measurement kalori atau pengukurannya berdasarkan gram, ada informasi berdasarkan Cup (takaran gelas) dan kita harus tahu.

Kadang juga pemberian takaran makanan ada yang berdasarkan jenis kucing kalau kita lebih banyak mencari tahu. Jenis kucing ini debedakan takaran makanannya biasanya berdasar dari kebutuhan perawatan untuk bulu yang di inginkan. Seperti menginginkan bulu kucing agar tumbuh panjang dan lembut, biasanya ada makanan tambahan lagi untuk diberikan. Namun pemberian tambahan makanan seperti tersebut harus tidak boleh berlebihan, sehingga bisa mengakibatkan efek obesitas pada kucing.

Pada kasus lain banyak juga yang menginginkan kucingnya memiliki bobot yang berat dan gemuk namun dengan kondisi sehat, banyak pecinta kucing memberikan tambahan berbagai vitamin dan juga pemberian susu. Dengan pemberian susu yang alami dan vitamin ini, kucing akan bertambah selera makannya sehingga bisa menjadi gemuk namun dengan kondisinya yang masih sehat.





Post terbaru

Media Tanam Aquaponik Kelebiahan dan Kekurangannya